Mengonsumsi Sayuran yang Mengandung Kalium untuk Cegah Hipokalemia, Apa Saja?


Ada sejumlah sayuran yang mengandung kalium, mulai dari bayam, kentang, hingga ubi jalar. Sayuran sumber kalium ini membantu memenuhi kebutuhan harian akan mineral ini.

(0)
11 Feb 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu sayurang yang mengandung kalium adalah pakcoySetiap 100 gram pakcoy menawarkan kalium hingga 371 miligram
Kalium merupakan mineral dan elektrolit yang krusial bagi tubuh. Kalium berperan dalam pengendalian tekanan darah, kesehatan saraf, fungsi otot, hingga distribusi nutrisi. Kalium pun terkandung dalam berbagai makanan sehat yang mudah dicari, termasuk sayuran. Apa saja sayuran yang mengandung kalium?

Sayuran yang mengandung kalium

Berikut ini sejumlah sayuran yang mengandung kalium yang mudah dicari:

1. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan jenis sayuran umbi yang mengandung kalium. Ubi ini dapat dijadikan alternatif kentang yang kaya gizi dan nutrisi, selain tentu juga mengandung kalium.Satu ubi jalar berukuran sedang mengandung kalium hingga 541 miligram. Kadar tersebut mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap kalium hingga 12%.

2. Sayur bayam

Menjadi favorit sejuta umat, bayam juga menjadi sayuran yang mengandung kalium. Setiap 100 gram sayur bayam mentah mengantongi kalium hingga 558 miligram. Kadar ini mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 12%. Selain kalium, bayam juga menawarkan provitamin A, vitamin K, folat, hingga magnesium.

3. Kentang

Seperti ubi jalar, kentang sebenarnya juga menjadi jenis sayuran umbi sumber kalium. Satu kentang berukuran 136 gram mengandung kalium dengan kadar 515 miligram. Kadar tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 11%.

4. Pakcoy

Pakcoy juga menjadi sayuran yang mengandung kalium, lho. Tak kalah dari bayam, setiap 100 gram pakcoy menawarkan kalium hingga 371 miligram. Kadar ini sudah memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap kalium sekitar 8%. Selain mengantongi kalium, pakcoy juga mengandung vitamin C, zat besi, kalsium, dan fosfor.

5. Brussel sprout

Brussel sprout mengandung kalium
Kubis brussel mengandung kalium yang dibutuhkan oleh tubuh
Masih berkerabat dekat dengan brokoli dan bunga kol, kubis brussel atau brussel sprout ternyata juga menawarkan kalium. Setiap 100 gram kubis Brussel mengandung kalium yang mencukupkan 7% kebutuhan harian tubuh – atau dengan kadar sekitar 317 miligram.

6. Bit

Walau seringkali disebut dengan buah, bit sebenarnya adalah jenis sayuran umbi dan juga menjadi sumber kalium. Bit yang direbus dengan berat 170 gram mengandung 518 miligram kalium, mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 11%. Selain kalium, bit menapaki popularitas karena juga menawarkan folat, nitrat, hingga zat-zat antioksidan.

7. Brokoli

Seperti saudaranya, yakni kubis Brussel, brokoli juga menjadi sayuran yang mengandung kalium. Setiap 100 gram brokoli mengantongi kalium dengan kadar 293 miligram. Kadar ini dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap kalium hingga 6%.

8. Kacang polong

Kacang polong atau ercis merupakan biji dari tanaman legum yang sering disajikan layaknya sayuran. Kacang polong mengandung berbagai nutrisi termasuk kalium salah satunya. Setiap 100 gram kacang polong mengandung 271 miligram kalium yang dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 6%. 

9. Asparagus

Sayuran lain yang juga mengandung kalium adalah asparagus. Setiap 100 gram asparagus menawarkan kalium hingga 224 miligram. Kadar ini dapat mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 5%.

Kekurangan kalium dapat memicu hipokalemia

Kalium merupakan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan kalium, yang salah satunya bisa terjadi karena malnutrisi, individu bersangkutan berisiko mengalami kondisi yang disebut hipokalemia.Hipokalemia ringan sebenarnya cenderung tidak menimbulkan gejala. Namun, pada beberapa kasus, hipokalemia dapat memicu detak jantung tak beraturan hingga lemah otot. Beruntung, hipokalemia biasanya bisa diatasi dengan penanganan seperti suplemen hingga injeksi intravena.

Catatan dari SehatQ

Ada beragam jenis sayuran yang mengandung kalium, mulai dari bayam, kentang, hingga ubi jalar. Brokoli, asparagus, hingga pakcoy juga merupakan sayuran sumber kalium.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait sayuran yang mengandung kalium, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
kaliumhipokalemiabuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-loaded-with-potassium
Diakses pada 2 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/high-potassium-foods
Diakses pada 2 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sweet-potato-benefits
Diakses pada 2 Februari 2021
My Food Data. https://www.myfooddata.com/articles/high-potassium-vegetables.php
Diakses pada 2 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait