Mengenali Organ Pernapasan Manusia Secara Lengkap dan Tepat

Organ pernapasan manusia ada banyak, dimulai dari hidung, hingga terakhir ke diafragma
Organ pernapasan manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu atas dan bawah

Saat bernapas, ada banyak organ yang berperan dalam mengolah oksigen yang kita hirup. Organ pernapasan manusia bertanggung jawab dalam proses pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam tubuh.

Organ pernapasan manusia yang utama adalah paru-paru. Namun, sebelum udara bisa mencapai paru-paru, gas tersebut akan melewati organ-organ pernapasan lainnya seperti hidung, mulut, serta trakea.

Organ pernapasan manusia

Ada banyak organ yang berperan dalam proses pernapasan manusia. Organ pernapasan manusia, dapat dibagi dalam dua kelompok berdasarkan lokasinya, yaitu organ pernapasan atas dan organ pernapasan bawah.

1. Organ pernapasan manusia bagian atas

Ada empat organ pernapasan yang masuk dalam bagian atas, yaitu:

• Lubang hidung

Dalam pernapasan yang normal, udara masuk ke tubuh lewat lubang atau rongga hidung. Di dalamnya terdapat lapisan kulit dalam yang lengket, bernama membran mukosa.

Membran ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk. Debu, serta kotoran bersama udara yang kita hirup, akan disaring oleh rambut-rambut halus di dalam lubang hidung. Rambut halus tersebut dinamakan silia.

Oleh silia, kotoran yang tersaring, akan dikeluarkan melalui bersin. Itulah sebabnya, jika berada di ruangan yang berdebu, Anda akan bersin-bersin.

• Sinus

Sinus adalah lubang-lubang kecil di tulang tengkorak kita, yang tersambung dengan lubang hidung. Sinus berfungsi untuk mengatur suhu dan kelembapan dari udara yang kita hirup.

Selain itu, karena kehadirannya yang berupa lubang-lubang kecil, sinus berperan dalam meringankan berat tulang kepala. Organ pernapasan manusia yang satu ini juga ternyata berpengaruh pada suara yang kita hasilkan.

• Faring

Faring adalah istilah medis dari tenggorokan. Organ ini berfungsi untuk menangkap udara yang masuk dari hidung, dan meneruskannya ke trakea atau jalur udara.

• Laring

Laring, dapat juga disebut sebagai kotak suara. Saat udara keluar masuk melalui jalur pernapasan, maka akan ada suara yang dihasilkan. Di situlah laring berperan dalam menghasilkan suara. Di dalam laring, ada organ penting yang berperan dalam produksi suara, yaitu pita suara.

2. Organ pernapasan manusia bagian bawah

Pada bagian bawah, juga terdapat empat organ pernapasan manusia, yaitu:

• Trakea

Trakea bisa juga disebut sebagai jalur napas utama, yang menghubungkan organ pernapasan atas dengan paru-paru. Lokasinya terletak persis di bawah laring.

• Paru-paru

Fungsi paru-paru tentu sudah tidak lagi asing bagi Anda. Paru-paru adalah sepasang organ yang kenyal dan berisi udara yang terletak di kedua sisi dada dan merupakan organ pernapasan yang utama pada manusia. Paru-paru juga dianggap sebagai salah satu organ terbesar yang ada di tubuh kita.

• Bronkus

Trakea atau jalur udara utama, bentuknya mirip seperti huruf “Y” yang terbalik. Trakea adalah jalan lurus di atasnya, sedangkan cabangnya yang berjumlah dua buah, satu di kiri dan satu di kanan, bernama bronkus.

Bronkus yang merupakan cabang dari trakea, masuk langsung ke paru-paru. Di paru-paru, bronkus kembali bercabang, menjadi bronkiolus, dan menyediakan suplai udara untuk paru-paru.

• Diafragma

Diafragma adalah otot pernapasan. Letaknya ada di bawah paru-paru. Otot ini, akan berkontraksi saat kita menghirup udara, dan kemudian akan kembali rileksasi saat kita menghembuskannya.

Perjalanan udara dalam tubuh manusia

Saat kita bernapas, oksigen akan masuk melalui hidung atau mulut, lalu melewati sinus. Sesuai fungsi sinus yang telah dijelaskan di atas, suhu dari udara yang kita hirup akan diatur, begitu juga kelembabannya.

Dari sinus, udara kemudian masuk ke trakea, lalu diteruskan ke bronkus. Di bronkus, udara akan dialirkan secara merata ke seluruh paru-paru, melalui percabangannnya, yaitu bronkiolus.

Di ujung-ujung bronkiolus, terdapat kantong-kantong udara yang dinamakan alveolus. Dalam alveolus, akan terjadi pertukaran udara bersih atau oksigen yang baru dihirup, dengan udara kotor, atau karbon dioksida, yang merupakan produk sisa dari sirkulasi pernapasan.

Dari alveolus, karbon dioksida kemudian akan kembali dikeluarkan melalui organ-organ pernapasan, untuk dihembuskan keluar.

Gangguan pada organ pernapasan manusia

Saat udara yang dihirup kotor, cuaca sedang tidak menentu, atau alergi muncul, berbagai gangguan pada organ pernapasan manusia pun bisa terjadi. Dari sekian banyak penyakit pernapasan, beberapa di antaranya cukup sering terjadi, seperti di bawah ini.

1. Asma

Asma adalah kondisi yang disebabkan oleh peradangan pada saluran pernapasan. Selain menyebabkan penderitanya sesak napas, asma juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti batuk-batuk dan nyeri dada.

2. Pneumonia

Pneumona merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi kantung udara (alveolus) pada paru-paru. Infeksinya bisa dipicu oleh bakteri, virus, maupun jamur.

Pada beberapa orang, kondisi ini dapat reda dalam dua atau tiga minggu. Namun pada kasus-kasus tertentu, pneumonia yang parah bisa terjadi, bahkan hingga mengancam nyawa.

3. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Ada beberapa gangguan pernapasan yang masuk dalam PPOK. Gangguan ini, secara umum dapat menimbulkan gejala seperti sesak napas dan batuk berdahak.

Meski gejala yang dapat ditimbulkan tidak terlihat parah. Namun sebenarnya, PPOK adalah salah satu gangguan pernapasan yang paling berbahaya, karena sulit untuk disembuhkan.

4. Bronkitis kronis

Bronkitis kronis adalah salah satu penyakit yang masuk ke dalam PPOK. Gejala yang umum dialami penderita bronkitis kronis adalah batuk yang tidak kunjung sembuh.

5. Kanker paru-paru

Menurut data dari WHO, kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita di Indonesia. Selain karena minimnya kesadaran akan pencegahannya, kanker paru memang sulit untuk dideteksi.

Gejalanya akan muncul secara perlahan, dalam jangka waktu bertahun-tahun. Gejala yang khas muncul pada kanker paru-paru di antaranya:

Menjaga kesehatan organ pernapasan tentu adalah hal yang penting. Mulai sekarang, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi makanan maupun minuman yang kurang sehat. Berolahragalah secara teratur, agar hidup yang sehat dapat tercapai.

Live Science. https://www.livescience.com/22616-respiratory-system.html
Diakses pada 26 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/respiratory-system#1
Diakses pada 26 September 2019

Lung Association. https://www.lung.ca/lung-health/lung-info/respiratory-system
Diakses pada 26 September 2019

Unity Point. https://www.unitypoint.org/homecare/article.aspx?id=2448b930-1451-43e4-8634-c0c16707c749
Diakses pada 26 September 2019

WHO. https://gco.iarc.fr/today/data/factsheets/populations/360-indonesia-fact-sheets.pdf
Diakses pada 26 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed