Mengenal Tinted Moisturizer dan Cara Menggunakannya


Tinted moisturizer adalah produk kecantikan yang berfungsi sebagai alas make up. Apa fungsi tinted moisturizer dan apa bedanya tinted moisturizer dan foundation?

(0)
Tinted moisturizer cocok digunakan oleh Anda yang ingin memiliki riasan wajah natural dan ringan di wajahTinted moisturizer adalah produk kecantikan yang formulanya lebih ringan dibandingkan foundation
Tinted moisturizer adalah salah satu produk kecantikan yang muncul berkat maraknya tren make up natural atau ‘make up no make up look’ beberapa waktu lalu. Apa itu tinted moisturizer dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa yang dimaksud tinted moisturizer?

Sesuai namanya, tinted moisturizer adalah pelembap yang memiliki efek tint di dalamnya. Sama seperti foundation dan BB cream memiliki range warna yang berbeda-beda sesuai jenis kulit Anda.Tinted moisturizer atau dikenal pula dengan istilah pelembap berwarna mempunyai formula yang lebih ringan dibandingkan foundation dan BB cream.Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menggunakan alas make up yang ringan di wajah tetapi dapat memberikan coverage bagus, tinted moisturizer bisa menjadi pilihannya. Tinted moisturizer cocok digunakan oleh bagi pemilik kulit kering dan Anda yang ingin menampilkan riasan wajah natural, tetapi terasa ringan di wajah.Akan tetapi, fungsi tinted moisturizer tidak dapat menutupi masalah di wajah. Sebut saja, noda hitam bekas jerawat, warna kulit tidak merata, jerawat yang meradang, garis-garis halus, atau keriput sepenuhnya dengan sempurna. Anda masih membutuhkan penggunaan concealer untuk menyamarkan masalah kulit tersebut. 

Apa saja kandungan di dalam tinted moisturizer

Tinted moisturizer adalah pelembap berwarna
Tinted moisturizer memiliki range warna berbeda sesuai warna kulit 
Tinted moisturizer menggunakan zat pelarut (air) dan mengandung campuran humektan (bahan kimia yang mengikat air pada kulit), serta emolien (bahan kimia berminyak yang berfungsi menghaluskan kulit dan menciptakan penghalang kelembapan). Banyaknya kadar humektan dalam tinted moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Pelembap berwarna ini juga mengandung emolien (minyak dan air) serta surfaktan untuk menjaga air dan bahan yang larut dalam minyak tercampur menjadi satu. Selain itu, layaknya produk make up lain, tinted moisturizer mengandung bahan pengawet agar bebas bakteri, serta bahan aktif untuk mengontrol ketebalan produk dan kadar pH. Tak hanya mengandung besi oksida dan titanium dioksida, tinted moisturizer mengandung zat aktif yang berfungsi untuk melembapkan kulit lebih banyak daripada foundation dan BB cream, yakni hyaluronic acid dan gliserin.

Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan tinted moisturizer?

Ada kelebihan dan kekurangan menggunakan tinted moisturizer
Fungsi tinted moisturizer adalah melembapkan kulit wajah
Beberapa kelebihan menggunakan tinted moisturizer, antara lain:
  • Melembapkan dan menghidrasi kulit wajah.
  • Tidak menyumbat pori-pori.
  • Teksturnya terasa ringan di kulit.
  • Formulanya lebih ringan dibandingkan BB cream dan foundation.
  • Memiliki range warna yang beragam.
  • Cocok digunakan oleh remaja dan perempuan usia 20-an awal. Sebab, pada rentang usia tersebut umumnya belum memiliki masalah kulit wajah yang berarti.
Kendati demikian, adapun kekurangan menggunakan tinted moisturizer adalah sebagai berikut.:
  • Tidak dapat menyamarkan masalah kulit, seperti noda hitam bekas jerawat, jerawat meradang, kerutan, garis halus di wajah, dengan sempurna.
  • Tidak terlalu cocok bila digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Jika pemilik kulit berminyak ingin menggunakan tinted moisturizer, pilihlah produk yang berbahan dasar air, tidak mengandung minyak sama sekali, serta berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori.
  • Tidak dapat bertahan lama pada kulit.
  • Kandungan SPF di dalam tinted moisturizer sangat sedikit atau kecil. 

Apa bedanya tinted moisturizer dan foundation

Sama-sama berfungsi sebagai alas make up, beberapa orang mungkin masih sulit membedakan tinted moisturizer dan foundationAdapun perbedaan tinted moisturizer dan foundation dapat dilihat dari fungsi dan jenis kulit yang cocok menggunakan.Berikut adalah penjelasan mengenai bedanya tinted moisturizer dan foundation selengkapnya. 

1. Fungsi

Salah satu beda tinted moisturizer dan foundation bisa dilihat melalui fungsinya. Fungsi tinted moisturizer sama halnya seperti pelembap pada umumnya, yakni melembapkan wajah sekaligus mampu menyamarkan masalah kulit wajah yang ringan. Meski mampu melembapkan berkat pigmen warna yang terkandung di dalamnya, jenis pelembap ini tidak mampu memberi coverage yang sempurna. Sedangkan, foundation mampu memberi warna yang lebih banyak dengan tekstur lebih berat sehingga mampu memberi coverage yang sempurna bagi masalah kulit wajah Anda. Kendati demikian, foundation memiliki fungsi melembapkan kulit yang lebih lemah. 

2. Jenis kulit yang cocok menggunakannya

Perbedaan tinted moisturizer dan foundation bisa dilihat dari jenis kulit yang cocok menggunakannya. Tinted moisturizer biasanya digunakan oleh pemilik kulit kering dan orang yang tidak memerlukan coverage penuh pada riasan wajahnya. Sedangkan, foundation bisa digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan orang-orang yang membutuhkan coverage penuh untuk riasan wajahnya. Baca Juga: Selain Tinted Moisturizer, Kenali Apa Itu BB Cream dan CC Cream?Untuk memilih mana yang lebih baik kulit di antara tinted moisturizer dan foundation, Anda perlu melakukan eksperimen dengan kedua produk alas make up ini. Anda pun bisa saja menemukan ada merek foundation di pasaran yang mampu memberikan coverage yang sama dengan tinted moisturizer dari merek lain. Jadi, tak ada salahnya untuk coba cari tahu mana yang cocok untuk kulit Anda di antara tinted moisturizer dan foundation. Baca Juga: Cara Memilih Foundation yang Bagus Sesuai Jenis Kulit Wajah

Bagaimana cara menggunakan tinted moisturizer yang tepat?

Cara menggunakan tinted moisturizer yang tepat harus benar
Oleksan tinted moisturizer secukupnya pada wajah
Setelah mengetahui apa yang dimaksud tinted moisturizer serta kelebihan dan kekurangannya, kini saatnya Anda menggunakan tinted moisturizer dengan tepat melalui langkah di bawah ini:

1. Selalu oleskan sunscreen terlebih dahulu

Salah satu cara menggunakan tinted moisturizer yang utama adalah mengoleskan sunscreen atau tabir surya terlebih dahulu. Sebab, umumnya pelembap berwarna mengandung kadar SPF yang sedikit. Maka dari itu, dibutuhkan produk perawatan kulit mengandung SPF terpisah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

2. Pakai pelembap

Meski tinted moisturizer adalah pelembap,pemilik kulit sangat kering disarankan untuk menggunakan pelembap terlebih dahulu sebelum mengoleskan tinted moisturizer. Hal ini bertujuan agar kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik.Sedangkan, bagi pemilik kulit normal, gunakan pelembap berwarna setelah membersihkan wajah dan mengoleskan serum wajah.

3. Oleskan tinted moisturizer

Cara menggunakan tinted moisturizer yang tepat adalah menuangkannya ke punggung telapak tangan dalam jumlah yang cukup. Kemudian, oleskan tinted moisturizer tipis-tipis ke seluruh wajah, yakni mulai dari dahi, turun ke pipi, dagu, hingga leher. Selanjutnya, ratakan pelembap berwarna tersebut menggunakan jari-jari tangan secara lembut.

4. Gunakan produk make up lainnya

Cara menggunakan tinted moisturizer bisa dilanjutkan dengan penggunaan produk make up lainnya. ika Anda ingin tampilan wajah yang natural atau dewy, cukup gunakan tinted moisturizer dan tambahkan puilasan bedak, blush on, pensil alis, dan lipstik. 

5. Pakai concealer

Anda bisa menambahkan penggunaan concealer sebagai tahapan merias wajah berikutnya.Fungsi concealer adalah untuk menutupi atau menyamarkan masalah kulit wajah. Concealer juga dapat membantu tinted moisturizer dapat bertahan lebih lama pada kulit. 

Catatan dari SehatQ

Tinted moisturizer adalah pelembap yang memiliki efek tint di dalamnya. Tinted moisturizer atau dikenal pula dengan istilah pelembap berwarna mempunyai formula yang lebih ringan dibandingkan foundation. Penggunaan tinted moisturizer sebenarnya hanya menjadi sebatas pilihan guna mendukung aspek kenyamanan saat Anda merias wajah.Jika penggunaan tinted moisturizer menimbulkan masalah kulit wajah yang lebih parah, sebaiknya hentikan penggunaannya dan berkonsultasi dengan dokterJangan lupa, temui juga produk kecantikan wajah favorit Anda di Toko Online SehatQ.
makeupproduk kecantikan
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/what-is-a-tinted-moisturizer-and-what-are-its-benefits/
Diakses pada 23 Mei 2020
Instyle. https://www.instyle.com/tinted-moisturizer-facts
Diakses pada 23 Mei 2020
Self. https://www.self.com/story/how-to-choose-foundation-or-tinted-moisturizer
Diakses pada 23 Mei 2020
Skincare. https://www.skincare.com/article/bb-cream-vs-tinted-moisturizer
Diakses pada 23 Mei 2020
Dermstore. https://www.dermstore.com/blog/tinted-moisturizer-vs-foundation-vs-bb-cream/
Diakses pada 23 Mei 2020
Self. https://www.self.com/story/how-to-choose-foundation-or-tinted-moisturizer
Diakses pada 1 Januai 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait