Kalori putih telur ternyata sangat sedikit bila dibandingkan dengan kuning telur
Putih telur (tengah) dan telur rebus utuh

Telur kerap dilabeli sebagai salah satu makanan yang harus dihindari saat Anda tengah berusaha menurunkan berat badan. Padahal, Anda hanya perlu menyingkirkan bagian kuningnya mengingat kalori putih telur sangat rendah sehingga tidak akan menambah bobot Anda secara signifikan.

Putih telur adalah cairan berwarna putih dan kental yang mengelilingi kuning telur saat masih berada di dalam cangkang. Struktur putih telur terdiri dari 90 persen air dan 10 persen protein, serta berfungsi melindungi embrio anak ayam pada telur yang berhasil dibuahi.

Sebetulnya, putih telur terkenal akan kandungan proteinnya yang sangat bagus karena mengandung 9 jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh. Namun, bukan berarti sedikitnya jumlah kalori putih telur tidak berguna bagi kesehatan Anda.

Berapa jumlah kalori putih telur?

Satu butir telur mengandung jumlah kalori yang berbeda-beda. Telur yang berukuran kecil (sekitar 38 gram) mengandung 54 kalori, telur besar (50 gram) memiliki 72 kalori, dan telur jumbo (63 gram) mengandung 90 kalori.

Namun, jumlah kalori ini terkoinsentrasi di bagian kuning telurnya. Pada telur ukuran besar, misalnya, terdapat 55 kalori pada bagian kuning telur dari 72 kalori yang dikandungnya.

Artinya, kalori putih telur pada telur ukuran besar hanyalah 17 kalori. Jumlah ini sangat jauh dari rata-rata kalori maksimal yang boleh dikonsumsi seseorang, yakni 2.000 kalori (wanita) hingga 2.500 kalori (laki-laki) per harinya.

Perlu diingat bahwa jumlah kalori putih telur ini akan berubah jika Anda menambahkan bahan lain, seperti minyak, mentega, atau keju. Cara memasak telur juga akan memengaruhi jumlah kalori pada telur secara keseluruhan.

Sedikitnya jumlah kalori putih telur disebabkan oleh sifatnya yang hampir tidak mengandung lemak di dalamnya. Oleh karena itu, putih telur juga lebih aman dikonsumsi pada orang yang memiliki risiko tinggi mengalami kenaikan kadar kolesterol di dalam darah.

Konsumsi putih telur bisa turunkan berat badan

Selain kalori putih telur yang rendah sehingga baik dikonsumsi saat diet, makan putih telur juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Putih telur juga mengandung leusin, asam amino yang terbukti dapat membantu penderita obesitas untuk menghilangkan sebagian lemak di tubuhnya.

Ketika Anda tengah dalam program menurunkan berat badan, di situlah kandungan protein pada putih telur memainkan peranannya. Melalui mekanisme yang rumit, protein pada intinya akan meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Bukan hanya itu, konsumsi putih telur juga dapat menekan nafsu makan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan protein pada putih telur juga sanbat berguna untuk mempertahankan dan membangun massa otot, agar penurunan berat badan tidak dibarengi dengan penurunan massa otot.

Batasi konsumsi putih telur

Meski kadar kalori putih telur sangat rendah, bukan berarti tidak ada risiko kesehatan yang mengintai jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Kandungan protein yang tinggi pada putih telur dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang yang ditandai dengan mual, muntah, muncul ruam, bengkak, hingga reaksi alergi yang gawat (anafilaksis).

Putih telur mengandung avidin, protein yang dapat mengikat biotin dan menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari sumber makanan lain. Dalam jangka panjang, tubuh bisa menderita kekurangan biotin sehingga ia akan sulit membentuk sel-sel baru, memecah karbohidrat dan lemak, serta melakukan sintesis asam amino.

Penting juga untuk tidak mengonsumsi putih telur mentah karena ada kemungkinan mengandung bakteri salmonella. Salmonella dapat mengakibatkan penyakit serius pada tubuh, seperti keracunan dan penyakit lain di saluran cerna.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/egg-whites-nutrition
Diakses pada 16 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/calories-in-an-egg
Diakses pada 16 Februari 2020

NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/food-and-diet/what-should-my-daily-intake-of-calories-be/
Diakses pada 16 Februari 2020

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/hard-boiled-egg-calories-and-fat-3495628
Diakses pada 16 Februari 2020

Oxford Journal. https://academic.oup.com/jn/article/136/1/319S/4664148
Diakses pada 16 Februari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/252979-what-are-the-health-benefits-of-egg-whites/
Diakses pada 16 Februari 2020

Artikel Terkait