Mengobati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Sengatan lebah umumnya meninggalkan bentol dan bengkak pada kulit
Saat menyengat, lebah akan meninggalkan sengatnya di kulit Anda

Hal pertama yang mesti dilakukan untuk mengobati sengatan lebah adalah mencabut sengat yang tertinggal di kulit. Semakin lama sengat lebah tertancap di kulit, akan semakin banyak racun lebah yang masuk ke tubuh..

Sebagai akibatnya, bagian tubuh yang tersengat akan makin terasa sakit dan membengkak. Meski begitu, mencabut sengat lebah tidak boleh sembarangan. Ketahui caranya dengan benar.

Penanganan dan obat untuk sengatan lebah

Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi sengatan lebah:

  • Tetap tenang

Umumnya lebah hanya menyengat satu kali, tetapi jika Anda berada di area dekat sarang lebah begeraklah dengan tenang menjauhi area tersebut untuk menghindari sengatan lebah lainnya. 

  • Cabut sengat yang tertinggal di kulit

Jangan gunakan pinset untuk mencabut sengat lebah. Pasalnya, jepitan pinset akan membuat sengat mengeluarkan lebih banyak racun. Sebagai alternatif,  cungkil sengat tersebut dengan kuku Anda. 

  • Basuh luka

Gunakan air bersih dan sabun untuk membersihkan lokasi sengatan lebah.

  • Kompres dengan es

Kompres dingin bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di bagian tubuh yang terkena sengatan lebah. Tetapi bila kondisi bengkak menjalar ke bagian tubuh lain (seperti wajah dan leher) atau dibarengi pusing dan sesak napas, segera ke rumah sakit karena mungkin saja terjadi reaksi alergi.

  • Gunakan obat pereda nyeri

Luka sengatan lebah biasanya akan terasa sakit, sehingga Anda terkadang membutuhkan obat untuk meredakannya. Obat pereda nyeri yang dijual bebas cukup efektif mengatasi rasa sakit akibat sengatan lebah. Contohnya, ibuprofen dan acetaminophen.

Sementara krim hidrokortison juga bisa dioleskan pada luka sengatan guna mengurangi rasa sakit sekaligus pembengkakan. 

Mengobati sengatan lebah dengan bahan alami

Selain menggunakan obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas, beberapa bahan alami juga bisa Anda manfaatkan guna mengurangi bengkak dan rasa sakit akibat sengatan lebah. Apa sajakah bahan alami tersebut?

1. Gel lidah buaya

Tanaman lidah buaya atau aloe vera mengandung gel yang memberi efek sejuk dan melembapkan pada kulit. Lidah buaya juga punya khasiat antiradang serta antibakteri.

Karena itu, mengoleskan gel lidah buaya pada luka sengatan lebah bisa mengurangi bengkak serta membantu mencegah luka agar tidak terkena infeksi.

Gel aloe vera bisa Anda oleskan langsung dari potongan tanaman lidah buaya. Bila tidak tersedia, Anda juga dapat menggunakan produk gel aloe vera yang banyak dijual di toko obat maupun produk perawatan kulit. 

2. Pasta gigi

Sebagian orang menggunakan pasta gigi yang mengandung alkalin untuk mengobati sengatan lebah dan menetralisir racun lebah. Sebetulnya, belum ada penelitian klinis untuk mendukung praktek ini. Tapi Anda boleh saja mencobanya guna mengatasi sengatan lebah. 

Oleskan sedikit pasta gigi pada luka bekas sengatan lebah, lalu cermati reaksi pada kulit Anda. Bila rasa sakit bertambah atau ada reaksi lain, segera bersihkan luka dari pasta gigi dan basuh dengan air hingga bersih. 

3. Madu

Madu dipercaya memiliki aneka khasiat pengobatan. Mengandung senyawa yang melawan inflamasi, madu bisa dimanfaatkan untuk meredakan pembengkakan.

Khasiat antibakteri dari madu juga dapat membantu Anda dalam mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan luka. 

Coba oleskan sedikit madu pada luka bekas sengatan lebah. Tapi ingat, Anda sebaiknya melakukannya setelah masuk ke rumah. Langkah ini bertujuan menghindari datangnya lebah-lebah lain karena tertarik aroma madu. 

4. Minyak esensial

Beberapa jenis minyak esensial memiliki khasiat antiseptik, antibakteri, atau antijamur. Jenis yang sering digunakan untuk pengobatan adalah tea tree oil, minyak lavender, minyak thyme, witch hazel oil, dan minyak rosemary

Saat hendak menggunakannya, campurkan dulu minyak esensial dengan minyak carrier (seperti minyak zaitun). Perbandingannya adalah satu tetes minyak esensial dicampur empat atau lima tetes minyak carrier

5. Losion calamine

Losion calamine digunakan untuk meredakan gatal-gatal pada kulit. Jika bagian tubuh yang disengat lebah terasa sakit dan gatal, Anda boleh mencoba untuk mengoleskan losion ini demi mengurangi gatal dan sakit. 

Pada sebagian besar orang, rasa sakit dan pembengkakan di bagian yang terkena sengatan lebah biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari. 

Penggunaan obat kimia yang dijual bebas atau pengobatan bahan alami hanya bertujuan meredakan rasa sakitnya. Namun ada orang yang mengalami reaksi alergi terhadap sengatan lebah dan kondisi ini mesti ditangani secara medis.

Sebagai info tambahan lagi untuk Anda, dokter akan meresepkan obat golongan steroid untuk meredakan reaksi akibat gigitan lebah.

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/injured-skin/treat-bee-sting
Diakses pada 1 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322907.php
Diakses pada 1 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed