Menghilangkan Kutil Kelamin dengan Bahan-Bahan Alami Wajib Dicoba

Lidah buaya mengandung malic acid, zat asam yang bisa menghilangkan kutil kelamin
Kandungan zat asam dalam lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin.

Kesal dengan masalah kutil di kelamin? Tenang, pada dasarnya kutil kelamin bisa hilang dengan sendirinya. Kasus kutil kelamin juga dialami jutaan orang setiap tahunnya. Kabar baiknya lagi, menghilangkan kutil pun bisa dilakukan secara alami.

Penelitian Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mencatat bahwa setiap tahunnya ada jutaan kasus kutil kelamin. Belum lagi yang tidak terdiagnosis. Penyebaran utamanya adalah hubungan seksual tanpa proteksi.

Apa itu kutil kelamin?

Istilah medis kutil kelamin adalah condylomata acuminate yang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Sebagian besar kutil kelamin tidak menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.

Memang ada kaitan antara virus HPV dengan kanker seperti kanker serviks. Meski demikian, kutil kelamin tidak menyebabkan kanker.

Kutil kelamin juga bisa dihilangkan lewat operasi. Tapi, tindakan ini tidak menjamin kutil tidak tumbuh kembali. Lalu, apa langkah yang lebih efektif untuk menghilangkan kutil?

Menghilangkan kutil secara alami

Sebelum mencoba beberapa cara menghilangkan kutil kelamin di rumah, pastikan Anda mendapatkan bahan-bahannya dari tempat yang terpercaya. Selain itu, coba diskusikan dengan dokter juga ya!

Berikut beberapa cara alami menghilangkan kutil kelamin:

  • Tea tree oil

    Sejak lama, tea tree oil telah digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Kandungan antimicrobial di dalamnya menekan pertumbuhan virus, termasuk yang menyebabkan tumbuhnya kutil kelamin.
    Tahun 2008 lalu, seorang anak berhasil menghilangkan kutil di tangannya berkat minyak ini. Tapi ingat, terkadang pengaplikasian tea tree oil bisa memunculkan sensasi panas pada kulit.
  • Bawang putih

    Kandungan antiviral dalam bawang putih juga bisa menekan penyebaran sel yang terinfeksi virus HPV. Caranya, hancurkan bawang putih hingga teksturnya menyerupai pasta.
    Aplikasikan pada kutil kelamin dan biarkan selama 20-30 menit sebelum membilas dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan setiap hari.
  • Lidah buaya

    Lidah buaya mengandung malic acid, zat asam yang bisa menghilangkan kutil kelamin. Caranya pun sangat mudah. Aplikasikan 1-2 sendok teh ekstrak gel lidah buaya. Oleskan pada kutil dan diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Metode ini bisa dilakukan dua kali sehari.
  • Cuka apel

    Tren cuka apel tidak hanya bisa digunakan untuk perawatan kulit saja. Lebih dari itu, kandungan asam pada cuka apel juga bisa membasmi virus. Aplikasikan pada kutil kelamin dengan menggunakan kapas.
  • Sayuran hijau

    Selain beberapa cara menghilangkan kutil alami dari luar seperti empat poin di atas, konsumsi sayuran hijau juga membantu. Pilihlah sayuran yang kaya serat.
    Masukkan dalam menu makanan Anda sayuran seperti brokoli, kembang kol, kale, kubis, dan sayuran lain yang mengandung Indole-3-Carbinol. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur 4-5 kali per harinya.

Ubah Gaya Hidup

Aspek yang juga tak kalah penting diubah demi menghilangkan kutil kelamin adalah mengubah gaya hidup. Mengingat HPV adalah virus yang tertular lewat aktivitas seksual, sebaiknya selalu gunakan kondom saat berhubungan seksual.

Ingat pula bahwa virus penyebab kutil kelamin akan bertahan di tubuh dalam jangka panjang dan ada kemungkinan kembali tumbuh. Tak hanya itu, virus HPV ini juga masih bisa menular pada partner seksual Anda. Komunikasikan hal ini dan jangan ragu untuk bertanya ke dokter.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321036.php
Diakses 5 Mei 2019

Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1744388108000595
Diakses 5 Mei 2019

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/home-remedies-for-genital-warts/#gref
Diakses 5 Mei 2019

Health Line. https://www.healthline.com/health/std/genital-warts-home-remedies
Diakses 5 Mei 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3390234/
Diakses 5 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed