Mengenal Zinc Oxide dan Beragam Manfaatnya bagi Kulit Anda

Kandungan zinc oxide punya banyak manfaat untuk kulit
Ilustrasi zinc oxide dalam bentuk bubuk putih

Pernahkah Anda mendengar zinc oxide? Meski terdengar asing di telinga, bahan ini kerap digunakan sebagai salah satu komponen dalam berbagai produk kecantikan, di antaranya kosmetik, produk kuku, lotion bayi, dan sabun mandi. Kandungan zinc oxide juga digunakan untuk sejumlah produk pelindung kulit, seperti salep ruam dan tabir surya.

Zinc oxide bukanlah bahan alami. Bahan ini dibuat dengan mengombinasikan zinc dan molekul oksigen. Kedua elemen tersebut diuapkan, dikondensasi, dan dibentuk menjadi bubuk putih yang halus dan mengkristal.

Manfaat zinc oxide

Dalam produk-produk kecantikan, seperti foundation, BB cream, dan pelembap wajah, persentase kandungan zinc oxide biasanya lebih rendah, yaitu sekitar 10-19 persen. Semakin sedikit zinc oxide yang digunakan, semakin sedikit efek perlindungan terhadap sinar UV yang diberikan.

Penggunaan zinc oxide dalam berbagai produk kecantikan dan pembersih bukan tanpa alasan. Bahan ini digunakan karena membawa banyak manfaat bagi kulit. Ingin tahu apa saja? Simak uraian berikut ini.

1. Mengobati jerawat

Untuk pengobatan jerawat, zinc oxide biasanya dikombinasikan dengan zat antiperadangan atau antibakteri lainnya. Gabungan elemen-elemen tersebut membantu menurunkan tingkat keparahan dan menghilangkan rasa sakit akibat jerawat atau hormon jerawat.

Beberapa perawatan untuk jerawat cenderung menyebabkan efek samping, seperti kemerahan, peningkatan sensitivitas terhadap sinar matahari, kekeringan, dan mengelupas. Namun, kabar baiknya adalah mengobati jerawat dengan menggunakan produk yang mengandung zinc oxide terbukti ampuh, bahkan untuk jerawat yang membandel.

2. Melindungi kulit dari sinar matahari

Zinc oxide memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet (UVA dan UVB) sehingga bahan ini digunakan dalam sebagian besar produk tabir surya yang beredar di pasaran.

Kandungan zinc oxide dalam tabir surya dapat mencegah kulit terbakar akibat sengatan matahari, namun kemampuan ini tergantung dengan jumlah zinc oxide yang digunakan. Persentase zinc oxide sangat bervariasi, biasanya sekitar 25-30 persen dan akan menentukan tingkat SPF dalam sebuah produk.

3. Mencegah infeksi bakteri

Zinc oxide dapat membantu menjaga bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi pada kulit dan bertindak sebagai agen penyembuhan pada kulit secara alami. Bahan ini juga bisa ditemukan dalam sejumlah produk yang digunakan untuk mengobati luka setelah operasi dan mengobati bisul atau luka.

Sebagai mineral, zinc oxide memiliki peran penting dalam mengatur fungsi enzim yang diperlukan untuk memperbaiki luka di lapisan terluar kulit (epidermis) dan membentuk kolagen atau jaringan ikat baru.

Sebuah penelitian di tahun 2003 dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa zinc oxide dapat membantu mengurangi infeksi bakteri. Proses ini dilakukan bukan dengan membunuh bakteri, melainkan dengan cara menghambat adhesi dan internalisasi bakteri.

Kini, banyak produk perawatan kulit dengan kandungan zinc oxide yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi kemerahan, pembengkakan, nyeri, dan peradangan karena penumpukan bakteri.

4. Membantu mengatasi ruam dan iritasi

Zinc oxide adalah bahan aktif yang umumnya terkandung dalam salep atau krim ruam. Penelitian menunjukkan bahwa salep yang mengandung zinc oxide membantu menjaga kulit dengan membentuk lapisan perlindungan terhadap iritasi dan bakteri. Dalam kasus ruam, zinc oxide sering digunakan untuk mengurangi peradangan.

Sebuah studi menemukan bahwa salep yang mengandung sekitar lima persen zinc oxide, dapat digunakan untuk menurunkan gejala iritasi pada bayi. Krim atau salep yang tidak mengandung pewangi atau pewarna tambahan, juga direkomendasikan untuk mengobati ruam, termasuk ruam parah, ruam popok pada bayi, dan mencegah gejalanya semakin memburuk.

5. Memiliki efek antipenuaan dan pemulihan

Zinc oxide tidak hanya membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, tetapi juga membantu meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit dan kolagen baru yang diperlukan untuk menjaga penampilan kulit agar awet muda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa merawat kulit yang rusak, kering, atau terluka dengan produk zinc oxide dapat mempercepat proses pemulihan pada kulit.

Zinc oxide juga dapat membantu mencegah penuaan dengan cara meningkatkan jumlah bahan aktif untuk kulit. Ini bisa Anda kombinasikan dengan produk antipenuaan lainnya untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Itulah beberapa manfaat zinc oxide dalam berbagai produk. Anda bisa memastikan kandungan zinc oxide dengan membaca komposisi bahan di belakang kemasan produk-produk kecantikan atau obat kulit yang ingin Anda beli.

Dermascope. https://www.dermascope.com/resources/7983-zinc-oxide-historical-uses-and-modern-benefits
Diakses pada 06 Juni 2020

Draxe. https://draxe.com/health/zinc-oxide-benefits/
Diakses pada 06 Juni 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/138323-the-benefits-zinc-oxide-skin/
Diakses pada 06 Juni 2020.

Artikel Terkait