Mengenal Tribulus Terrestris, Suplemen Herbal Peningkat Libido

(0)
01 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tribulus terrestris adalah tanaman berbunga yang kerap dijadikan sebagai suplemen peningkat libidoTanaman bunga Tribulus terrestris kerap digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda India
Tribulus terrestris mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Tribulus terrestris adalah tanaman berbunga yang berasal dari keluarga Zygophyllaceae. Tanaman ini telah digunakan sejak dulu dalam pengobatan tradisional Cina dan pengobatan Ayurveda India. Kini, Tribulus terrestris tersedia dalam bentuk suplemen. Banyak orang yang menggunakannya untuk berbagai manfaat potensial, terutama dalam meningkatkan gairah seksual. Namun, benarkah ampuh?

Tribulus terrestris bisa tingkatkan libido

Banyak produk suplemen Tribulus terrestris yang mengklaim jika dapat meningkatkan hormon testosteron pada manusia. Akan tetapi, para peneliti menemukan bahwa suplemen tersebut tak dapat meningkatkannya. Pada penelitian lain, Tribulus terrestris memang dapat meningkatkan testosteron pada hewan, namun hasilnya tak terlihat pada manusia.Meski tak dapat meningkatkan testosteron, namun Tribulus terrestris dapat meningkatkan libido. Beberapa peneliti menemukan bahwa saat pria yang mengalami penurunan dorongan seks mengonsumsi 750-1.500 mg suplemen Tribulus terrestris setiap hari selama dua bulan, hasrat seksualnya akan mengalami peningkatan sebesar 79%.Bukan hanya pria, 67% wanita dengan libido yang sangat rendah mengalami peningkatan hasrat seksual setelah mengonsumsi 500-1.500 mg suplemen Tribulus terrestris selama 90 hari. Akan tetapi, pada pria yang terkena disfungsi ereksi, penggunaan suplemen tersebut menunjukkan hasil yang beragam.Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 800 mg suplemen Tribulus terrestris per hari kemungkinan tidak efektif mengobati disfungsi ereksi. Namun, laporan lain menunjukkan bahwa dengan dosis 1.500 mg per hari terjadi peningkatan yang signifikan dalam ereksi dan kepuasan seksual. Meski tampaknya dapat meningkatkan libido pada pria dan wanita, namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat sejauh mana efeknya bagi seksualitas.

Manfaat Tribulus terrestris yang lain untuk kesehatan

Selain meningkatkan gairah seksual, ternyata ada manfaat lain yang dimiliki Tribulus terrestris bagi kesehatan, seperti:
  • Membantu mengontrol gula darah dan kolesterol

Satu studi meneliti efek dari mengonsumsi 1.000 mg Tribulus terrestris per hari pada 98 wanita penderita diabetes tipe-2. Setelah tiga bulan, wanita yang mengonsumsi suplemen herbal tersebut memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang lebih rendah dibanding yang menggunakan plasebo. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa tribulus terrestris dapat mengurangi kadar gula darah, membantu melindungi kerusakan pembuluh darah, dan membantu mencegah peningkatan kolesterol. Akan tetapi, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai manfaat ini.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Penelitian terhadap tikus menunjukkan bahwa Tribulus terrestris dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan sebuah studi tabung juga menemukan jika tanaman ini memiliki efek anti-peradangan. Sementara, dosis tinggi suplemen Tribulus bisa meredakan nyeri pada tikus. Sayangnya, bukti akan hal ini masih terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut pada hewan maupun manusia.

Kemungkinan efek samping Tribulus terrestris

Terdapat beberapa kekhawatiran jika Tribulus terrestris dapat memicu efek samping, seperti peningkatan detak jantung dan kegelisahan. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa Tribulus dapat meningkatkan berat prostat sehingga pria yang menderita hipertrofi prostat jinak atau kanker prostat harus menghindari penggunaan herbal ini.Mengonsumsinya dalam kombinasi dengan obat diabetes juga jangan dilakukan karena dapat menyebabkan gula darah menjadi sangat rendah. Selanjutnya, menurut suatu laporan terdapat seorang pria berusia 36 tahun yang didiagnosis menderita priapismus atau ereksi berkepanjangan dan menyakitkan setelah mengonsumsi suplemen herbal yang mengandung Tribulus. Mengenai dosis penggunaan bisa bervariasi, namun berdasarkan studi untuk penurunan gula darah digunakan 1.000 mg per hari. Sementara untuk peningkatan libido menggunakan dosis antara 250-1.500 mg per hari. Harap berhati-hati karena Tribulus terrestris juga dapat menyebabkan alergi seperti ruam gatal pada kulit, sesak napas, hingga penurunan kesadaran. Sebaiknya, sebelum menggunakan suplemen Tribulus terrestris pastikan keamanan kondisi Anda dengan berkonsultasi pada dokter.
suplemensekshubungan seksualtips seksherbal
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tribulus-terrestris#section7
Diakses pada 15 Mei 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/tribulus-benefits-uses-tips-and-more-89589
Diakses pada 15 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait