logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

7 Cara Menghidrasi Kulit Wajah Agar Kulit Lembap, Kenyal, dan Ternutrisi

open-summary

Kulit wajah bisa mengalami dehidrasi jika sel kulit kehilangan terlalu banyak air. Ketahui berbagai cara menghidrasi kulit!


close-summary

21 Jul 2022

| Atifa Adlina

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

menghidrasi kulit wajah

Kulit wajah perlu terhidrasi dengan baik untuk mencegah dehidrasi

Table of Content

  • Apa itu hidrasi kulit?
  • Berbagai cara menghidrasi kulit wajah
  • Manfaat menghidrasi kulit wajah

Orang yang punya kulit dehidrasi harus mengetahui cara menghidrasi kulit dengan benar. Menghidrasi ini berbeda dengan melembapkan. Tujuan utama menghidrasi kulit adalah untuk meningkatkan kandungan air ke dalam kulit. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya!

Advertisement

Apa itu hidrasi kulit?

Hidrasi mengacu pada kata air. Jadi, menghidrasi kulit adalah cara untuk membantu meningkatkan kadar air pada kulit. Kulit membutuhkan air untuk menjaga elastisitasnya dan menjadi lebih sehat.

Jika tubuh kurang cairan, kulit juga akan menjadi dehidrasi dan menyebabkan kulit rusak, terasa tertarik, bersisik, kusam, dan kering. Mengutip Mayo Clinic, kulit terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan epidermis, dermis, dan jaringan subkutan. Jika lapisan terluar epidermis tidak terhidrasi dengan baik, kulit akan kering dan terasa kasar.

Baca Juga

  • Mengenal Risiko Tindakan Dermabrasi dan Mikrodermabrasi pada Kulit Wajah
  • Obat Koreng di Apotek dan Alami yang Bisa Digunakan Agar Luka Lebih Cepat Sembuh
  • 8 Manfaat Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Berbagai cara menghidrasi kulit wajah

Menghidrasi kulit perlu dilakukan apabila kulit Anda dehidrasi. Kulit kering dan dehidrasi adalah dua kondisi yang berbeda. Kulit kering merupakan jenis kulit, sementara kulit dehidrasi adalah sebuah kondisi kulit.

Sama seperti tubuh, kulit wajah pun rentan mengalami dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan, gejalanya juga akan tampak di kulit.

Berikut ini adalah beberapa cara menghidrasi kulit wajah yang bisa Anda lakukan:

1. Menjaga asupan cairan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghidrasi kulit adalah menjaga asupan cairan. Salah satunya, minum air putih yang cukup.

Jadi, tak hanya baik untuk tubuh, manfaat untuk kulit juga akan terlihat. Mengonsumsi air secara rutin dan cukup setiap harinya dapat menghidrasi, mencerahkan, menyegarkan, dan membantu menjaga elastisitas kulit.

Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi air, seperti buah-buahan.

2. Gunakan produk skincare yang tepat

Anda pasti telah sering mendengar istilah skincare yang hydrating dan moisturizing. Beberapa dari Anda mengira bahwa keduanya sama. Nyatanya, tidak.

Untuk menghidrasi kulit, Anda perlu memilih produk yang dapat meningkatkan hidrasi kulit, alias meningkatkan kadar air di dalam kulit. Anda bisa memilih produk skincare yang mengandung humektan. Humektan adalah zat yang berfungsi menyerap air ke dalam kulit.

Beberapa produk skincare yang masuk ke dalam kategori humektan umumnya mengandung gliserin, hyaluronic acid, kolagen, amino acid, ceramide, panthenol, dan lain-lainnya.

3. Pilih serum menghidrasi

Ada berbagai produk yang dapat digunakan dalam urutan pemakaian skincare, seperti facial wash, toner, serum, atau pelembap.

Salah satu produk yang punya konsentrasi cukup tinggi adalah serum. Untuk mempertahankan kadar air dalam kulit wajah, coba gunakan serum menghidrasi kulit. Serum yang menghidrasi umumnya mengandung hyaluronic acid, gliserin, dan aloe vera.

Menggunakan serum sebagai tambahan hidrasi kulit dinilai lebih optimal karena mengandung bahan aktif dan mempunyai konsistensi yang ringan sehingga penyerapan ke kulit lebih baik.

4. Gunakan pelembap

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, skincare hydrating dan moisturizing (melembapkan) tidaklah sama.

Kalau hydrating berfokus untuk meningkatkan hidrasi kulit, moisturizing berfungsi untuk mengunci kelembapan alias kadar air yang sudah ada di kulit agar tidak menguap.

Setelah menghidrasi kulit wajah, sangat penting untuk menggunakan pelembap. Pelembap atau moisturizer digunakan pada tahap akhir skincare karena tujuannya untuk mengunci dan mencegah hilangnya kelembapan kulit wajah.

Terdapat beberapa macam tipe pelembap selain humektan, yakni yang sifatnya oklusif dan emolien. Pelembap biasanya punya tekstur lebih thick dan mengandung minyak mineral, castor oil, dimethicone, squalane, atau lanolin.

5. Menyalakan humidifier

Humidifier bermanfaat untuk membantu meningkatkan kelembapan udara. Ini biasanya digunakan ketika udara menjadi sangat kering.

Penggunaan humidifier juga bisa membantu menambah hidrasi kulit. Apalagi, ketika suhu ruangan terasa kering dan dingin. Anda membutuhkan lebih banyak kelembapan, karena udara kering dapat menurunkan kelembapan kulit.

6. Hindari penggunaan air panas

Terbiasa membersihkan wajah dengan menggunakan air panas? Sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan tersebut, karena air panas dapat mengurangi hidrasi kulit.

Hindari mandi terlalu lama dengan menggunakan air hangat. Setelah mandi dengan menggunakan air hangat, segera kembalikan hidrasi wajah dengan menggunakan produk skincare yang dapat menghidrasi kulit.

7. Jangan lupakan sunscreen

Fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari paparan jahat sinar matahari. Selain itu, sunscreen juga berfungsi untuk menghindari dan mencegah kerusakan kulit.

Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak lupa menggunakan sunscreen, apalagi saat beraktivitas di luar ruangan. Alasannya, karena paparan sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi, merusakkolagen, dan menurunkan elastisitas kulit.

Manfaat menghidrasi kulit wajah

Sama seperti tubuh, kulit yang terhidrasi dapat terjaga kesehatannya. Untuk mempertahankan hidrasi kulit, Anda perlu secara konsisten merawat kulit.

Baik dengan menggunakan skincare, melakukan gaya hidup sehat, serta rutin berolahraga.

Berikut adalah macam-macam manfaat yang bisa Anda rasakan dari menghidrasi kulit:

  • Kekenyalan kulit terjaga
  • Kulit akan terlihat sehat dan tidak kusam
  • Meminimalisasi produksi minyak berlebih
  • Mengurangi pertumbuhan jerawat
  • Mencegah iritasi

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengembalikan hidrasi pada kulit wajah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gejala kulit dehidrasi, seperti peradangan, gatal, iritasi, serta kulit mengelupas.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menghidrasi kulit wajah? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 24 Jam

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved