Mengulik Arti Mimpi Melahirkan pada Ibu Hamil, Bisa Dipercaya atau Tidak?

Arti mimpi melahirkan pada ibu hamil dapat mengindikasikan kondisi tertentu
Ibu akan lebih sering bermimpi ketika hamil

Mimpi merupakan hal yang umum terjadi, baik pada wanita hamil maupun tidak. Namun dalam kehamilan, mimpi dipercaya memiliki makna tertentu oleh segelintir orang, termasuk mimpi melahirkan.

Sebagian wanita hamil pernah mengalami mimpi melahirkan, dan tidak jarang juga mereka mencari tahu mengenai arti dari mimpi tersebut. Lantas, apa arti mimpi melahirkan yang dialami oleh wanita hamil?

Arti mimpi melahirkan yang terjadi pada kehamilan

Sebagian ibu hamil mungkin pernah bermimpi tentang bayinya yang belum lahir. Frekuensi mimpi ketika hamil bisa meningkat karena pengaruh hormon tertentu. Perubahan hormon dalam kehamilan memiliki efek yang signifikan pada tidur selama kehamilan.

Mimpi dapat mencerminkan keadaan psikologis dari ibu hamil. Emosi dan suasana hati sepanjang hari dapat berpengaruh terhadap hal ini. Mimpi yang terjadi bisa saja indah ataupun tidak. Oleh sebab itu, terkadang ibu hamil mengalami mimpi buruk karena rasa cemas dan banyak memikirkan kemungkinan komplikasi kelahiran.

Salah satu mimpi yang banyak terjadi pada ibu hamil, yaitu mimpi melahirkan. Bagi seorang ibu hamil, arti mimpi melahirkan bisa saja menjadi tanda bahwa ia akan memulai petualangan baru, dan berperan penting terhadap kehidupan bayinya. Meski ada perasaan tidak siap, sang ibu tetap harus menjalankannya.

Akan tetapi, jika mimpi tentang melahirkan tidak berlangsung dengan baik, atau bayi yang dilahirkan bermasalah, perisitiwa itu bisa menandakan rasa cemas yang dialami ibu terkait dengan kehamilan dan persalinannya.

Jika dalam mimpi Anda mampu mengatasi masalah yang terjadi ketika melahirkan ataupun masalah pada bayi Anda yang baru lahir, seperti memberi napas buatan saat bayi sesak napas, hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda telah memiliki rasa percaya diri sebagai seorang ibu sehingga mampu bertindak.

Ini juga dianggap berkaitan dengan kecepatan proses melahirkan dalam kehidupan nyata. Berdasarkan sebuah penelitian, di antara wanita yang mengalami proses melahirkan cepat, 94 persen wanita mampu bertindak dalam mengatasi masalah kehamilan atau kelahiran, yang terjadi dalam mimpi buruknya. Sementara, wanita yang mengalami proses melahirkan lama, hanya 30 persen yang mampu bertindak dan 70 persen lainnya tidak melakukan apa-apa.

Di samping itu, Anda juga bisa saja bermimpi tidak melahirkan, namun memiliki bayi yang muncul dari balik baju atau mengambilnya dari rumah sakit. Ini dapat menjadi cara otak Anda menghindari memikirkan persalinan yang bisa membuat Anda takut atau cemas.

Arti mimpi lain yang umum terjadi pada kehamilan

Banyak ibu hamil yang melaporkan bahwa puncak seringnya mimpi terjadi adalah selama trimester ketiga. Hal ini terjadi karena pada trimester tersebut tidur akan lebih sering terganggu dan membayangkan kehidupan dengan bayi baru.

Pada trimester ini, ketidaknyamanan fisik dan stres emosional menjelang persalinan dapat menyebabkan ibu hamil lebih sering terbangun sehingga mengalami berbagai mimpi setiap kali tertidur.

Tak hanya mimpi melahirkan, terdapat pula mimpi-mimpi lain yang dianggap umum terjadi pada kehamilan meski belum ada penjelasan ilmiah yang memadai. Beberapa mimpi tersebut, di antaranya:

  • Melupakan sesuatu. Jika Anda bermimpi melupakan sesuatu, seperti halnya lupa memberi makan bayi, maka ini bisa terkait dengan ketakutan diri Anda yang belum siap menjadi seorang ibu.

  • Mimpi terjatuh dapat menandakan perasaan Anda yang rentan selama kehamilan atau dalam menghadapi persalinan.

  • Tidak dapat melarikan diri dari ruangan kecil. Mimpi ini dapat mewakili rasa takut terikat atau kehilangan kebebasan sebagai ibu baru.

  • Makan berlebih. Bermimpi makan berlebih atau mengonsumsi makanan yang tidak baik dapat terjadi ketika Anda mencoba diet.

  • Pasangan berselingkuh. Bermimpi pasangan berselingkuh ketika Anda hamil dapat menjadi tanda rasa takut Anda mengenai kehamilan yang mampu mengubah penampilan atau daya tarik yang Anda miliki.

  • Hidup dengan bayi. Ketika Anda bermimpi memeluk, mencium, dan merawat bayi itu bisa menjadi cara alam bawah sadar Anda melatih pengasuhan dan ikatan dengan bayi sebelum melahirkan.

Sebenarnya, mimpi tidak memiliki arti yang pasti, termasuk mengenai arti mimpi melahirkan. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu terlalu senang ataupun khawatir ketika bermimpi melahirkan. Mimpi-mimpi dalam kehamilan memang hal yang biasa terjadi, dan akan berlalu seiring waktu.

Daripada memikirkan arti mimpi melahirkan ataupun mimpi-mimpi lain yang terjadi pada kehamilan, akan lebih baik jika Anda berfokus untuk menjaga kesehatan kehamilan Anda terutama bila sudah mendekati waktu persalinan. Jangan sampai karena terlalu memikirkan arti mimpi, kesehatan Anda menjadi terganggu dan menyebabkan masalah pada kehamilan.

Anda juga perlu mengingat, jika merasa cemas mengenai kehamilan ataupun kelahiran, bicarakanlah dengan pasangan, keluarga, teman, ataupun dokter. Ini akan membantu Anda untuk tetap tenang dan semangat sehingga terhindar dari mimpi buruk, serta dapat berfokus untuk mempersiapkan persalinan.

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-do-dreams-and-nightmares-mean-in-pregnancy-3015070
Diakses pada 26 September 2019

Baby Center. https://www.babycenter.com/0_deciphering-pregnancy-dreams-your-final-weeks_8107.bc
Diakses pada 26 September 2019

Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a547402/dreams-during-the-final-weeks-of-pregnancy
Diakses pada 26 September 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/pregnancy-dreams-and-daydreams/
Diakses pada 26 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed