Mengulik Khasiat Kunyit dan Madu untuk Lambung

(0)
09 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Khasiat kunyit dan madu untuk lambung bantu redakan gejala GERDTeh kunyit dan madu bisa dibuat dengan mudah
Bagi penderita GERD, Anda mungkin sudah sering mendapatkan saran untuk mencoba pengobatan herbal untuk mengatasi naiknya asam lambung. Misalnya, khasiat kunyit dan madu untuk lambung disebut-sebut dapat membantu meredakan masalah pencernaan yang Anda alami.Herbal memang telah digunakan sejak dulu dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satu herbal yang banyak digunakan, yaitu kunyit. Seringkali tanaman herbal ini diolah menjadi teh atau susu untuk dikonsumsi.Tak jarang, madu ditambahkan ke dalamnya agar terasa lebih lezat dan menyehatkan. Kunyit dan madu pun dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan terdapat khasiat kunyit dan madu untuk lambung. Namun, efektifkah?

Khasiat kunyit dan madu untuk lambung

Lambung adalah tempat menyimpan dan mencerna makanan. Sayangnya, organ yang satu ini bisa terluka dan mengalami peradangan. Kunyit pun hadir menjadi sebuah solusi karena kaya akan senyawa anti-peradangan dan antioksidan yang bisa membantu mengatasinya.Menurut sebuah studi tahun 2007, naiknya asam lambung dapat dipicu oleh peradangan dan stres oksidatif (kerusakan sel). Oleh sebab itu, disarankan jika GERD diobati dengan antioksidan dan anti-peradangan. 
Kunyit bantu redakan GERD
Tak heran, kunyit pun dipercaya dapat meredakan gejala GERD. Selain itu, kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antikanker yang baik bagi kesehatan pencernaan.Kurkumin juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar. Sayangnya, tidak ada cukup bukti ilmiah mengenai efektivitas khasiat kunyit dan madu untuk lambung. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi teh atau susu kunyit madu. Minuman ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meski begitu, pastikan kondisi Anda aman-aman saja untuk mengonsumsinya.

Cara membuat minuman kunyit dan madu

Minuman kunyit dan madu
Minuman kunyit dan madu mudah dibuat
Membuat teh kunyit dan madu sangatlah mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Rebuslah sekitar 3-4 gelas air putih
  • Tambahkan 2 sdt bubuk atau parutan kunyit dan aduk
  • Didihkan sekitar 5-10 menit
  • Saring teh ke dalam teko dan biarkan mendingin selama 5 menit
  • Tambahkan madu untuk membuatnya terasa manis
  • Tuangkan ke dalam gelas untuk diminum.
Anda juga bisa menambahkan susu untuk membantu penyerapan kurkumin karena senyawa tersebut membutuhkan lemak sehat agar bisa larut dengan baik. Susu murni atau susu almond dapat menjadi pilihan yang tepat.

Risiko penggunaan kunyit dan madu

Kunyit tidak boleh dikonsumsi berlebihan
Sebetulnya, bagi sebagian besar orang mengonsumsi kunyit dan madu terbilang aman apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah wajar. Namun, terdapat beberapa risiko penggunaan yang mungkin terjadi, seperti:
  • Menyebabkan pendarahan

Kunyit merupakan pengencer darah alami. Jika Anda menggunakannya bersama dengan obat pengencer darah, maka bisa memicu terjadinya pendarahan yang berbahaya.
  • Menurunkan gula darah

Apakah Anda menderita diabetes? Sebaiknya, jangan menggunakan kunyit sebab rempah ini bisa menyebabkan gula darah Anda menjadi sangat rendah. Gula darah yang tiba-tiba menurun dengan drastis dapat membahayakan nyawa Anda.
  • Memperparah asam lambung

Ternyata bagi sebagian orang, penggunaan kunyit bukan meredakan gejala asam lambung, melainkan memperparahnya. Anda mungkin akan menunjukkan gejala berupa heartburn (sensasi panas di dada), mual, mulut terasa asam atau pahit, sulit menelan, batuk kering, hingga bau napas tidak sedap.
  • Memicu reaksi alergi

Sebagian orang mungkin mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi kunyit dan madu. Jika terjadi alergi, Anda mungkin menunjukkan tanda seperti gatal-gatal, jantung berdetak cepat, hingga sesak napas. 
  • Menimbulkan gangguan pencernaan

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kunyit atau untuk jangka waktu yang lama, ini dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan. Anda mungkin mengalami mual dan diare yang mengganggu.Sebelum menggunakan herbal, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, apalagi jika Anda tengah menjalani pengobatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan kondisi Anda sehingga terhindar dari risiko yang bisa berbahaya. Penasaran ingin coba mengonsumsi kunyit dan madu? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
asam lambungherbalhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/turmeric-acid-reflux#other-treatments
Diakses pada 26 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/turmeric-tea-benefits#who-should-drink-turmeric-tea
Diakses pada 26 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319638#preparation
Diakses pada 26 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait