Menghitung Kalori Telur Dadar, Protein Menu Rumahan Favorit

Kalori telur dadar adalah 78 kalori, apalagi jika diolah dengan menambahkan bahan-bahan lainnya
Telur sering dijadikan menu sarapan yang mengenyangkan bagi banyak orang

Menu sarapan yang sampai saat ini masih jadi pilihan terpopuler adalah telur dadar atau omelet. Kalori telur dadar adalah 78 kalori, ditambah lagi dengan nutrisinya yang melimpah. Bergantung pada cara mengolahnya, telur bisa menjadi menu bagi mereka yang sedang menjaga berat badan.

Dalam Satiety Index atau skala seberapa signifikan sebuah makanan membuat orang merasa kenyang cukup lama. Dalam skala ini, telur menempati peringkat atas dan terbukti mencegah asupan kalori berlebihan pada waktu makan berikutnya.

Menghitung kalori telur dadar

Seperti yang disebutkan di atas, satu butir telur mengandung 78 kalori. Ketika diolah dengan melibatkan minyak atau butter, maka akan ada tambahan 50 kalori sehingga total kalori telur dadar adalah sekitar 128 kalori.

Sementara telur rebus tidak mengandung tambahan 50 kalori sehingga rata-rata kalorinya lebih rendah yaitu sekitar 78-80 kalori. Jadi, jika disimpulkan mana yang paling sehat antara telur dadar, telur ceplok, atau telur rebus, maka yang ketiga adalah jawabannya.

Namun tidak ada salahnya juga mengonsumsi telur dadar maupun telur ceplok, selama tetap dikombinasikan dengan sayuran dengan porsi lebih banyak.

Berbeda isian, berbeda pula kalori telur dadar. Apalagi, omelet termasuk menu makanan yang bisa diolah sesuka hati dengan isian yang disukai. Bergantung pada isiannya, jumlah kalori telur dadar kira-kira seperti ini:

  • Keju (melted cheese): +103 kalori
  • Brokoli: +31 kalori
  • Salmon: +33 kalori
  • Kentang: +69 kalori
  • Alpukat: +23 kalori
  • Daging asap: +46 kalori
  • Jamur champignon: +16 kalori

Jadi, cukup sesuaikan saja berapa target asupan kalori yang Anda inginkan di setiap waktu makan. Jika ingin mencapai berat badan ideal, pastikan kalori yang dibakar lebih banyak ketimbang kalori yang dikonsumsi.

Manfaat mengonsumsi telur

Sebagai salah satu protein hewani yang mudah diolah, ada banyak manfaat mengonsumsi telur seperti:

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Telur mengandung asam amino penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Artinya, tubuh bisa memanfaatkan nutrisi itu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dibandingkan dengan lemak atau karbohidrat, protein bisa membantu membakar lebih banyak kalori.

  • Cocok untuk diet

Jika melihat apa saja menu sarapan sehat untuk diet, telur pasti masuk dalam daftar. Dalam penelitian, mengonsumsi telur saat sarapan selama 8 minggu terbukti membuat diet 65% lebih efektif. 

Hal ini berkaitan erat dengan telur yang membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, peluang untuk makan kalori terlalu banyak di waktu makan berikutnya bisa ditekan.

  • Murah dan mudah

Dari sederet protein hewani, telur termasuk salah satu yang harganya terjangkau dan mudah ditemukan. Mengolahnya pun bisa menjadi telur dadar atau omelet, telur ceplok, scrambled, direbus, dan banyak lagi. Eksperimen dengan berbagai resep? Silakan mencoba!

  • Bernutrisi

Telur mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B6, B12, dan juga vitamin D. Jika ragu mengonsumsi telur karena kolesterolnya, sebaiknya pilih putih telurnya saja karena kolesterol terdapat di bagian kuning telurnya. 

Kandungan omega-3 dalam telur juga merupakan lemak esensial yang bisa mengurangi risiko masalah detak atau aritmia jantung dan menurunkan tekanan darah. 

Bagi mereka yang sedang dalam upaya menurunkan berat badan, menambahkan telur dalam menu makanan sehari-hari bisa jadi langkah termudah. Dengan merasa kenyang lebih lama, bisa menghindari “kalap” saat makan berikutnya. 

Tak hanya itu, telur juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, resep telur favorit apa yang akan Anda buat untuk sarapan esok hari?

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/eggs-weight-loss-food#section6
Diakses 24 Februari 2020

Self. https://www.self.com/gallery/how-many-calories-in-your-omelet-slideshow
Diakses 24 Februari 2020

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/283815-calories-in-a-two-egg-omelette/ 
Diakses 24 Februari 2020

Artikel Terkait