Menggunakan Konsep Kaizen untuk Turunkan Berat Badan, Seperti Apa?


Pendekatan Kaizen artinya mengaplikasikan perubahan kecil secara terus menerus hingga mencapai target yang lebih besar. Aspeknya bisa beragam, mulai dari kehidupan personal, rumah tangga, hingga menurunkan berat badan.

(0)
20 Apr 2021|Azelia Trifiana
Metode kaizen bisa digunakan dalam berbagai aspek, termasuk dalam menurunkan berat badanMetode kaizen bisa digunakan dalam berbagai aspek, termasuk dalam menurunkan berat badan
Ada filosofi asal Jepang yang bisa jadi bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, yaitu konsep Kaizen. Apabila diartikan ke bahasa Indonesia, Kaizen artinya “berubah menjadi lebih baik”.Siapa tahu, metode ini lebih efektif apabila sudah pernah mencoba diet tapi terus menerus gagal. Perbedaan utamanya adalah dalam prinsip Kaizen, target dibuat sekecil mungkin agar mudah tercapai.

Konsep kaizen untuk turunkan berat badan

Pendekatan Kaizen artinya mengaplikasikan perubahan kecil secara terus menerus hingga mencapai target yang lebih besar. One step at a time. Aspeknya bisa beragam, mulai dari kehidupan personal, rumah tangga, sosial, juga pekerjaan.Namun, tak menutup kemungkinan juga mengaplikasikan prinsip ini pada misi menurunkan berat badan. Caranya sama, yaitu menentukan target penurunan berat badan dan menentukan langkah kecil untuk mencapainya.Ada banyak target yang bisa menjadi alternatif, contohnya berdasarkan indeks massa tubuh. Angka ini merupakan kalkulasi berat badan dan tinggi badan untuk menentukan apakah seorang individu kekurangan berat badan, normal, maupun kelebihan berat badan.Selain itu, bisa juga dengan menargetkan mengurangi 5-10% berat badan. Menurut studi, hal ini bisa berdampak positif bagi kesehatan secara umum. Dalam studi terhadap 50 orang berusia 44 tahun dengan indeks massa tubuh 38, menurunkan 5% berat badan terbukti menurunkan glukosa, insulin, trigliserida, dan juga leptin.Seluruh indikator itu termasuk faktor risiko terjadinya diabetes dan penyakit jantung. Bukan hanya itu, respons lemak, hati, dan jaringan otot terhadap insulin pun membaik.

Manfaat konsep Kaizen

Prinsip Kaizen sejalan dengan perubahan-perubahan kecil yang terakumulasi dari waktu ke waktu. Ada banyak manfaat dari menerapkan prinsip ini saat ingin menurunkan berat badan, contohnya:

1. Risiko serangan jantung menurun

Menurut studi dari Nurses’ Health Study, langkah sederhana saat ingin menurunkan berat badan seperti berjalan cepat selama 30 menit setiap harinya dapat mengurangi risiko kematian mendadak akibat serangan jantung dalam rentang waktu 26 tahun.Ini juga berlaku pada orang-orang yang melakukan olahraga berintensitas sedang. Ketika dilakukan dalam jangka panjang, akan ada perubahan positif terhadap kondisi kesehatan.

2. Menurunkan kolesterol

Dalam penelitian lain, diketahui bahwa mengurangi 5-10% berat badan dapat menurunkan trigliserida hingga 20%. Ini adalah lemak di aliran darah yang ketika kadarnya terlalu tinggi bisa menyebabkan kondisi medis berbahaya seperti penyakit jantung dan pankreatitis.

3. Menurunkan tekanan darah

Orang dengan masalah berat badan umumnya juga rentan memiliki tekanan darah tinggi. Kabar baiknya, menurunkan berat badan beberapa kilogram saja sudah bisa menurunkan tekanan darah menjadi normal.Banyak orang yang sudah berhasil mengurangi berat badan pada akhirnya berhasil mengurangi atau menghentikan konsumsi obat penurun tekanan darah.

Cara menerapkan prinsip Kaizen

perempuan lari pagi
Awali dengan olaharga yang ringan
Kini pertanyaan besarnya, bagaimana cara konkret menerapkan prinsip Kaizen untuk menurunkan berat badan? Syarat utama adalah menentukan target sekecil mungkin. Contohnya mengurangi berat badan 3 kg, tidak langsung 5 atau 10 kg.Ingat prinsipnya: Semakin kecil target, akan jauh lebih mudah mencapainya. Kemudian, pecah tujuan utama itu menjadi target-target yang lebih kecil seperti hanya mengonsumsi air putih, jalan pagi sekian menit, atau mengubah menu sarapan.Kemudian, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan:
  • Menimbang berat badan

Rupanya, ada penelitian yang menemukan manfaat dari menimbang berat badan setiap hari. Mereka yang memiliki kebiasaan ini bisa menurunkan berat badan lebih efektif ketimbang yang tidak.
  • Banyak bergerak

Cermati bagaimana kebiasaan Anda setiap harinya, apakah lebih banyak tidur atau berbaring? Jika iya, coba lakukan beberapa perubahan sederhana untuk bergerak sepanjang hari.Tak perlu langsung drastis, mulailah dengan mengalokasikan total beberapa menit dalam sehari untuk berdiri atau bergerak. Bisa juga dengan memilih menggunakan tangga ketimbang lift.
  • Tambah intensitas bertahap

Setelah berhasil menuntaskan target kecil pada tahap awal, perlahan coba tambah intensitasnya. Sebagai contoh, kebiasaan baru berjalan kaki selama 10 menit bisa ditambah menjadi 20 atau 30 menit.Anda juga bisa membuat jurnal tentang apa yang dikonsumsi. Makanan atau minuman apa yang ingin dihindari atau dibatasi. Misalnya selama ini ada kebiasaan minum boba 3 kali dalam seminggu. Coba kurangi hanya menjadi 1 kali dalam seminggu, kemudian ganti dengan infused water yang tak kalah menyegarkan.Sebenarnya tidak sulit membuat daftar apa saja yang perlu dikurangi atau dicoret sama sekali dari daftar menu sehari-hari. Hanya saja, konsistensinya yang cukup menantang. Oleh sebab itu, mulailah perlahan agar tidak muncul craving sebagai konsekuensinya.Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar alasan mengapa diet turunkan berat badan kerap gagal, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietolahragatips olahraga
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/losing-weight-the-kaizen-way-4111428
Diakses pada 6 April 2021
Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. https://jandonline.org/article/S2212-2672(14)01873-5/fulltext
Diakses pada 6 April 2021
JAMA Network. https://jamanetwork.com/journals/jama/fullarticle/1104057
Diakses pada 6 April 2021
National Institutes of Health. https://www.nih.gov/news-events/nih-research-matters/benefits-moderate-weight-loss-people-obesity
Diakses pada 6 April 2021
Kaizen Institute. https://www.ahajournals.org/doi/10.1161/CIR.0b013e3182160726
Diakses pada 6 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait