Mengenal Trypanophobia, Rasa Takut Suntik yang Dapat Menghambat Perawatan Medis

(0)
22 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Trypanophobia menyebabkan penderitanya takut akan suntikan atau jarum suntikTrypanophobia lebih sering dialami oleh anak-anak
Trypanophobia adalah ketakutan secara ekstrem terhadap prosedur medis yang melibatkan suntikan atau jarum suntik. Fobia Ini biasanya terjadi pada anak-anak. Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang yang mengalami trypanophobia mampu menoleransi sensasi tusukan jarum suntik setelah dewasa.Akan tetapi, sebagian orang dapat mengalami trypanophobia hingga dewasa. Bahkan, ketakutan ini bisa sangat kuat dan berlebihan sehingga membuat mereka kesulitan mendapatkan berbagai prosedur medis yang diperlukan lewat suntikan, misalnya vaksinasi.

Penyebab trypanophobia

Penyebab seseorang bisa memiliki trypanophobia tidak dapat dipastikan. Namun, secara umum ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya takut disuntik dokter ini, seperti:
  • Pengalaman traumatis yang berkaitan dengan objek atau situasi tertentu.
  • Riwayat fobia di dalam keluarga (genetik atau dipelajari).
  • Perubahan kimiawi dalam otak.
  • Fobia di masa kanak-kanak yang muncul saat usia 10 tahun.
  • Memiliki temperamen yang sensitif atau negatif.
  • Mempelajari informasi atau pengalaman negatif seputar trypanophobia.
Ada yang menganggap kemungkinan terbesar penyebab trypanophobia adalah riwayat pada keluarga (keturunan). Dilansir dari Very Well Mind, sekitar 80 persen penderita trypanophobia memiliki kerabat dekat dengan fobia yang sama. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa takut suntik ini merupakan hasil adaptasi dari evolusi manusia.Selain itu, trypanophobia juga dapat berkembang karena beberapa kondisi atau pengalaman negatif yang berkaitan dengan jarum suntik, seperti:
  • Ingatan akan pengalaman disuntik yang menyakitkan dan kembali dicipu saat melihat jarum sehingga memunculkan kenangan buruk dan kecemasan berlebihan.
  • Pingsan atau pusing akibat refleks vasovagal saat ditusuk jarum.
  • Ketakutan berlebihan terkait medis.
  • Sensitif terhadap nyeri sehingga memiliki kecemasan tinggi dan takut disuntik dokter.

Gejala trypanophobia

Trypanophobia dapat mengganggu Anda dalam menerima perawatan medis yang mungkin diperlukan. Sehingga, ketika akan disuntik atau tahu akan menjalani prosedur medis yang berkaitan dengan jarum suntik, Anda dapat mengalami berbagai gejala yang cukup berat secara fisik dan mental.Gejala-gejala yang mungkin Anda rasakan ketika menghadapi suntikan, di antaranya:
  • Pusing
  • Pingsan
  • Insomnia
  • Sesak napas
  • Mulut kering
  • Mual
  • Gemetar
  • Kecemasan
  • Serangan panik
  • Tekanan darah tinggi
  • Jantung berdebar-debar
  • Menghindari atau melarikan diri dari perawatan medis yang harus dilakukan.
Gejala-gejala tersebut mungkin dapat muncul dalam beberapa saat, berjam-jam, atau berhari-hari sebelum disuntik. Selain itu, gejala yang muncul juga mungkin beragam pada setiap orang. Bisa saja tekanan darah Anda mendadak tinggi dan jantung berdebar kencang sebelum disuntik, tapi tiba-tiba tekanan darah turun drastis dan Anda kemudian pingsan saat akan disuntik.

Cara mengatasi trypanophobia

Penderita trypanophobia dapat melewatkan prosedur medis yang ia perlukan atau sifatnya penting bagi dirinya. Maka dari itu, walaupun ada berbagai prosedur medis tanpa jarum suntik, mengatasi takut suntik penting untuk dilakukan.Tujuan dari perawatan trypanophobia adalah mengatasi penyebab utama takut suntik yang Anda alami. Karena penyebab trypanophobia mungkin berbeda pada setiap orang, maka perlakuan dan jenis perawatan yang diberikan juga mungkin berbeda. Beberapa jenis perawatan yang dapat dilakukan bagi penderita trypanophobia adalah:

1. Terapi perilaku kognitif (CBT)

Terapi perilaku kognitif merupakan terapi yang memiliki efektivitas tinggi untuk mengatasi takut suntik. Anda akan menjalani sesi terapi bersama terapis untuk mempelajari ketakutan Anda dan pengaruhnya terhadap Anda. Terapi ini akan membantu Anda merasa lebih percaya diri, serta mampu menguasai pikiran dan perasaan Anda saat berhadapan dengan sumber ketakutan (jarum suntik).

2. Desensitisasi sistematis

Terapi desensitisasi akan secara bertahap memaparkan Anda pada jarum suntik dan pikiran terkait yang dipicunya. Kondisi terapi akan berada, tapi tentunya dalam pengaturan yang aman dan terkendali.Misalnya, Anda akan memulai dengan melihat tabung suntik tanpa jarum atau mungkin foto jarum suntik. Selanjutnya, Anda akan melihat tabung suntik dengan jarum, memegang jarum suntik, sampai membayangkan disuntik. Hingga akhirnya Anda dapat menguasai pikiran dan perasaan Anda terkait jarum suntik.

3. Pemberian obat-obatan

Pemberian obat-obatan untuk trypanophobia hanya diperlukan jika Anda sangat stres dan tidak mau menerima terapi. Anda mungkin diresepkan obat anticemas dan obat penenang untuk merilekskan tubuh dan mengurangi gejala trypanophobia. Obat ini mungkin diberikan sebelum Anda menjalani prosedur medis yang memerlukan jarum suntik.Dengan melakukan berbagai cara mengatasi trypanophobia di atas, niscaya ketakutan Anda terhadap suntikan bisa sepenuhnya diatasi.Apabila Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mentalfobia
Healthline. https://www.healthline.com/health/trypanophobia#symptoms
Diakses 8 Maret 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/trypanophobia-2671700#symptoms-of-trypanophobia
Diakses 8 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait