Menggoreng Makanan dengan Air Fryer, Benar Sehat atau Sekadar Viral?


Air fryer adalah alat masak sedikit minyak dengan hasil layaknya sajian yang digoreng. Menurunkan asupan kalori dan lemak, memasak dengan air fryer berpotensi lebih sehat.

(0)
19 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Air fryer adalah alat untuk memasak makanan yang menghasilkan sajian mirip dengan makanan yang digorengMakanan yang dimasak dengan air fryer berpotensi lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng dalam rendaman minyak
Air fryer adalah alat memasak yang digunakan untuk menggoreng makanan tanpa merendamnya dalam minyak. Dalam mengolah makanan dengan air fryer, Anda hanya memerlukan sedikit minyak atau bahkan tidak sama sekali. Diklaim lebih sehat dari menggoreng biasa, banyak orang kini berbondong-bondong membeli air fryer dan benda ini menjadi hype di kalangan pencinta hidup sehat. Sehatkah menggoreng dengan air fryer?

Mengenal apa itu air fryer 

Air fryer merupakan alat memasak tanpa atau sedikit minyak untuk menggoreng berbagai makanan. Makanan yang bisa digoreng dengan air fryer termasuk daging, nugget, kentang, dan banyak bahan-bahan lain. Dari pengertian air fryer di atas, hal yang menarik dari alat ini tentu saja bahwa Anda bisa memasak makanan tanpa menggunakan minyak, walau kita juga bisa menambahkan satu sendok makan minyak sebelum memasak bahan di dalamnya. Meski tanpa atau sedikit minyak, makanan yang diolah dengan air fryer akan mirip dengan makanan yang digoreng di wajan, termasuk dari segi teksturnya. Air fryer bekerja dengan meniup dan mengedarkan udara panas di sekeliling makanan sehingga bahan yang Anda masukkan bisa matang dengan cepat. Cara kerja air fryer tersebut memang mirip dengan oven konveksi.Cara kerja air fryer tersebut juga menghasilkan reaksi kimia yang disebut efek Maillard. Efek ini terjadi ketika asam amino dan sebuah gula pereduksi bereaksi dalam suhu yang tinggi. Reaksi tersebut menghasilkan perubahan pada makanan, termasuk perubahan warna dan rasa.Karena “menggoreng” dengan sedikit minyak, makanan yang diolah dengan air fryer dipercaya lebih sehat. Pasalnya, tak seperti menggoreng makanan di wajan, makanan yang diolah dengan air fryer cenderung lebih rendah kalori dan lemak.

Manfaat “menggoreng” makanan dengan air fryer

Menggoreng makanan dengan air fryer
Menggoreng makanan dengan air fryer ternyata jauh lebih sehat
Berpotensi lebih sehat, berikut ini beberapa manfaat penggunaan air fryer:

1. Mengurangi asupan lemak

Bukan rahasia lagi bahwa menggoreng dengan banyak minyak menyumbang kalori dan lemak dalam kadar yang cukup signifikan. Sebagai contoh, dada ayam yang digoreng di wajan mengandung lemak lebih tinggi hingga 30% dibandingkan dada ayam yang dipanggang.Di sinilah kelebihan dari air fryer. Mengolah makanan menggunakan air fryer diklaim bisa memotong kadar lemak hingga 75%. Klaim ini tentunya masuk akal mengingat memasak menggunakan air fryer membutuhkan sangat sedikit minyak atau tidak sama sekali. Karena rendah lemak, makanan yang diolah dengan air fryer berpotensi lebih sehat.

2. Mengurangi terbentuknya senyawa-senyawa berbahaya

Selain tinggi lemak dan kalori, makanan yang digoreng dalam rendaman minyak dapat memicu pembentukan senyawa berbahaya seperti akrilamida. Akrilamida terbentuk dari makanan kaya karbohidrat yang dimasak dalam suhu tinggi seperti saat digoreng. Akrilamida dilaporkan berisiko bersifat karsinogenik atau memicu kanker. Walau riset lanjutan masih diperlukan, akrilamida memang sudah dikaitkan dengan kanker ginjal, kanker endometrium, dan kanker ovarium. Memasak makanan menggunakan air fryer berpotensi menurunkan pembentukan akrilamida, bahkan dilaporkan hingga 90%. 

3. Membantu menurunkan berat badan

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus bisa menjaga agar kalori yang masuk dari makanan lebih sedikit dibandingkan kalori atau energi yang dikeluarkan. Namun sayangnya, makanan yang digoreng menyulitkan Anda untuk menguruskan badan karena tinggi lemak sehingga juga tinggi dengan kalori.Mengolah makanan dengan air fryer berpotensi untuk mengurangi asupan kalori Anda. Pasalnya, dalam menggunakan air fryer, Anda hanya membutuhkan sedikit minyak atau tidak sama sekali.

4. Menurunkan risiko penyakit tertentu

Menggoreng dalam rendaman minyak (deep fried) membuat kita mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kalori – serta senyawa berbahaya seperti akrilamida. Mengolah makanan dengan air fryer berpotensi menurunkan risiko penyakit dari konsumsi gorengan, termasuk peradangan di tubuh dan penyakit jantung

5. Memberikan sajian yang renyah 

Salah satu alasan orang-orang menyukai teknik penggorengan adalah tekstur renyah dan krispi pada makanan yang digoreng. Memasak makanan menggunakan air fryer pun memberikan sajian yang mirip dengan makanan yang digoreng – yakni renyah pada bagian luar dan lembut di dalam. 

6. Memasak tanpa terkena cipratan minyak

Menggoreng makanan dalam rendaman minyak memang memerlukan kewaspadaan yang tinggi. Terkadang, saat menggoreng makanan, kulit berisiko terkena cipratan minyak panas yang tentu menimbulkan rasa perih dan tak nyaman di kulit. Risiko ini cenderung tidak terjadi saat Anda memasak menggunakan air fryer

Air fryer apakah sehat?

Dengan pertimbangan-pertimbangan di atas, memasak makanan dengan air fryer berpotensi lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng dalam banyak minyak. Memasak makanan dengan air fryer menurunkan asupan lemak, kalori, dan senyawa tertentu yang terkandung dalam makanan gorengan biasa. Jika Anda tetap ingin mencoba makanan yang seperti digoreng namun ingin mengurangi asupan lemak dan kalori, memasak dengan air fryer layak dicoba.

Risiko kesehatan memasak dengan air fryer

Walau menggunakan air fryer memang cenderung lebih sehat dibandingkan menggoreng biasa, penting untuk diingat bahwa alat ini tidak sepenuhnya membuat tubuh sehat secara keseluruhan. Misalnya: walau air fryer mengurangi produksi akrilamida, senyawa lain tetap berisiko terbentuk yang juga berpotensi berbahaya. Beberapa senyawa tersebut termasuk amina heterosiklik dan hidrokarbon polisiklik aromatik, yang bisa terbentuk dari memasak daging dalam suhu tinggi. Riset lanjutan memang masih diperlukan untuk menguatkan kaitan mengolah makanan dengan air fryer dengan senyawa-senyawa tersebut. 

Catatan dari SehatQ

Air fryer adalah alat untuk memasak makanan yang menghasilkan sajian mirip dengan makanan yang digoreng. Makanan yang dimasak dengan air fryer berpotensi lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng dalam rendaman minyak. Jika masih memiliki pertanyaan terkait air fryer, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
makanan sehatmakanan dietmenurunkan berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/air-fryer
Diakses pada 6 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324849
Diakses pada 6 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/air-fryers
Diakses pada 6 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait