Manfaat Baking Soda untuk Jerawat dan Risiko Bahaya di Baliknya


Manfaat baking soda untuk jerawat dipercaya berasal dari kandungan antiradang dan antiseptik di dalamnya. Meski demikian, cara menghilangkan jerawat dengan baking soda belum tentu efektif dilakukan karena bisa menimbulkan efek samping.

(0)
22 Nov 2019|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Khasiat baking soda untuk jerawat diyakini berasal dari zat antiradang dan antiseptikCara menghilangkan jerawat dengan baking soda ternyata bisa memperburuk kondisi jerawat
Jerawat dapat terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh tumpukan minyak, kotoran, sel kulit mati, dan infeksi bakteri. Kondisi ini dapat diatasi menggunakan obat jerawat di apotek atau obat alami jerawat, seperti baking soda atau soda kue. Namun, apakah ada manfaat baking soda untuk jerawat?

Manfaat dan cara menggunakan baking soda untuk jerawat

Baking soda untuk jerawat diklaim memberikan manfaat
Manfaat baking soda untuk jerawat berasal dari zat antiradang dan antiseptik
Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara kerja baking soda untuk menghilangkan jerawat? Baking soda atau natrium bikarbonat, adalah zat alkali yang dapat membantu mengatur kadar pH. Biasanya, baking soda juga digunakan untuk menetralkan zat asam di dalam dan luar tubuh.Baking soda atau soda kue memang sering digunakan dalam proses pembuatan makanan. Bila digunakan pada area kulit, manfaat baking soda untuk wajah berjerawat dipercaya bisa berfungsi sebagai anti peradangan dan antiseptik.Adapun beberapa cara memperoleh manfaat baking soda untuk wajah berjerawat, yakni: 

1. Obat jerawat alami 

baking soda untuk jerawat bisa dibuat masker
Buat masker dari baking soda dan air putih
Salah satu cara menggunakan baking soda untuk jerawat adalah sebagai obat jerawat alamiAnda bisa menyiapkan 1 sendok makan teh baking soda dan 1 sendok teh air putih. Kemudian, ikuti cara menghilangkan jerawat dengan baking soda di bawah ini. 
  • Campurkan baking soda dan air dalam sebuah mangkuk kecil.
  • Aduk merata sampai teksturnya menjadi pasta. 
  • Bersihkan wajah, lalu keringkan menggunakan handuk lembut yang bersih. 
  • Oleskan masker baking soda pada area hidung serta area wajah yang terdapat jerawat dan komedo menggunakan jari tangan yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 2-3 menit. Bilas wajah menggunakan air hangat. 
  • Jika sudah, oleskan pelembap berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori. 

2. Masker baking soda

Cara menghilangkan jerawat dengan baking soda bisa pula dengan membuat maskernya.Anda bisa mencampurkan 1-2 sendok teh baking soda, air hangat secukupnya, dan sedikit sabun pembersih wajah yang biasa digunakan. Aduk merata sampai teksturnya menjadi pasta kental. Oleskan masker baking soda ini pada wajah yang sudah dibersihkan secara merata. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat. Jika ingin menggunakan masker baking soda, pastikan Anda tidak melakukannya lebih dari 2 kali dalam seminggu.

3. Scrub baking soda

Masker baking soda untuk jerawat belum tentu efektif
Penggunaan baking soda untuk jerawat tidak boleh tiap hari
Prinsipnya, cara membuat dan menggunakan baking soda untuk jerawat dengan scrub sama saja seperti masker. wajah Scrub dari baking soda diyakini dapat mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus membersihkan pori.Lalu, segera cuci bersih wajah dengan sabun cuci muka dan air hangat sesaat setelah menggunakan masker baking soda. Setelah membilas wajah, oleskan pelembap untuk mencegah kulit kering setelah menggunakan baking soda untuk jerawat. Jika ingin menggunakan baking soda untuk jerawat, pastikan Anda memakai soda kue yang kemasannya masih tersegel. Pasalnya, kemasan baking soda yang sudah terbuka bisa saja sudah terkontaminasi zat lain sehingga membahayakan kulit apabila dioleskan ke wajah. 

Risiko bahaya baking soda untuk jerawat

Bahaya baking soda untuk jerawat
Baking soda bisa memperburuk kondisi jerawat yang ada
Meski manfaatnya tampak menjanjikan, cara menghilangkan jerawat dengan baking soda belum dibuktikan secara ilmiah. Itu artinya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifannya.Bahkan, para ahli kulit pun tidak menganjurkan penggunaan baking soda untuk menghilangkan jerawat. Pasalnya, baking soda memiliki kadar pH 9, yang berarti tergolong basa atau alkaline. Jika digunakan pada kulit, bahaya baking soda untuk jerawat bisa memengaruhi kadar pH kulit dengan cara menghilangkan minyak alaminya. Padahal, fungsi sebum atau minyak alami baik untuk menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari paparan polusi dan bakteri berbahaya. Selain itu, ada sejumlah efek samping baking soda untuk wajah yang mungkin muncul, seperti:
  • Kulit terasa sangat kering
  • Kulit terasa tidak nyaman
  • Jerawat semakin parah
  • Iritasi dan peradangan pada kulit
  • Muncul kerutan dini
  • Kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari
Bahaya baking soda untuk jerawat juga dapat memperlambat proses penyembuhan jerawat dan rehidrasi kulit.Jadi, kesimpulannya, manfaat baking soda untuk wajah berjerawat lebih banyak menimbulkan bahaya dibandingkan manfaatnya.

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang lebih ampuh

Walaupun ada cara menghilangkan jerawat dengan baking soda, nyatanya klaim ini masih belum dapat dibuktikan secara ilmiah mengenai keefektifannya. Sebagai solusinya, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan jerawat secara alami melalui penggunaan tea tree oil atau minyak pohon teh dan cuka apelSelain itu, Anda disarankan untuk tidak menyentuh area kulit yang berjerawat dengan tangan yang belum bersih, serta penting untuk menghindari makanan tinggi gula. Alangkah baiknya Anda selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat, termasuk baking soda. Anda bisa konsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk bertanya lebih lanjut mengenai efektivitas cara menghilangkan jerawat dengan baking soda. Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.
jerawatpengobatan jerawatmasalah kulit
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321137.php#spot-treatment
Diakses pada 22 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/baking-soda-acne#benefits
Diakses pada 22 November 2019
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/beauty-benefits-of-baking-soda/
Diakses pada 15 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait