Mengenal Tanda Jahitan Caesar Terbuka yang Bisa Anda Amati

(0)
15 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tanda jahitan caesar terbuka bermacam-macam, mulai dari kulit kemerahan hingga perdarahan.Perdarahan dan kulit kemerahan adalah segelintir tanda jahitan caesar terbuka yang harus diwaspadai.
Sama seperti prosedur operasi lainnya, luka operasi caesar membutuhkan waktu dan perawatan tepat untuk bisa sembuh dengan optimal. Luka operasi ini umumnya akan pulih tanpa masalah, tapi ada juga bekas operasi caesar yang mengalami komplikasi sehingga jahitannya terbuka kembali. Oleh karena itu, kenali berbagai tanda jahitan caesar terbuka supaya Anda bisa lebih waspada.

Tanda-tanda jahitan caesar terbuka berdasarkan penyebabnya

Di dalam dunia medis, terbukanya jahitan luka operasi caesar dikenal dengan sebutan C-section dehiscence. Jika bekas jahitan caesar terbuka akibat banyaknya tekanan pada area tersebut, Anda akan melihat jahitan atau staples yang terlepas dari luka sayatan caesar. Kondisi ini biasanya juga disertai gejala lainnya, seperti kulit kemerahan dan perdarahan di sekitar luka operasi caesar itu.Apabila jahitan luka operasi caesar terbuka akibat infeksi, Anda akan melihat tanda-tanda, seperti kulit kemerahan, pembengkakan, dan terdapat cairan atau nanah di sekitar area luka sayatan operasi caesar.Selain itu, infeksi ini juga bisa ditandai dengan adanya perdarahan tidak normal dari vagina, pembengkakan dan rasa sakit di kaki, serta rasa tidak nyaman di bagian perut.Jika penyebabnya adalah nekrosis (matinya jaringan tubuh), maka warna kulit di sekitar area luka operasi caesar dapat berubah menjadi abu-abu, kuning, atau hitam. Kondisi ini umumnya akan disertai dengan bau tak sedap.Selain tanda-tanda jahitan caesar terbuka di atas, Anda juga perlu waspadai berbagai gejala di bawah ini:
  • Perdarahan dari bekas operasi caesar
  • Demam tinggi 37,7 derajat Celcius
  • Rasa sakit yang semakin parah
  • Kulit kemerahan dan pembengkakan di bagian luka operasi caesar
  • Perdarahan besar dari vagina
  • Penggumpalan darah pada perdarahan vagina
  • Cairan berbau tak sedap dari vagina
  • Nanah yang keluar dari luka operasi caesar
  • Sakit saat kencing
  • Adanya tonjolan dari bekas luka operasi caesar
  • Nyeri payudara dan demam.
Terbukanya jahitan luka operasi caesar sebaiknya tidak Anda abaikan. Jika Anda memerhatikan adanya berbagai tanda jahitan caesar terbuka, periksakan diri Anda ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan medis.

Penyebab luka jahitan caesar terbuka

Tanda jahitan caesar terbuka sangat beragam, salah satunya perdarahan dari vagina
Ada banyak penyebab jahitan caesar terbuka
Setelah mengetahui berbagai tanda jahitan caesar terbuka, kini saatnya Anda memahami apa saja penyebab terbukanya jahitan caesar.
  • Tekanan dan stres

Tekanan pada perut terkadang bisa menyebabkan jahitan menjadi longgar atau robek. Tekanan ini umumnya muncul saat ibu mengangkat benda berat, naik dan turun tangga terlalu sering, atau terlalu cepat kembali berolahraga.Mintalah orang lain untuk melakukan pekerjaan berat di rumah supaya jahitan caesar dapat pulih dengan baik.
  • Buruknya proses penyembuhan

Ada sejumlah kasus di mana tubuh tidak bisa menjalani proses penyembuhan sebagaimana mestinya. Buruknya proses penyembuhan ini dapat terjadi akibat faktor genetik atau penyakit tertentu.Misalnya, diabetes atau obesitas dapat berdampak buruk pada proses pemulihan luka. Berbagai kondisi ini dapat menyebabkan proses pemulihan tidak merata atau mengakibatkan luka sayatan bekas operasi caesar malah jadi terbuka.
  • Nekrosis

Dalam beberapa kasus, sel-sel kulit di ujung luka sayatan dapat mati karena tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. Kondisi ini dikenal dengan sebutan nekrosis.Sel-sel yang mati tersebut tidak bisa tumbuh atau menyatu sehingga luka sayatan caesar malah terbuka.
  • Infeksi

Adanya infeksi di bagian luka operasi caesar dapat memperlambat atau menghentikan proses penyembuhannya. Infeksi biasanya disebabkan oleh bakteri atau kuman.Keberadaan infeksi ini akan menyebabkan tubuh sibuk membasmi kuman, seakan luka operasi caesar-nya ‘terlupakan’.

Cara penanganan jahitan caesar terbuka

Tanda-tanda jahitan caesar terbuka harus ditangani oleh dokter segera
Jangan remehkan tanda jahitan caesar terbuka!
Penanganan untuk jahitan caesar yang terbuka akan didasari oleh penyebab dan lokasinya. Jika jahitan bagian luar yang terbuka, dokter akan memberikan obat bius untuk membuat bagian tersebut mati rasa dan mengangkat kulit atau jaringan di sekitar area tersebut. Setelah itu, dokter akan mulai menjahit kembali luka caesar-nya.Jika ada infeksi di sekitar jahitan caesar, dokter akan membersihkan area itu terlebih dahulu sebelum menutup luka caesar-nya kembali.Berdiskusilah pada dokter untuk mendapatkan penanganan tepat agar luka jahitan caesar dapat pulih secara optimal sehingga jahitannya tidak akan terbuka lagi.

Cara mencegah terbukanya jahitan caesar

Terdapat beberapa cara untuk mencegah terbukanya jahitan caesar yang bisa ibu lakukan di rumah, di antaranya:
  • Beristirahat yang cukup selama beberapa minggu pertama
  • Konsumsilah buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi
  • Jangan mengangkat atau mendorong benda yang lebih berat dari bayi
  • Jangan berdiri terlalu lama
  • Jangan menggunakan pakaian ketat
  • Perbaiki postur tubuh saat sedang duduk atau rebahan
  • Jangan berhubungan seks selama 4-6 minggu
  • Hindari menekan atau mengelus bagian luka caesar.
Jika Anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, mintalah pada dokter untuk meresepkan obat laksatif. Sebab, sembelit dapat memberikan tekanan pada jahitan caesar.Selain itu, jagalah kebersihan area luka caesar dengan mengganti perbannya secara rutin. Mintalah pertolongan pada dokter atau suami untuk menggantinya. Saat sedang mandi, jangan pernah menggaruk, mengelus, atau menggosok bagian luka jahitan caesar.Jangan lupa juga untuk menggerakkan tubuh atau melakukan peregangan sesekali untuk merangsang aliran darah. Sebab, luka jahitan caesar membutuhkan lebih banyak oksigen dan darah untuk hasil penyembuhan yang maksimal.Itulah tanda-tanda jahitan caesar terbuka beserta penyebab dan cara penanganannya. Jika Anda memerhatikan adanya gejala-gejala di atas pada luka jahitan caesar, jangan ragu untuk segera bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
operasi caesarcaesarkesehatan wanita
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/c-section-incision-opening
Diakses pada 1 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324428#signs
Diakses pada 1 Februari 2021
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002266.htm#:~:text=Necrosis%20is%20the%20death%20of,the%20condition%20is%20called%20gangrene.
Diakses pada 1 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait