Mengintip Khasiat Tea Tree Oil untuk Jerawat dan Cara Menggunakannya

(0)
23 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tea tree oil untuk jerawat dianggap ampuh karena mengandung senyawa antiradang dan antibakteri.Jangan mencoba tea tree oil untuk jerawat jika Anda punya alergi terhadapnya.
Tea tree oil adalah minyak atsiri (essential oil) yang terbuat dari dedaunan pohon teh di Australia. Di dunia kecantikan, tea tree oil memiliki sederet manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya mengatasi jerawat. Sebelum mencobanya, simaklah dulu penjelasan mengenai khasiat tea tree oil untuk jerawat beserta cara tepat menggunakannya.

Manfaat tea tree oil untuk jerawat, apakah ampuh?

Berbagai macam studi telah dilakukan untuk membuktikan khasiat tea tree oil untuk jerawat. Salah satunya riset dari tahun 2006, yang membuktikan bahwa tea tree oil mengandung senyawa antiradang dan antimikroba. Kedua senyawa ini dipercaya bisa mengatasi jerawat membandel di kulit.Penelitian lainnya juga mengungkapkan, kombinasi antara tea tree oil dan resveratrol mampu mengurangi produksi minyak dan bakteri di kulit serta dapat mengecilkan pori-pori peserta penelitian. Hal ini juga berpotensi mampu mengatasi jerawat.Studi dari tahun 2017 juga sudah membuktikan, mengoleskan tea tree oil sebanyak 2 kali setiap hari selama 12 minggu mampu mengatasi jerawat bersifat ringan dan sedang tanpa efek samping serius. Sayangnya, studi ini hanya diikuti oleh 14 partisipan saja.Tidak hanya itu, studi dari tahun 2018 menyatakan, penggunaan tea tree oil bersama dengan lidah buaya dan propolis juga bisa mengobati jerawat.

Cara menggunakan tea tree oil untuk jerawat

Supaya terhindar dari efek samping yang merugikan, cobalah ikuti langkah-langkah menggunakan tea tree oil untuk jerawat ini:
  • Campurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes carrier oil. Namun, hati-hati dalam memilih carrier oil karena beberapa minyak malah bisa memperparah jerawat.
  • Sebelum mengoleskan campuran tea tree oil dan carrier oil ke wajah, coba oleskan sedikit campuran itu ke bagian siku. Jika muncul reaksi alergi, seperti gatal, kulit kemerahan, pembengkakan dan sensasi terbakar, sebaiknya jangan dioleskan ke wajah.
  • Sebelum mengoleskan tea tree oil untuk jerawat di wajah, bersihkan dulu wajah Anda dengan pembersih muka yang diformulasikan untuk kulit rentan jerawat. Setelah itu, keringkan wajah.
  • Mulailah mengoleskan campuran tea tree oil dan carrier oil ke bagian jerawat di wajah dengan kapas.
  • Tunggu hingga kering dan jangan lupa menggunakan pelembap wajah setelahnya.
  • Lakukan setiap pagi dan juga malam.

Seberapa sering Anda harus menggunakan tea tree oil untuk jerawat?

Layaknya pengobatan jerawat lainnya, Anda juga disarankan untuk menggunakan tea tree oil untuk jerawat setiap hari agar hasilnya maksimal.Namun, sebelum membuat kegiatan ini menjadi rutinitas sehari-hari, Anda harus mengoleskan sedikit tea tree oil ke bagian kecil kulit untuk memastikan apakah Anda punya alergi terhadap tea tree oil atau tidak.Jika memang tidak ada reaksi alergi yang muncul, barulah Anda boleh mengoleskan tea tree oil ke jerawat sebanyak 2 kali sehari, setiap pagi dan malam.

Peringatan sebelum menggunakan tea tree oil untuk jerawat

Tea tree oil yang sudah dicampur dengan carrier oil dianggap aman untuk dioleskan ke kulit. Namun ingat, jangan pernah menelan tea tree oil karena bisa menyebabkan beberapa efek samping merugikan, seperti ataxia (hilangnya koordinasi otot) dan merasa kebingungan.Selalu hati-hati saat mengoleskan tea tree oil di wajah. Jangan sampai mengenai mata karena bisa menyebabkan mata merah dan iritasi.Meskipun tea tree oil dapat dioleskan dengan aman ke kulit, sebagian orang tetap bisa merasakan alergi atau iritasi. Inilah mengapa Anda selalu disarankan untuk mengoleskannya ke area kecil pada kulit untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang muncul.Segera berhenti menggunakan tea tree oil untuk jerawat jika berbagai hal di bawah ini terjadi:Segera berkonsultasi pada dokter jika berbagai efek samping di atas terjadi pada Anda.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda tertarik untuk menggunakan tea tree oil untuk jerawat, carilah produk tea tree oil yang 100 persen murni tanpa campuran bahan kimia. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencampurkan tea tree oil dengan carrier oil sebelum mengoleskannya ke kulit.Jika tea tree oil tidak memberikan hasil yang maksimal, sudah sepatutnya Anda datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih ampuh dalam mengatasi jerawat.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
jerawatkulit dan kecantikanessential oil
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-tea-tree-oil/art-20364246
Diakses pada 9 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/tea-tree-oil-for-acne#research
Diakses pada 9 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait