Mengulas Fungsi Asam Klorida Alami dan Sintetis


Fungsi asam klorida dalam lambung manusia adalah sebagai komponen utama dalam asam lambung untuk membantu mencerna makanan. Asam ini juga diproduksi secara sintetis untuk keperluan industri dan komersial.

(0)
14 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu komponen asam lambung adalah asam kloridaAsam klorida merupakan salah satu komponen utama asam lambung untuk membantu mencerna makanan
Asam klorida merupakan larutan gas hidrogen klorida berbasis air (encer) yang ada di lambung kita. Fungsi asam klorida di sini adalah sebagai komponen utama asam lambung, yaitu asam yang diproduksi secara alami pada lambung manusia untuk membantu mencerna makanan.Tidak hanya diproduksi alami di dalam tubuh, asam klorida juga diproduksi secara sintetis. Asam sintetis ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri dan komersial. Asam klorida sintetis dapat dibuat melalui sejumlah metode, salah satunya dengan melarutkan gas hidrogen klorida dalam air.

Fungsi asam klorida pada lambung

Asam klorida (HCl) merupakan salah satu senyawa yang membentuk asam lambung. Fungsi asam klorida pada lambung adalah:
  • Membantu tubuh untuk memecah, mencerna, dan menyerap nutrisi pada makanan.
  • Menghilangkan bakteri dan virus di lambung untuk melindungi tubuh dari infeksi.
Fungsi asam klorida dalam pencernaan adalah memasok senyawa H+ yang dapat mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin kemudian memecah protein menjadi peptida atau asam amino dalam berbagai ukuran yang dapat diserap usus halus.Peningkatan jumlah peptida, asam amino, dan kumpulan zat lain dari makanan akan meningkatkan produksi HCl. Jika produksi HCl tidak memadai, protein yang berukuran lebih besar dapat memasuki usus halus sehingga akan lebih sulit dicerna. Hal ini dapat menyebabkan efektivitas proses pencernaan menjadi terganggu.Meski asam klorida bersifat korosif, tubuh kita memproduksi lapisan lendir yang berfungsi melindungi dinding lambung supaya tidak terkikis oleh asam ini.

Penggunaan asam klorida di luar tubuh manusia

Asam klorida adalah asam korosif yang tergolong kuat dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri. Fungsi asam klorida dalam industri sangat luas, mulai dari mengolah baja hingga untuk memproduksi vinil klorida yang digunakan sebagai bahan dasar plastik polivinil klorida (PVC).Asam klorida juga dikenal sebagai salah satu bahan kimia yang digunakan untuk menghasilkan busa poliuretan dan kalsium klorida, disinfektan, pembersih rumah tangga, sanitasi kolam renang, hingga pada industri pembuatan makanan.

1. Produksi baja

Fungsi asam klorida pada industri baja adalah sebagai bagian dari bahan pengawet untuk menghilangkan karat dan berbagai kotoran pada karbon, baja paduan, serta baja tahan karat.Baja-baja tersebut dapat digunakan dalam proyek bangunan dan konstruksi, badan mobil, hingga peralatan rumah tangga. Asam klorida juga bisa dimanfaatkan untuk etsa aluminium dan membersihkan logam.

2. Pembersih rumah tangga

Sifat korosif dari asam klorida membuatnya bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan pembersih rumah tangga. Beberapa contoh produk pembersih yang memanfaatkan fungsi asam klorida adalah:
  • Pembersih toilet
  • Pembersih ubin kamar mandi
  • Pembersih porselen.

3. Sanitasi kolam renang

Fungsi asam klorida lainnya adalah untuk perawatan kolam renang. Asam klorida dapat menjaga pH air tetap optimal sehingga kadar klorin (kaporit) dapat terjaga.Klorin berperan penting untuk membunuh kuman dan menjernihkan air sehingga kolam renang terjaga kebersihan dan keamanannya.

4. Produksi dan pengolahan pangan

Industri makanan menggunakan asam klorida untuk mengolah berbagai produk makanan. Beberapa contoh makanan yang diolah menggunakan asam ini, yaitu sirup jagung, biskuit, makanan ringan, saus tomat, dan sereal.Asam klorida juga digunakan untuk pengasaman, penambah rasa, dan pengawet pada saus, jus sayuran, hingga makanan kaleng.

5. Produksi kalsium klorida

Asam klorida yang dicampur dengan batu kapur akan menghasilkan kalsium klorida. Di negara yang mengalami musim dingin, garam kalsium klorida dapat ditaburkan untuk menghilangkan salju yang menumpuk. Kalsium klorida juga berfungsi sebagai zat penstabil pada makanan dan berperan sebagai antimikroba.

6. Penggunaan lainnya

Selain fungsi asam klorida di atas, asam ini juga dimanfaatkan dalam produksi baterai, lampu flash, kembang api, pengolahan kulit, konstruksi bangunan, pengasaman sumur minyak, dan pembuatan produk gelatin.Di samping fungsinya yang memberikan banyak manfaat, paparan asam klorida dalam jangka panjang bisa berbahaya, baik secara terhirup atau kontak langsung dengan kulit. Beberapa dampak kesehatan yang bisa terjadi pada manusia, yakni bronkitis kronis, dermatitis, dan fotosensitisasi.Jika Anda punya pertanyaan seputar gangguan kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
asam lambung
Chemical Safety Facts. https://www.chemicalsafetyfacts.org/hydrochloric-acid/
Diakses 1 Desember 2020
Integarive Pro. https://www.integrativepro.com/Resources/Integrative-Blog/2016/The-Role-of-Hydrochloric-Acid-in-Aiding-Digestion
Diakses 1 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/hypochlorhydria
Diakses 1 Desember 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279304/
Diakses 1 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait