Mengenal Tarragon, Tanaman Herbal yang Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

(0)
24 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat daun tarragon adalah meningkatkan nafsu makanDaun tarragon memiliki sejumlah potensi manfaat kesehatan
Tarragon adalah salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan dalam masakan Prancis dan Inggris. Tanaman ini merupakan salah satu anggota tanaman bunga matahari yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan sabun atau kosmetik dan pengobatan. Ada tiga jenis tanaman tarragon yang populer, yakni tarragon Prancis, tarragon Rusia, dan tarragon Meksiko.Daun tarragon mengandung protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan folat. Sejumlah mineral penting bagi tubuh juga bisa ditemukan di daun tarragon, seperti kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Nutrisi inilah yang membuat taragon memiliki potensi manfaat besar untuk kesehatan.   

Berbagai manfaat tarragon untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa potensi manfaat tanaman tarragon untuk kesehatan tubuh kita.

1. Menurunkan gula darah

Konsumsi daun tarragon dianggap dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Daun tarragon juga diklaim bisa menjaga efisiensi tubuh dalam menggunakan gula darah sehingga kadarnya tetap stabil sepanjang hari.

2. Meningkatkan nafsu makan

Ghrelin dan leptin adalah dua hormon yang membantu tubuh merasa lapar dan kenyang. Jika kedua hormon ini mengalami ketidakseimbangan, Anda bisa mengalami masalah terkait nafsu makan.Tanaman tarragon dianggap memiiki kemampuan untuk menurunkan hormon leptin yang memicu kenyang sehingga nafsu makan Anda bisa meningkat.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Gangguan tidur bisa memengaruhi kualitas hidup dan kesehatan penderitanya. Jika Anda kerap mengalami gangguan tidur atau memiliki pola tidur yang berantakan, cobalah menambahkan rempah daun tarragon ke dalam pola makan sehari-hari Anda.Tanaman tarragon termasuk ke dalam kelompok tanaman Artemisia yang dikenal bermanfaat mengatasi gangguan tidur.Walaupun belum ada cukup penelitian mengenai hal ini, tarragon dianggap memiliki potensi untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki pola tidur.

4. Membantu meredakan nyeri dan peradangan

Sebuah penelitian menunjukkan suplemen yang mengandung tarragon yang dapat membantu meredakan nyeri pada penderita osteoarthritis.Selain itu, tarragon juga dianggap mampu menurunkan kadar sitokin, yaitu jenis protein yang turut berperan dalam peradangan.

Potensi manfaat kesehatan lainnya dari tarragon

Selain manfaat di atas, beberapa penelitian juga menunjukkan potensi manfaat daun tarragon launnya bagi kesehatan.
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri makanan
  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Menurunkan kadar air
  • Memperlancar haid
  • Obat antimual setelah operasi
Meski kelihatan menjanjikan, penggunaan tarragon untuk pengobatan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter karena hasil penelitian yang ada masih sangat terbatas.

Cara menanam tarragon

Tarragon merupakan tanaman yang memiliki sistem akar yang kuat sehingga cukup toleran terhadap kondisi tanah gersang. Untuk menanam tarragon dengan baik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu.
  • Tanaman tarragon harus ditanam di area yang terkena sinar matahari penuh.
  • Ruang tanaman tarragon berjarak sekitar 45-60 cm untuk memastikan sirkulasi udara memadai.
  • Tarragon harus ditempatkan di tanah yang subur dan dikeringkan dengan baik.
  • Tarragon dapat ditanam sepanjang tahun.
  • Tanaman tarragon juga dapat bertahan dan tumbuh subur di daerah dengan tanah yang buruk, kering, atau berpasir.
  • Tanaman tarragon yang sudah dewasa tidak membutuhkan penyiraman yang sering, kecuali terjadi kekeringan ekstrem.
Selain menanamnya di kebun atau halaman, tanaman tarragon juga bisa ditanam sepanjang tahun di dalam ruangan. Tarragon dapat dipelihara sebagai sebagai tanaman hias di rumah atau dikembangkan di rumah kaca.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
nafsu makanherbal
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tarragon-benefits-uses#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses 9 April 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/tarragon-benefits-side-effects-and-preparations-4179022
Diakses 9 April 2021
Gardening Know How. https://www.gardeningknowhow.com/edible/herbs/tarragon/growing-tarragon-in-the-herb-garden.htm
Diakses 9 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait