Mengulik Kegunaan Baking Soda untuk Jerawat, Apakah Aman dan Efektif?

Dokter dan para peneliti tidak menganjurkan baking soda untuk jerawat. Anda bisa coba cara alami lainnya, seperti cuka sari apel atau tea tree oil.
Jika terlalu sering, baking soda untuk jerawat malah bisa menimbulkan efek samping, seperti kulit kering.

Munculnya jerawat di sekitar muka dan bagian tubuh lainnya, tentu saja menjengkelkan. Namun, jerawat adalah kondisi medis umum, yang hampir dirasakan oleh setiap orang.

Selain krim dan produk kecantikan, banyak orang yang percaya, baking soda mampu mempercepat proses menghilangkan jerawat. Apakah benar, baking soda untuk jerawat, aman dan efektif?

Bagaimana cara menggunakan baking soda untuk jerawat?

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa baking soda mampu menghilangkan jerawat? Padahal, baking soda sering digunakan dalam proses pembuatan makanan. Perlu diketahui, baking soda bisa bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptik. Tidak heran, banyak orang yang percaya, bahwa baking soda, dapat digunakan untuk mengobati jerawat.

Jika Anda tetap ingin mencoba penggunaan baking soda untuk jerawat, ada baiknya tidak melakukan metode ini setiap hari. Perlu diingat juga, jangan berlebihan menambahkan baking soda, saat mengoleskannya ke kulit.

Beberapa cara di bawah ini, bisa dicoba untuk melihat khasiat dari baking soda untuk jerawat:

  • Masker muka

Untuk membuat masker muka berbahan baking soda, campur saja satu sendok teh baking soda, dengan pembersih muka. Setelah itu, tambahkan sedikit air hangat.

Aduk hingga rata, kemudian oleskan pada area wajah yang terdampak dari jerawat. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

  • Mengangkat sel kulit mati

Baking soda dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati. Campurkan satu sendok teh baking soda dengan pembersih muka, lalu oleskan kepada kulit yang berjerawat. Berbeda dari metode sebelumnya, Anda harus langsung membasuhnya, sesaat setelah kulit dioleskan dengan resep ini.

  • Membersihkan wajah

Untuk membuat pembersih muka dengan baking soda, tambahkan 1-2 sendok teh baking soda, dengan sabun cuci muka. Oleskan ke muka, lalu basuh dengan air hangat.

Perlu diingat, karena baking soda bisa membuat kulit kering, ada baiknya setelah membasuh muka, langsung oleskan pelembap ke pada kulit wajah. Hal ini dilakukan agar menghindari kulit kering.

Setiap kali menggunakan baking soda untuk merawat kulit dan melawan jerawat, gunakan baking soda baru, dengan kemasan yang masih tersegel. Sebab, kemasan baking soda yang sudah terbuka, bisa saja menyebabkan kontaminasi zat lain, yang berbahaya untuk kulit.

Risiko penggunaan baking soda untuk jerawat

Baking soda atau natrium bikarbonat, adalah zat alkali yang membantu mengatur kadar pH. Biasanya baking soda juga digunakan untuk menetralkan zat asam di dalam dan luar tubuh.

Baking soda untuk jerawat, berfungsi untuk membantu meredakan peradangan dan nyeri ringan akibat jerawat.

Baking soda sering digunakan untuk mengangkat sel kulit mati, atau ditambahkan kepada pengobatan jerawat, untuk mempercepat efeknya. Namun, Anda disarankan tidak menggunakan baking soda untuk jerawat, setiap hari.

Walaupun ada beberapa bukti anekdotal, bahwa baking soda berfungsi untuk menghilangkan jerawat, dokter dan para peneliti, tidak menganjurkan menggunakan baking soda untuk jerawat. Mereka justru merekomendasikan pengobatan jerawat yang sudah terbukti secara ilmiah.

Selain itu, penelitian terkait efek samping penggunaan baking soda terhadap kulit, juga masih terbatas. Baking soda dianggap bisa memberikan efek samping merugikan, seperti:

  • Kulit kering
  • Timbulnya keriput
  • Memperparah kondisi jerawat
  • Kulit iritasi dan meradang

Efek samping di atas, terjadi karena baking soda bisa mengganggu tingkat pH kulit.

Apakah baking soda berbahaya?

Jika tingkatan pH sudah melebihi 7, maka dapat disimpulkan bahwa kadar alkali sangat tinggi. Sementara itu, baking soda memiliki kadar pH mencapai 9. Jika baking soda langsung dioleskan ke kulit, semua minyak alami pada kulit dikhawatirkan akan hilang. Hasilnya, kulit tidak terlindungi dari bakteri.

Terlalu sering menggunakan baking soda pada kulit, dapat memperlambat proses penyembuhan kulit dan rehidrasinya. Selain itu, kulit juga menjadi sensitif terhadap elemen natural, seperti sinar matahari misalnya.
Berikut ini bahan-bahan alami dan langkah mudah yang dianggap lebih aman dari baking soda untuk jerawat:

  • Cuka sari apel
  • Tea tree oil
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor
  • Diet gula dan pati

Catatan dari SehatQ

Baking soda mungkin bisa membantu Anda untuk menyembuhkan jerawat. Namun, karena kandungan alkalinya, baking soda dapat mengganggu kestabilan pH, sehingga kulit jadi kering dan sensitif.

Dokter kulit tidak merekomendasikan penggunaan baking soda untuk jerawat. Biasanya, obat resep atau produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat, dianggap lebih efektif.

Jika Anda tetap memilih untuk menggunakan baking soda, selalu ingat untuk meminimalisir “porsi” baking soda, dan membatasi penggunaannya.

Selain itu, pelembap kulit harus selalu digunakan, setelah Anda memakai baking soda untuk jerawat.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321137.php#spot-treatment

Diakses pada 22 November 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/baking-soda-acne#benefits

Diakses pada 22 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed