Menghitung Jumlah Kalori Pepaya dan Manfaatnya bagi Tubuh

(0)
18 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kandungan kalori pepaya dan nutrisi lainnya dianggap baik untuk kesehatan tubuhPepaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh
Buah pepaya dikenal akan rasanya yang manis, harganya yang terjangkau, serta mudah didapat karena berbuah sepanjang tahun. Meski manis, kalori pepaya juga tidak terlalu tinggi sehingga aman disertakan dalam menu sehat Anda sehari-hari.Pepaya dipercaya dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung, diabetes, kanker, hingga tekanan darah rendah. Pada penderita konstipasi, pepaya juga kerap dianggap obat alternatif karena mampu memperlancar pencernaan.Meskipun demikian, kandungan gizi pada pepaya akan sangat bergantung pada tingkat kematangannya. Buah pepaya sangat baik dikonsumsi ketika sudah matang (mature) yang ditandai dengan munculnya garis-garis kuning pada permukaan kulit buah hingga masak sempurna (ripened) yang ditandai manisnya rasa daging buah pepaya.

Jumlah kalori pepaya dan kandungan nutrisi lainnya

Meski daging buah pepaya masak bisa sangat manis, jumlah kalori pepaya hanya 43 kalori per 100 gram penyajian. Jumlah ini masih sangat jauh dibanding batas konsumsi kalori per hari, yakni 2.000 kalori per hari bagi wanita dan 2.500 kalori per hari bagi pria.Kalori pepaya berasal dari kandungan karbohidrat di dalamnya, yakni mencapai 10,8 gram per 100 gram sajian. Selain itu, pepaya juga mengandung 2,46 gram serat dan 11 gram gula alami per 100 gram dengan skor indeks glikemik 60 dan 9 untuk muatan glikemik alias masih aman dikonsumsi karena tidak menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat.Bahkan jika Anda mampu menghabiskan satu buah pepaya ukuran besar dengan berat 781 gram per hari, jumlah kalori pepaya pun masih tergolong aman untuk tubuh, yakni 336 kalori. Namun, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi pepaya berlebihan karena masih harus menyeimbangkan asupan kalori dari sumber makanan lainnya.Di luar kalori pepaya, pepaya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti:
  • Protein
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium.

Khasiat buah pepaya untuk kesehatan

Jumlah kalori pepaya yang sedikit membuatnya dapat dijadikan sebagai buah yang aman dikonsumsi bagi orang yang sedang diet. Di luar itu, pepaya juga memiliki manfaat kesehatan yang lebih besar bagi tubuh Anda, misalnya:

1. Melindungi penglihatan

Tidak diragukan lagi bahwa pepaya kaya akan vitamin A yang berbentuk beta karoten yang lebih mudah diserap tubuh ketimbang wortel atau tomat. Hal ini membuat pepaya sangat baik untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit mata degeneratif alias berhubungan dengan usia.Pepaya juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang kerap mengonsumsi vitamin A mengingat suplemen sintetis ini dapat mengakibatkan keracunan bila berlebihan. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai dosis yang tepat.

2. Menyehatkan pencernaan

Seperti buah dan sayuran pada umumnya, kalori pepaya juga dipengaruhi oleh tingginya kadar serat yang baik bagi pencernaan. Pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat membantu tubuh mencerna gluten dan mengurangi efek buruknya pada orang yang sensitif dengan gluten.

3. Menyehatkan kulit

Khasiat pepaya ini datang dari kandungan vitamin C yang terkandung pada daging pepaya matang. Vitamin C dapat merangsang terbentuknya kolagen yang bertugas mengencangkan kulit.

4. Menyehatkan jantung

Kandungan serat pada pepaya juga dapat mencegah munculnya penyakit jantung karena mengurangi risiko Anda mengalami berat badan berlebih. Pepaya juga kaya akan kalium, magnesium, dan asam pantotenat yang semuanya dapat membantu menyehatkan jantung.Meski kalori pepaya cukup aman bagi kesehatan, buah ini memiliki efek negatif berupa dapat menimbulkan alergi lateks karena kandungan enzim chitanase di dalamnya. Selain itu, pepaya matang juga memiliki bau yang kurang sedap sehingga menurunkan nafsu makan bagi mereka yang tidak menyukainya.
buah dan sayuran
Jurnal IPB. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jhi/article/download/12685/9674/
Diakses pada 4 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275517
Diakses pada 4 Juli 2020
USDA. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169926/nutrients
Diakses pada 4 Juli 2020
NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/food-and-diet/what-should-my-daily-intake-of-calories-be/
Diakses pada 4 Juli 2020
Diabetes UK. https://www.diabetes.co.uk/diet/glycemic-load.html
Diakses pada 4 Juli 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/papayas-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4114326
Diakses pada 4 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait