Mengenal Yu Sheng, Makanan Khas Imlek yang Menyehatkan


Yu sheng adalah salad yang terbuat dari potongan ikan mentah dan sayuran dan dicampur dengan saus khusus. Di balik nama dan cara penyajiannya, makanan yang satu ini memiliki filosofi mendalam yang menjadi simbol pengharapan baik kala pergantian tahun.

(0)
05 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Yu sheng adalah makanan khas imlek yang terdiri dari sayur, ikan, dan sausYu sheng atau yee sang adalah makanan khas imlek yang berbentuk seperti salad
Tahun baru imlek selalu dirayakan dengan meriah setiap tahunnya. Selain pemberian ang pao, tradisi lain yang juga masih terus dijaga adalah menyajikan beragam makanan khas imlek, salah satunya yu sheng.Di balik nama dan cara penyajiannya, makanan yang satu ini memiliki filosofi mendalam yang menjadi simbol pengharapan baik kala pergantian tahun. Berikut ini serba-serbi yu sheng yang menarik untuk diketahui.

Apa itu yu sheng?

Yu sheng adalah makanan khas imlek yang dikonsumsi bersama-sama sambil diaduk dan diangkat tinggi-tinggi
Yu sheng, makanan khas imlek yang dikonsumsi bersama-sama
Yu sheng adalah salad yang terbuat dari potongan ikan mentah dan sayuran dan dicampur dengan saus khusus.
Nama yu sheng sendiri dalam bahasa mandarin berarti ikan mentah. Namun kata “yu” juga bisa diartikan sebagai keberuntungan dan “sheng” atau “sang” bisa diartikan sebagai tumbuh subur.
Mengonsumsi yu sheng saat tahun baru imlek tiba, memiliki makna pengharapan untuk sesuatu yang lebih baik di tahun yang baru.Tanpa makanan ini, merayakan tahun baru imlek bersama keluarga akan terasa kurang lengkap.Selain bahan-bahannya yang harus dipilih khusus, cara mengonsumsi yu sheng juga tidak biasa. Ada sebuah upacara atau langkah-langkah yang perlu diikuti sebelum salad ini bisa dinikmati.Sebelum menikmati yu sheng, keluarga akan berkumpul di meja makan dengan makanan tersebut tersaji di tengahnya. Setelah itu, semua anggota keluarga akan mengambil sumpit dan mengaduk salad tersebut sambil mengangkatnya setinggi mungkin secara bersama-sama.Selama proses pengadukan dan pengangkatan salad, kalimat “Loh hei” yang berarti untuk masa depan, diteriakkan secara bersamaan sebagai bentuk doa sekaligus selebrasi.Baca juga: Tips Mengajari Anak Menabung Angpao Tahun Baru Imlek

Bahan-bahan yu sheng menyehatkan untuk tubuh

Yu sheng terbuat dari sayur dan ikan yang sehat untuk tubuh
Yu sheng terbuat dari sayur dan ikan yang menyehatkan untuk tubuh
Yu sheng terdiri dari sayuran, ikan, dan saus. Setiap rumah biasanya memiliki gayanya sendiri dalam menyajikan makanan khas imlek ini.Beberapa mungkin menambahkan atau mengurangi variasi sayuran di dalamnya. Namun secara umum, berikut ini bahan-bahan yang sering digunakan untuk membuat yu sheng dan manfaatnya untuk kesehatan Anda.

1. Daun bawang

Daun bawang dalam bahasa mandarin disebut sebagai qiu tao yang mirip dengan kata lain dalam bahasa tersebut yang berarti ide.Memasukkan daun bawang dalam yu shang atau yang juga disebut ye shang, merupakan simbol dari pengharapan agar di tahun yang baru akan ada lebih banyak ide segar untuk mengembangkan usaha ataupun berkembang di segala aspek kehidupan.Dari sisi kesehatan, daun bawang sendiri baik dikonsumsi karena kaya akan vitamin A, C dan K yang baik untuk proses pembekuan darah.Selain itu, daun bawang juga mengandung mineral seperti zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan mangan yang berperan dalam pengaturan otak dan sistem saraf.

2. Timun

Timun atau ja kua dalam bahasa mandarin, yang berarti timbal balik, juga kerap dimasukkan dalam ye shang sebagai harapan di tahun yang baru ini, akan ada banyak hal baik yang diterima.Manfaat timun untuk kesehatan sendiri sangat beragam, mulai dari membantu mencegah penuaan dini karena sifat antioksidannya yang tinggi, melancarkan sistem pencernaan, hingga membantu mencegah dehidrasi.

3. Pepaya muda

Pepaya muda dalam bahasa mandarin disebut sebagai mog kua yang penyebutannya sama dengan kata yang memiliki imbalan terbaik. Sesuai artinya, mengonsumsi pepaya diharapkan bisa membuat diri kita mendapatkan imbalan yang terbaik akan segala yang dikerjakan.Buah pepaya umumnya dikenal sebagai buah yang baik untuk melancarkan pencernaan. Namun selain itu, buah ini juga bisa membantu menjaga kesehatan mata, mencegah asma, hingga baik untuk tulang.

4. Jahe putih dan merah

Jahe putih dan merah, memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa membantu menyingkirkan kuman yang mungkin masih terdapat pada ikan mentah sebagai campuran yu sheng.Rempah yang satu ini juga digunakan untuk menyingkirkan bau amis yang mungkin muncul. Jahe merah ditambahkan untuk memberikan manfaat yang sama, sekaligus menambah warna dalam sajian khas imlek tersebut.Baca Juga: Manfaat Rebusan Jahe, Sereh, dan Gula Merah untuk Kesehatan Tubuh

5. Wortel

Wortel ditambahkan ke dalam sajian yu sheng karena warnanya yang oranye menyala, menyerupai emas. Sayuran yang satu ini merupakan melambangkan gunung yang berisi banyak harta, yang diharapkan juga akan dimiliki keluarga.Saat mengonsumsi wortel, Anda juga akan mendapatkan serangkaian manfaat untuk kesehatan dari vitamin serta mineral yang ada di dalamnya.Wortel mengandung beta karoten, serat, vitamin K1, kalium, dan antioksidan. Hal ini membuatnya dipercaya dapat menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko kanker, menurunkan berat badan, hingga menurunkan kolesterol.

6. Lobak

Lobak merupakan salah satu sayuran paling terjangkau yang bisa didapatkan di tempat asal ye shang. Oleh karena itu, sayuran ini ditambahkan untuk menambah porsi agar makanan khas imlek tersebut bisa semakin mengenyangkan.Selain murah, lobak juga menyehatkan, karena mengandung vitamin C, folat, dan riboflavin alias vitamin B2. Lobak juga tinggi serat, sehingga baik untuk pencernaan.

7. Ikan

Jenis ikan yang digunakan untuk yu sheng bisa bermacam-macam. Tidak jarang, salmon mentah yang merupakan sumber asam lemak Omega-3 lah yang dipilih. Omega-3 adalah bahan yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

8. Saus plum

Saus plum biasanya adalah bagian yang tidak bisa tertinggal dari yu sheng. Penambahan saus ini memang lebih untuk memberikan rasa. Namun buah plum yang merupakan dasar dari saus ini sebenarnya juga bisa memberikan manfaat kesehatan.Buah plum sendiri dinilai berpotensi untuk membantu mengurangi kerusakan sel di tubuh, menyehatkan jantung, dan membantu menurunkan risiko diabetes. Namun, ketahanan manfaat ini ketika buah plum diolah menjadi saus, belum diteliti lebih lanjut.Selain bahan-bahan di atas, masih ada beberapa bumbu lain yang biasa ditambahkan pada yu sheng antara lain kacang tanah, five spice powder, hingga taburan pangsit goreng.Mengonsumsi yu sheng adalah tradisi yang hingga saat ini masih dipertahankan setiap tahun baru imlek. Di balik filosofinya untuk pengharapan kehidupan yang lebih baik, makanan yang satu ini rupanya juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.
makanan sehatmakanan mengandung omega 3buah dan sayuran
MIMS. https://today.mims.com/toast-to-good-health-with-8-lucky-chinese-new-year-eats
Diakses pada 5 Februari 2021
Singapore Infopedia. https://eresources.nlb.gov.sg/infopedia/articles/SIP_177__2009-01-08.html
Diakses pada 5 Februari 2021
Malaysian Tatler. https://my.asiatatler.com/dining/yee-sang-101-why-we-toss-what-does-it-symbolise
Diakses pada 5 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275517#benefits
Diakses pada 5 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-cucumber
Diakses pada 5 Februari 2021
Better Health Victoria. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ingredientsprofiles/Leeks
Diakses pada 5 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/carrots
Diakses pada 5 Februari 2021
Better Health Victoria. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ingredientsprofiles/Radish
Diakses pada 5 Februari 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/plums-nutrition-facts-calories-and-their-health-benefits-4114424
Diakses pada 5 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait