Menggunakan Korset Setelah Melahirkan, Adakah Manfaatnya?


Menggunakan korset setelah melahirkan dipercaya memiliki banyak manfaat, mulai dari mempercepat proses pemulihan hingga membuat tubuh terlihat lebih langsing. Lantas, bagaimana tips memilih korset yang benar?

(0)
13 Oct 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Menggunakan korset setelah melahirkan dipercaya dapat membantu mempercepat pemulihanMenggunakan korset setelah melahirkan dapat menopang inti dan dasar panggul
Sebagian ibu memilih menggunakan korset setelah melahirkan agar tubuhnya bisa segera kembali ke bentuk semula. Korset tersebut dirancang sebagai penyangga yang dikenakan di sekitar perut dan pinggul atas untuk menopang inti dan dasar panggul.Tekanan yang diberikan korset ini tidak menyakitkan dan difungsikan untuk menahan otot sekaligus ligamen pada tempatnya sehingga mempercepat pemulihan setelah melahirkan.

Manfaat menggunakan korset setelah melahirkan

Sebuah penelitian medis menunjukkan bahwa menggunakan korset pascamelahirkan dapat membantu memperkuat inti tubuh dengan aman dari waktu ke waktu, terutama bila disertai dengan terapi fisik.Sejumlah manfaat menggunakan korset setelah melahirkan yang mungkin Anda dapatkan, yaitu:
  • Mempercepat pemulihan 
  • Memperbaiki postur dan mobilitas
  • Menstabilkan dasar panggul
  • Menyangga otot perut agar lebih nyaman
  • Mendorong aliran darah
  • Mengurangi sakit punggung
  • Mengurangi pembengkakan dan retensi cairan
  • Membantu terlihat lebih langsing secara instan.
Korset ini juga ideal bagi Anda yang menjalani pemulihan pascaoperasi caesar atau yang mengalami diastasis recti. Orang yang melahirkan secara caesar umumnya menjalani pemulihan yang lebih lama karena sayatan yang dibuat untuk mengeluarkan bayi turut memotong beberapa lapisan otot dan jaringan. 
Bekas luka sayatan caesar
Sebuah studi kecil pada tahun 2017 pun mencatat bahwa menggunakan korset pascamelahirkan membantu wanita yang menjalani operasi caesar mengalami lebih sedikit rasa sakit, perdarahan, dan ketidaknyamanan saat pemulihan daripada yang tidak menggunakannya.Diastasis recti juga merupakan kondisi yang biasa terjadi, di mana perut sulit mengempis setelah melahirkan. Umumnya, diperlukan waktu satu atau dua bulan pascamelahirkan agar perut kembali seperti semula. Namun, penggunaan korset dapat membantu mempercepat proses tersebut.Meski begitu, tidak ada kewajiban memakai korset sehabis melahirkan karena hanya berpengaruh kecil terhadap perut Anda.

Tips membeli korset setelah melahirkan

Apabila Anda tertarik menggunakan korset setelah melahirkan, sebaiknya jangan membeli korset ini secara sembarangan. Korset tersebut harus memenuhi kebutuhan Anda dan aman untuk digunakan secara konsisten. Berikut kriteria korset pascamelahirkan yang sebaiknya Anda pilih:

1. Mudah digunakan

Pilihlah korset yang mudah digunakan agar tidak membuat Anda kesulitan saat melepas maupun memakainya. Jika tiba-tiba Anda harus melepas korset, maka Anda bisa dengan mudah melepasnya.

2. Nyaman dikenakan

Pastikan korset memiliki ukuran yang pas sehingga tidak lepas secara tiba-tiba atau membuat Anda susah bernapas. Selain itu, korset tersebut juga tidak boleh membatasi ruang gerak Anda.

3. Terbuat dari bahan yang nyaman

Pilihlah bahan korset yang nyaman dikenakan dan dapat membuat kulit bernapas. Terutama jika Anda baru pulih dari operasi caesar, pilihlah korset yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka sayatan.

4. Harga sesuai

Korset yang mahal belum tentu memiliki kualitas yang bagus. Jadi, pastikan Anda memilih korset yang berkualitas dan sesuai harganya.Korset umumnya dapat digunakan segera setelah melahirkan jika telah diizinkan oleh dokter. Mulailah menggunakannya selama beberapa jam terlebih dahulu, lalu perhatikan apa yang Anda rasakan. Selanjutnya, kenakan korset ini sesuai dengan kenyamanan Anda, baik siang maupun malam. Penggunaan korset biasanya berlangsung sekitar 30-60 hari pascapersalinan. Akan tetapi, jika Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi pada luka caesar atau mengalami komplikasi persalinan, sebaiknya hindari menggunakan korset karena dapat memperburuk keadaan.

Hal lain yang harus dilakukan dalam pemulihan pascamelahirkan

Di samping menggunakan korset, Anda juga harus melakukan hal berikut untuk membantu tubuh segera pulih pascamelahirkan:
  • Banyak beristirahat
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Minum lebih banyak air putih
  • Hindari stres.
Apabila masih memiliki pertanyaan seputar penggunaan korset setelah melahirkan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
operasi caesarmelahirkankehidupan pasca melahirkan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/postpartum-girdle#how-to-shop
Diakses pada 29 September 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/wom/baby/the-pros-and-cons-of-wearing-a-postpartum-corset.aspx
Diakses pada 29 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait