logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Mengenal Umami, Rasa Gurih yang Diciptakan oleh Sejumlah Makanan

7 Jan 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Umami adalah rasa gurih yang tercipta saat mengonsumsi makanan tertentu.

Kimchi adalah makanan fermentasi yang memiliki rasa gurih atau umami.

Table of Content

  • Apa itu umami?
  • Makanan dengan rasa umami yang menyehatkan
  • Catatan dari SehatQ

Pernah mendengar sebutan umami saat sedang melahap makanan? Umami adalah salah satu dari lima rasa dasar yang dapat dirasakan oleh lidah saat kita mengecap makanan. Untuk mengenal lebih jauh seputar umami dan sumber-sumber makanannya, simak penjelasan dalam artikel ini.

Advertisement

Apa itu umami?

Selain rasa manis, pahit, asam, dan asin, ada satu jenis rasa lagi yang perlu Anda kenali, yaitu umami. Umami adalah rasa gurih yang dapat dirasakan lidah setelah mengonsumsi makanan mengandung glutamat, inosinat, atau guanilat.

Sebutan “umami” sendiri datang dari bahasa Jepang, yang berarti "rasa gurih yang menyenangkan".

Sebagian besar komponen umami dapat ditemukan pada makanan yang tinggi protein. Jadi, rasa umami dapat memberi sinyal pada lidah bahwa makanan yang sedang dikonsumsi mengandung protein.

Mulut akan memproduksi air liur dan mencerna protein yang dikandung oleh makanan umami tersebut sebagai respons terhadap sinyal tersebut.

Makanan dengan rasa umami yang menyehatkan

Selain rasanya lezat, beberapa makanan dengan rasa umami ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sejumlah makanan bernutrisi tinggi dengan rasa umami adalah sebagai berikut:

1. Rumput laut

Rumput laut adalah makanan bernutrisi tinggi yang mengandung banyak antioksidan. Rumput laut dianggap sebagai makanan dengan rasa umami karena mengandung glutamat.

Salah satu rumput laut yang mengandung banyak glutamat adalah nori. Di dalam 100 gram rumput laut nori, terdapat 550-1.350 miligram glutamat di dalamnya.

2. Produk olahan kedelai

Tempe adalah produk olahan kedelai yang memiliki rasa umami
Jangan remehkan tempe, makanan umami yang baik untuk kesehatan!

Ada banyak makanan yang diolah dari kedelai, seperti tempe, tahu, hingga miso. Proses fermentasi produk kedelai ini meningkatkan kadar glutamat yang dikandungnya. Misalnya, 100 gram miso mengandung 200-700 miligram glutamat.

Produk olahan kedelai juga sangat baik untuk kesehatan. Menurut studi, produk olahan kedelai dapat menurunkan kolesterol, meningkatkan kesuburan wanita, hingga meredakan gejala menopause.

3. Kimchi

Kimchi adalah makanan khas Korea yang terbuat dari rempah-rempah dan sayuran. Sebelum siap dihidangkan, kimchi harus melalui proses fermentasi dengan bakteri Lactobacillus.

Proses fermentasi ini menghadirkan enzim protease yang mampu memecah molekul protein menjadi asam amino. Proses ini menyebabkan kandungan glutamat di dalam kimchi meningkat.

Kimchi juga dianggap mampu menyehatkan sistem pencernaan karena makanan ini mengandung probiotik.

4. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menjaga berat badan ideal.

Teh ini juga memiliki rasa umami karena mengandung glutamat. Dalam 100 gram teh hijau kering, terdapat 220-670 miligram glutamat di dalamnya.

5. Makanan laut

Berbagai macam makanan laut memiliki rasa gurih atau umami karena mengandung glutamat dan inosinat. Misalnya, ikan tuna yang mengandung 1-10 miligram glutamat dan 250-360 miligram inosinat.

Selain itu, mengonsumsi ikan juga bisa membawa manfaat untuk kesehatan karena makanan ini mengandung kalsium, fosfor, asam lemak omega-3, hingga protein.

6. Daging

Berbagai macam daging, seperti daging sapi atau ayam, memiliki rasa umami karena mengandung glutamat dan inosinat.

Di dalam 100 gram daging sapi, terdapat 10 miligram glutamat dan 80 miligram inosinat. Sementara itu, daging ayam mengandung 20-50 miligram glutamat dan 150-230 inosinat.

7. Tomat

Tomat adalah sumber rasa umami dari tumbuhan yang sangat lezat dan menyehatkan. Tomat mengandung 150-250 miligram asam glutamat per 100 gram-nya. Mengeringkan tomat juga bisa memperkuat rasa umaminya.

Tomat adalah makanan yang sangat menyehatkan karena mengandung vitamin C, vitamin K, kalium, folat dan antioksidan.

8. Jamur

Jamur merupakan makanan yang dianggap memiliki rasa umami
Rasanya yang gurih menjadikan jamur sebagai makanan umami

Berbagai macam jenis jamur memiliki rasa umami yang kuat karena kandungan glutamat-nya yang cukup tinggi. Misalnya, jamur shimeji mengandung 140 miligram glutamat. Sedangkan jamur enoki mengandung 90-134 glutamat. Selain gurih, jamur juga diperkaya dengan berbagai macam vitamin dan mineral.

9. Keju

Keju adalah makanan dengan rasa umami yang sangat menyehatkan. Saat usia keju sudah semakin matang, protein yang dikandungnya akan terpecah menjadi asam amino. Proses ini menyebabkan kandungan glutamatnya meningkat sehingga rasa gurihnya semakin terasa.

Keju parmesan mengandung glutamat paling tinggi, yakni sekitar 1.200-1.680 miligram glutamat. Sedangkan keju cheddar mengandung 120-180 miligram glutamat. Semakin tua usia keju, semakin kuat juga rasa umaminya.

10. Kentang

Kentang mengandung serat, vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang bisa mencegah penyakit dan menyehatkan tubuh Anda. Makanan ini juga merupakan salah satu sumber alami umami. Di dalam 100 gram kentang, terdapat sekitar 30-100 miligram glutamat yang dikandungnya.

11. Jagung

Jagung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah sembelit, menjaga kesehatan jantung, hingga mencegah diabetes tipe 2. Selain menyehatkan tubuh, jagung ternyata memiliki rasa umami karena mengandung sekitar 70-110 miligram glutamat.

12. Bawang putih

Pernahkah Anda bertanya mengapa bawang putih sering digunakan sebagai bumbu dapur dalam banyak masakan? Bawang ini ternyata memiliki rasa umami yang bisa melezatkan makanan. Di dalam 100 gram bawang putih, terdapat 100 miligram glutamat.

Baca Juga

  • Mengenal HIIT, Olahraga yang Bakar Banyak Kalori dalam Waktu Singkat
  • Mengenal 8 Manfaat Buah Lobi-lobi untuk Kesehatan
  • 8 Cara Kreatif Mengolah Makanan Sisa Tanpa Menyumbang Limbah ke TPA

Catatan dari SehatQ

Umami adalah rasa gurih yang terdapat pada berbagai makanan berprotein tinggi. Selain meningkatkan nafsu makan, beberapa makanan dengan rasa umami juga dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan dan ingin bertanya dengan dokter, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!

Advertisement

makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved