Menggugurkan Kandungan dengan Jeruk Nipis Cuma Mitos, Ini Penjelasannya

(0)
04 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Menggugurkan kandungan dengan jeruk nipis hanya mitosJeruk nipis mengandung banyak vitamin C
Banyak mitos yang beredar di masyarakat bahwa beberapa makanan, minuman, hingga obat-obatan yang dijual di pasaran bisa menggugurkan kandungan. Salah satunya yang sering beredar adalah jeruk nipis. Padahal, klaim menggugurkan kandungan dengan jeruk nipis tidak jelas kebenaran dan landasan ilmiahnya.Faktanya, jeruk nipis malah mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Contohnya, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang jelas-jelas dibutuhkan selama kehamilan.

Fakta menggugurkan kandungan dengan jeruk nipis

Jeruk nipis dipercaya bisa menyebabkan keguguran karena kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Sebuah jeruk nipis mengandung 20-30 mg vitamin C. Namun, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang mengonfirmasi keterkaitan jeruk nipis dengan keguguran. Sebuah tinjauan pada tahun 2016 justru menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C tak akan memengaruhi risiko seseorang mengalami keguguran. Vitamin yang terkandung dalam jeruk nipis ini justru dapat membantu menurunkan tekanan darah, melawan peradangan, dan menciptakan kolagen. Dosis vitamin C yang disarankan untuk ibu hamil adalah sekitar 85 mg per hari, sementara batas konsumsinya adalah 2000 mg per hari. Jadi, konsumsi jeruk nipis secara wajar tak akan membahayakan kehamilan Anda. Di sisi lain, konsumsi jeruk nipis secara berlebihan dapat memicu gangguan pencernaan. Sebab, vitamin C yang tidak diserap tubuh dapat mengiritasi saluran pencernaan Anda. Maka dari itu, Anda harus mengonsumsi jeruk nipis dan sumber-sumber vitamin C lainnya secara bijak.

Risiko mengonsumsi jeruk nipis berlebihan saat hamil

Sebaiknya Anda menghindari konsumsi jeruk nipis saat hamil jika Anda menderita asam lambung, maag, atau alergi terhadap buah-buahan sitrus. Jika Anda mengonsumsi jeruk nipis secara berlebihan, berikut sejumlah bahaya yang bisa Anda alami:
  • Kenaikan asam lambung

Makan jeruk nipis terlalu banyak bisa sebabkan asam lambung
Mengonsumsi makanan asam seperti bisa memicu terjadinya kenaikan asam lambung. Oleh karena itu, tentunya Anda perlu berhati-hati, apalagi jika Anda memiliki masalah asam lambung sebelumnya.Naiknya asam lambung dapat menyebabkan gejala berupa sensasi panas di dada (heartburn), nyeri ulu hati, sulit menelan, dan mulut terasa asam atau pahit. Kondisi ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan terganggu.
  • Mulas dan diare

Anda juga bisa mengalami mulas dan diare akibat terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis. Kondisi ini terjadi akibat asam yang mengiritasi pencernaan. Jika dibiarkan, diare berpotensi memicu dehidrasi yang bisa membahayakan Anda maupun janin. Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda mengalaminya.
  • Kram perut

Setelah mengonsumsi jeruk nipis, Anda juga dapat mengalami kram perut. Rasa perih dan kram di perut ini bisa mengganggu keseharian Anda. Jika kram disertai dengan perdarahan, Anda tentunya harus lebih waspada. Segera pergi ke rumah sakit untuk mendapaktkan penanganan yang tepat.
  • Mual muntah

Mual bisa semakin memburuk jika konsumsi jeruk nipis berlebihan
Sebagian ibu hamil mengonsumsi jeruk nipis untuk mengatasi morning sickness. Akan tetapi, jeruk nipis malah bisa merangsang produksi asam lambung lebih banyak sehingga memperparah mual dan muntah. 
  • Gigi berlubang

Mengonsumsi jeruk nipis secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko gigi berlubang pada ibu hamil. Hal itu terjadi karena banyaknya asam pada jeruk nipis dapat mengikis enamel gigi. Untuk menghindarinya, pastikan Anda berkumur setelah mengonsumsi jeruk nipis. Menggugurkan kandungan dengan cara yang tidak tepat bisa membahayakan Anda maupun janin. Tak jarang, janin yang gagal digugurkan menjadi cacat dan Anda bahkan bisa kehilangan nyawa. Sebelum bertindak, pikirkan dengan matang konsekuensi yang akan Anda hadapi untuk menghindari penyesalan di kemudian hari.Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter mengenai kehamilan Anda. Konsultasi secara rutin bisa membantu Anda mendapat informasi yang tepat sehingga kesehatan kehamilan dan diri Anda tetap terjaga.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar kehamilan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilankesehatan kandungankehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/vitamin-c-abortion#risks
Diakses pada 18 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/limes#side-effects
Diakses pada 18 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326249#summary
Diakses pada 18 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/is-lemon-good-for-pregnancy
Diakses pada 18 Februari 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/carb-counts-for-limes-2241801
Diakses pada 18 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait