ESTJ kerap menjadi pemimpin
Tipe kepribadian ESTJ dikenal sebagai tipe yang bisa memimpin

ESTJ adalah salah satu tipe kepribadian berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). MBTI sendiri termasuk tes psikologi yang paling banyak digunakan di dunia. Tes ini dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katherine Cook Briggs yang merupakan ibu dan anak.

MBTI membagi kepribadian dalam 16 jenis. Salah satunya adalah ESTJ dengan kepanjangan Extraverted, Sensing, Thinking, Judging.

Karakteristik tipe kepribadian ESTJ

Kepribadian ESTJ sering digambarkan sebagai orang yang praktis dan sigap. Mereka hidup berdasarkan kenyataan yang saat ini dihadapi dan cenderung berusaha agar segalanya berjalan lancar sesuai aturan.

ESTJ juga merupakan pribadi yang terikat pada tradisi dan aturan, serta berharap agar orang lain juga bisa mematuhi aturan tersebut.

Dengan karakteristik yang menganggap tradisi, hukum, dan keamanan sebagai sesuatu yang bernilai tinggi, orang berkepribadian ESTJ seringkali terlibat dalam bidang kewarganegaraan, pemerintahan, atau organisasi masyarakat.

Karena sikap hidup yang amat normatif, ESTJ sering dipandang kaku, keras kepala, dan sulit kompromi. Namun kesigapan ESTJ membuatnya cenderung mengambil posisi sebagai pemimpin.

Kepercayaan diri serta pendirian yang kuat membuat para ESTJ pandai mengeksekusi rencana menjadi tindakan nyata. Akan tetapi, mereka juga kadang-kadang bisa memberi kritikan keras dan agresif, apalagi jika orang lain tidak dapat memenuhi standar moral si ESTJ yang cukup tinggi.

Orang lain sering menganggap kepribadian ESTJ sebagai orang yang mudah ditebak, stabil, memiliki komitmen tinggi, dan praktis. ESTJ juga tipe yang jujur tanpa basa-basi saat memberikan pendapat, sehingga sering dianggap kasar.

Kelebihan kepribadian ESTJ

Beberapa sifat yang menjadi kelebihan tipe kepribadian ESTJ meliputi:

  • Realistis dan praktis
  • Selalu bisa diandalkan
  • Percaya diri
  • Suka bekerja keras
  • Memiliki ikatan pada tradisi
  • Memiliki jiwa dan keterampilan untuk menjadi pemimpin

Kekurangan kepribadian ESTJ

Sederet sifat yang dapat menjadi kelemahan tipe kepribadian ESTJ adalah:

  • Kurang sensitif terhadap orang lain
  • Tidak fleksibel
  • Sulit kompromi
  • Kurang pandai mengekspresikan perasaan
  • Suka berdebat atau argumentatf
  • Cenderung bersikap bossy (gemar memerintah)

Hubungan personal dan karier bagi ESTJ

Walau banyak digunakan juga sebagai panduan pemilihan karier, penggunaan terbaik dari MBTI barangkali adalah sebagai sarana refleksi diri. Dengan memahami bagaimana kita dan orang lain mempersepsikan dunia serta mengambil keputusan, kita mungkin bisa lebih meningkatkan toleransi dan pengertian terhadap orang lain.

Sebagai individu yang ekstrovert, tipe kepribadian ESTJ mudah bergaul dan menikmati kebersamaan dengan orang lain. Mereka mampu meramaikan suasana, pandai melucu, dan senang menjadi pusat perhatian.

Keluarga merupakan hal yang sangat penting bagi para ESTJ dan mereka akan selalu berupaya memenuhi kewajibannya pada keluarga. Mereka juga tidak akan melupakan acara-acara tradisi keluarga maupun acara sosial.

Dari segi karier, orang tipe ESTJ dianggap cocok dengan peran pengawas karena mereka memandang aturan dan keteraturan sebagai hal yang bernilai. Sebagai pengawas, mereka akan memastikan tiap orang mematuhi tradisi dan hukum yang sudah ditetapkan oleh pihak berwenang.

Dalam bidang pendidikan dan dalam situasi kerja, orang ESTJ akan bekerja keras, berusaha mengikuti petunjuk yang sudah diberikan, dan sangat menghormati figur otoritas. Mereka biasanya tepat waktu dan jarang mengeluh soal kewajiban.

Bagaimana, apakah Anda menemukan kecenderungan kepribadian ESTJ pada diri Anda? Jika iya, Anda boleh saja mengisi tes MBTI secara online. Tapi untuk hasil yang pasti, Anda perlu melakukannya di biro psikologi yang terjamin. Dengan ini, hasilnya bisa lebih akurat.

Catatan dari SehatQ

Sesungguhnya, MBTI bukanlah tes yang memerlukan jawaban benar atau salah. Tipe kepribadian ESTJ tidaklah lebih baik atau lebih buruk dari tipe kepribadian lainnya.

Tujuan indikator kepribadian Myers-Briggs bukanlah untuk evaluasi kesehatan mental atau diagnosis masalah kesehatan mental.

Suatu penelitian menyatakan bahwa tes Myers-Briggs ini tidak 100 persen menggambarkan diri Anda. Diperlukan tes lainnya dari dokter spesialis kejiwaan untuk menganalisis kepribadian seseorang.

MBTI juga tidak bermaksud membandingkan hasil tes Anda dengan hasil tes orang lain. Tes bertujuan memberikan informasi dan pemahaman mengenai kepribadian unik Anda. Mungkin inilah yang membuat tes MBTI begitu populer.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/cutting-edge-leadership/201402/the-truth-about-myers-briggs-types
Diakes pada 20 April 2020

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/the-myers-briggs-type-indicator-2795583
Diakes pada 20 April 2020

Veywell Mind: https://www.verywellmind.com/estj-extraverted-sensing-thinking-judging-2795985
Diakes pada 20 April 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4746054/
Diakes pada 20 April 2020

Artikel Terkait