Menghitung Kalori yang Terbakar Saat Tidur dan Faktor yang Memengaruhi


Kalori yang terbakar saat tidur bisa menjaga berat badan ideal supaya tidak kegemukan. Jumlah kalori yang terbakar pun berbeda tergantung metabolisme tubuh setiap orang.

0,0
04 Sep 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Jumlah kalori yang terbakar saat tidur berbeda-beda, tergantung metabolisme tubuh setiap orangWaktu tidur yang sama setiap harinya akan membantu pembakaran kalori lebih banyak
Tidur cukup memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Anda bisa merasa segar sekaligus menjaga berat badan tubuh tetap ideal. Pasalnya, ada sejumlah kalori yang terbakar saat tidur.Namun, jangan langsung berasumsi Anda bisa benar-benar menurunkan berat badan hanya dengan tidur. Kalori yang terbakar akan berbeda untuk setiap orang. Hal ini akan dipengaruhi oleh metabolisme dan aktivitas yang dijalani sebelumnya.Untuk tahu lebih banyak jumlah kalori yang terbakar saat tidur, simak penjelasannya di bawah ini. Cari tahu juga tips yang membuat kalori terbakar lebih besar saat Anda terlelap.

Faktor yang pengaruhi pembakaran kalori saat tidur

Untuk menentukan jumlah kalorinya, Anda perlu tahu cara menghitung Basal Metabolism Rate (BMR). BMR adalah jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh selama 24 jam. Nilai ini akan tetap dihitung, baik saat Anda beraktivitas maupun saat istirahat.Nilai metabolisme basal ini akan dipengaruhi oleh banyak faktor pula. BMR mengacu pada semua proses yang terjadi dalam tubuh, seperti:
  • Proses pernapasan
  • Peredaran darah ke seluruh tubuh
  • Pertumbuhan sel
  • Perbaikan sel yang rusak secara alami
  • Fungsi otak dan saraf
  • Pengaturan suhu tubuh alami
Faktor alami lainnya juga akan memengaruhi BMR, seperti jenis kelamin, usia, dan faktor genetika.

Cara menghitung kalori yang terbakar saat tidur

Secara fisik, tubuh tidak aktif saat Anda tidur. Karena itu, kalori yang terbakar pun akan lebih kecil, hanya sekitar 15 persen. Anda sebenarnya tidak perlu menghitung BMR per jam, mengalikannya dengan jumlah waktu tidur, lalu mengurangi dengan penurunan kalori yang terbakar.Ada rumus yang bisa Anda pakai di bawah ini:Kalori yang terbakar saat tidur = (BMR/24) x jumlah waktu tidur x 0,85.Contoh kasus, pria berusia 40 tahun dengan berat badan sekitar 88 kg akan membakar kalori sebanyak 535 kalori saat tidur selama 8 jam. Perempuan berusia 50 tahun dengan berat 72 kg setidaknya membakar 404 kalori selama 8 jam saat tidur.

Faktor yang pengaruhi kalori yang terbakar saat tidur

Aktivitas yang tepat akan membantu memaksimalkan pembakaran kalori saat tidur. Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalani:

1. Waktu tidur yang disiplin

Waktu tidur dan bangun yang sama setiap harinya akan membantu pembakaran kalori lebih banyak. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas supaya bisa tidur tepat waktu. Cobalah mandi air hangat atau membaca buku sebelum tidur.

2. Olahraga rutin

Pembakaran kalori bisa tetap terjadi setelah Anda selesai berolahraga. Olahraga pun akan membuat metabolisme tubuh lebih baik. Dengan begitu, pembakaran kalori saat Anda tidur pun akan lebih tinggi.

3. Menjaga berat badan

Jika Anda merasa kelebihan berat badan, cobalah untuk mulai menjalani program hidup sehat. Tubuh yang lebih ideal akan memiliki metabolisme yang baik pula. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menentukan diet seperti apa yang akan dijalani.

4. Tidur dalam keadaan gelap

Mematikan lampu saat tidur juga akan membuat Anda lebih mengantuk dan tidur lebih lelap. Pasalnya, cahaya akan menahan produksi melatonin di malam hari. Melatonin ini yang akan membantu metabolisme agar lebih baik.

5. Menghindari gadget sebelum tidur

Paparan cahaya biru pada malam hari juga akan menurunkan produksi melatonin. Tubuh akan merasa bahwa masih ada cahaya yang mengharuskan Anda untuk tetap terjaga. Jadi, jauhkan gadget sebelum Anda naik ke atas kasur.

Catatan dari SehatQ

Meski sedang tidur, tubuh tetap melakukan tugasnya untuk membakar kalori. Pembakaran kalori saat tidur ini dipengaruhi oleh metabolisme tubuh. Lakukan pola hidup sehat dan jauhkan gadget di malam hari supaya Anda bisa dapatkan tidur yang berkualitas.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar jumlah kalori yang terbakar saat tidur, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
waktu tidurmanfaat tidurmembakar kalori
Physoc https://physoc.onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1113/jphysiol.2010.197517
Diakses pada 23 Agustus 2021
Acadeic OUP https://academic.oup.com/sleep/article/41/5/zsy027/4846324
Diakses pada 23 Agustus 2021
Sleep Foundation https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/how-your-body-uses-calories-while-you-sleep
Diakses pada 23 Agustus 2021
Healtline https://www.healthline.com/health/calories-burned-sleeping
Diakses pada 23 Agustus 2021
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/325074
Diakses pada 23 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait