Ketahui Manfaat Tetes Air Mata Buatan untuk Atasi Mata Kering


Air mata buatan berfungsi untuk melumasi mata. Biasanya tetes air mata buatan digunakan untuk mengatasi mata kering yang biasanya disebabkan karena udara dingin, menatap layar terlalu, maupun efek konsumsi obat-obatan tertentu.

0,0
12 Jul 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Obat tetes air mata buatan berfungsi untuk melembapkan mataTetes air mata buatan membantu atasi mata kering
Pernahkah Anda merasa mata kering dan perih terutama setelah menatap layar komputer selama berjam-jam? Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan tetes air mata buatan.Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai air mata buatan dan fungsinya bagi mata.

Apa itu air mata buatan?

Air mata buatan adalah obat tetes mata yang digunakan untuk melumasi mata kering dan membantu menjaga kelembapan pada permukaan luar mata. Obat tetes mata dapat digunakan untuk mengobati mata kering akibat penuaan, obat-obatan tertentu, kondisi medis, operasi mata atau faktor lingkungan, seperti udara dingin atau berasap.Obat tetes mata tersedia tanpa resep. Tidak ada merek tunggal yang paling cocok untuk setiap bentuk mata kering. Jadi, Anda mungkin perlu mencoba beberapa merek berbeda sebelum menemukan yang paling cocok untuk Anda. Selain melumasi mata, beberapa merek obat tetes air mata buatan juga meningkatkan penyembuhan mata dan mengurangi penguapan air mata. Obat tetes mata mengandung zat pengental yang membuat kelembapan di permukaan mata bertahan lebih lama.

Fungsi air mata buatan

Obat tetes mata digunakan untuk meredakan mata kering dan iritasi. Penyebab umum mata kering adalah angin, matahari, pemanas ruangan, pendingin ruangan atau AC, membaca, melihat laptop, dan obat-obatan tertentu. Air mata buatan mengandung pelumas yang menjaga kelembapan mata, membantu melindungi mata dari cedera dan infeksi, serta mengurangi gejala mata kering seperti terbakar, gatal, dan terasa ada yang mengganjal pada mata.Meskipun air mata buatan tak akan menggantikan air mata alami dengan sempurna, produsen air mata buatan mencoba mensimulasikan lapisan air mata alami atau setidaknya satu dari tiga lapisan untuk memperbaiki kekurangan air mata alami. Karena ada begitu banyak merek air mata buatan yang berbeda, terkadang membingungkan untuk menentukan mana yang terbaik untuk mata Anda. Beberapa air mata buatan ada yang berbentuk cair, ada juga yang kental hampir seperti gel. Hal ini karena sebagian besar air mata buatan mengandung hydrogel atau partikel yang bekerja meningkatkan kelembapan di mata untuk jangka waktu yang lebih lama.Beberapa air mata buatan tampak bekerja lebih baik di mata Anda karena mengandung lebih banyak hidrogel daripada yang lain.

Memilih air mata buatan yang tepat

Sebelum memilih air mata buatan yang tepat, sebaiknya Anda mengetahui beberapa jenis air mata buatan berikut ini:
  • Air mata buatan dengan pengawet

Air mata buatan ada yang mengandung pengawet, ada yang tidak. Pengawet di dalamnya tidak akan membahayakan mata. Namun bagi Anda yang memiliki sindrom mata kering parah dan memiliki reaksi alergi atau sensitivitas, obat tetes air mata buatan dengan pengawet malah akan memperburuk kondisi mata. Pengawet yang sering digunakan yaitu  BAK atau benzalkonium klorida harus dihindari untuk individu yang memiliki mata sensitif.
  • Air mata buatan pengganti air mata asli

Beberapa air mata buatan memiliki bahan yang mengubah susunan kimiawi untuk mengurangi perubahan negatif akibat mata kering untuk jangka waktu yang lama. Terdapat teori bahwa jika mengubah komposisi lapisan air mata, gejala mata kering akan berkurang.
  • Pelapis lapisan terluar mata

Jenis air mata buatan lainnya yaitu yang mengandung bahan penyembuhan sel-sel permukaan mata. Air mata buatan ini jauh lebih mungkin untuk meningkatkan kadar air sel-sel yang mengalami kerusakan karena kekeringan.Kandungan ini disebut HP-guar yaitu molekul yang membentuk lapisan gel yang melindungi sel-sel yang rusak. Lapisan gel ini meningkatkan komponen air dari air mata untuk menempel pada mata. 
  • Penstabil minyak

Beberapa produk air mata buatan bertujuan menstabilkan bagian minyak dari lapisan air mata. Lapisan minyak air mata dapat terganggu jika terdapat kondisi seperti blefaritis atau disfungsi kelenjar meibom. Jika bagian minyak dari lapisan air mata terganggu, air mata alami akan menguap lebih cepat dari baisanya, sehingga mata terasa kering.Air mata buatan penstabil minyak biasanya mengandung minyak jarak atau minyak mineral.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang air mata buatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan matamata keringair mata
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-eyes/expert-answers/artificial-tears/faq-20058422
Diakses pada 29 Juni 2021.
WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-799/artificial-tears/details
Diakses pada 29 Juni 2021.
VeryWell Health. https://www.verywellhealth.com/artificial-tears-3422086
Diakses pada 29 Juni 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait