Vernix Caseosa, Lapisan Pelindung pada Kulit Bayi Baru Lahir

(0)
26 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Vernix caseosa adalah laipisan pelindung kulit bayi baru lahirVernix caseosa terdapat pada kulit bayi baru lahir
Pernahkah Anda memerhatikan terdapat lapisan berwarna putih pada kulit bayi baru lahir? Lapisan tersebut dikenal sebagai vernix caseosa. Lebih tepatnya, vernix caseosa adalah lapisan pelindung tebal berwarna putih seperti keju. Lapisan ini berkembang sejak bayi berada di dalam rahim, tapi mungkin masih ada hingga Si Kecil dilahirkan.Tidak banyak orang yang mengenal apa itu vernix caseosa. Sebetulnya, kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi dan tak perlu Anda khawatirkan. Mari kita kenali lebih jauh seputar vernix caseosa pada bayi baru lahir.

Kapan vernix caseosa muncul?

Vernix caseosa terdiri dari 80,5 persen air, 10,3 persen lemak, dan 9,1 persen protein. Di samping itu, lapisan ini juga bercampur dengan sebum dari kelenjar sebasea (minyak). Vernix caseosa biasanya muncul sekitar 19 minggu kehamilan, dan terus menebal hingga minggu ke-34. Beberapa minggu kemudian, vernix caseosa akan mulai mengelupas. Bayi yang cukup bulan biasanya masih memiliki vernix caseosa di kulitnya. Pada minggu ke-40, sebagian besar lapisan ini pun hilang. Jika bayi lahir melewati waktu kelahiran yang seharusnya, ia mungkin memiliki vernix caseosa yang lebih sedikit. Sementara itu, bayi prematur cenderung memiliki lebih banyak lapisan ini daripada bayi cukup bulan.

Fungsi vernix caseosa 

Kulit akan menjadi keriput dan pecah-pecah ketika terlalu banyak terkena air. Namun, hal ini tidak berlaku pada bayi meski ia berenang dalam cairan ketuban selama 40 minggu. Sebab, lapisan vernix caseosa melindungi kulit bayi dari cairan tersebut.Selain itu, lapisan ini juga membantu melindungi kulit bayi dari infeksi saat berada di dalam rahim. Beberapa fungsi vernix caseosa pada bayi baru lahir, yaitu:
  • Melumasi jalan lahir

Selain melindungi bayi dari cairan di dalam rahim, vernix caseosa juga dapat membantu melumasi jalan lahir karena teksturnya berminyak. Lapisan ini akan mengurangi gesekan berlebih saat bayi melewati jalan lahir selama proses persalinan.
  • Membantu mengatur suhu tubuh bayi

bayi baru lahir
Vernix caseosa membantu mengatur suhu tubuh bayi baru lahir
Di masa kehamilan, tubuh ibu berperan penting dalam mengatur suhu tubuh bayi. Sementara setelah lahir, bayi membutuhkan waktu untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri. Lapisan vernix caseosa pada bayi baru lahir berperan untuk membantu menstabilkan suhu tubuh Si Kecil secara alami.
  • Melembapkan kulit bayi

kulit bayi lembut
Vernix casesoa membuat kulit bayi lebih lembut
Vernix caseosa juga membuat kulit bayi lebih lembut dan halus setelah lahir. Sebab, lapisan seperti keju ini menjadi pelembap alami untuk bayi baru lahir sehingga mencegah kulitnya kering dan pecah-pecah.
  • Memiliki sifat antimikroba

Sistem kekebalan bayi baru lahir tidak sekuat orang dewasa sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Namun, lapisan vernix caseosa pada bayi baru lahir dapat membantu melindunginya dari infeksi setelah melahirkan karena mengandung antioksidan yang memiliki sifat antimikroba dan antiradang.Untuk menghilangkan sisa-sisa darah dan cairan ketuban dari kulit bayi baru lahir, mintalah perawat untuk mengelapnya dengan kain lembut. Anda dapat mempertahankan vernix caseosa pada bayi baru lahir untuk sementara dengan tidak memandikannya selama 24 jam pertama setelah ia lahir ke dunia. Hal ini juga akan memberikan lebih banyak waktu bagi Anda dan bayi untuk melakukan kontak kulit ke kulit dalam beberapa jam setelah kelahiran.Akan tetapi, jika bayi lahir dengan korioamnionitis (radang selaput ketuban) atau air ketuban keruh, maka ia harus segera dimandikan untuk mengurangi risiko infeksi. Selain itu, jika bayi lahir dari ibu yang menderita penyakit menular, seperti HIV atau hepatitis, juga harus dimandikan secepatnya untuk mencegah penularan penyakit.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar vernix caseosa, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayimerawat bayibayi baru lahir
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK559238/
Diakses pada 15 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/vernix-caseosa#Should-you-delay-your-babys-first-bath?
Diakses pada 15 Maret 2021
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/newborns/vernix-caseosa/
Diakses pada 15 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait