Mengenal Susu Sapi A2, Benarkah Lebih Sehat dari Susu Biasa?

(0)
04 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Susu sapi A2 dipercaya lebih menyehatkan dan mudah dicernaSusu sapi A2 memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan
Susu merupakan minuman yang banyak dikonsumsi orang-orang, baik saat sarapan, sebelum tidur, atau di waktu lainnya. Susu yang umumnya kita konsumsi sehari-hari adalah susu sapi. Namun, tahukah Anda kalau susu sapi punya varian lainnya seperti susu sapi A2?Susu sapi A2 dipercaya lebih sehat dibandingkan susu sapi biasa. Alasanya, susu ini dilengkapi berbagai nutrisi penting yang tidak bisa Anda temukan dalam susu sapi biasa dan lebih mudah dicerna. Mari kita kenali lebih lanjut seputar susu sapi A2.

Perbedaan susu sapi A2 dari susu sapi biasa

Sama dengan susu sapi pada umumnya, susu sapi A2 dihasilkan dari sapi perah. Akan tetapi, yang membedakan susu ini dari susu sapi biasa adalah kandungan protein beta-kasein A1 dan A2. Susu sapi biasa mengandung kedua protein beta-kasein tersebut, sedangkan susu sapi A2 hanya mengandung protein beta-kasein A2 saja. Meski jumlah laktosa dalam susu sapi biasa dan susu sapi A2 sama, sebagian orang merasa bahwa susu A2 cenderung tidak menyebabkan kembung. Sebab, ketika protein beta-kasein A1 yang dimiliki susu sapi biasa dicerna dalam usus, akan menghasilkan senyawa beta-casomorphin-7 (BCM-7) yang bisa memicu ketidaknyamanan pada perut dan gejala mirip intoleransi laktosa.Untuk memperoleh susu sapi A2 yang berkualitas, uji DNA terhadap sapi akan dilakukan supaya memastikan hewan tersebut hanya menghasilkan susu yang mengandung protein beta-kasein A2. Jenis sapi yang menghasilkan susu sapi A2 umumnya dibesarkan secara khusus. Kemudian, pengujian terhadap susu yang telah diperah juga dilakukan untuk memastikan susu tidak mengandung protein beta-kasein A1.

Manfaat susu sapi A2 untuk kesehatan

Satu gelas susu sapi A2 mengandung 122 kalori, 8 gram protein, 5 gram lemak, 12 gram karbohidrat, 0 gram serat, dan 12 gram gula. Adapun manfaat susu sapi A2 untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh, yaitu:
  • Kaya nutrisi

Susu sapi A2 mengandung beragam nutrisi
Susu A2 kaya akan protein yang bermanfaat dalam membangun jaringan otot, kulit, hingga darah. Beragam nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, kalsium, thiamin, riboflavin, dan kalium, juga bisa Anda temukan di dalamnya. Yang tak kalah penting, susu sapi A2 juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya dengan optimal. Selain itu, nutrisi ini juga membantu menurunkan kadar trigliserida, hingga mengurangi risiko penyakit jantung maupun stroke.
  • Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam susu sapi A2 berguna untuk menguatkan dan menjaga kesehatan tulang. Nutrisi ini bahkan juga dibutuhkan untuk mencegah terjadinya osteoporosis yang mengancam seiring bertambahnya usia.
  • Menjaga imunitas tubuh

Susu sapi A2 bantu jaga imunitas tubuh
Kandungan vitamin A dalam susu A2 penting dalam menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat. Meski lebih populer untuk kesehatan mata, vitamin A juga ternyata berperan dalam pembentukan sel darah putih untuk melawan bakteri atau virus dalam tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan mata

Susu sapi A2 mengandung vitamin A yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dengan memelihara retina dan kornea. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam menjaga penglihatan Anda tetap tajam dan mencegah terjadinya katarak.
  • Memperbaiki suasana hati

Minum susu sapi A2 bisa perbaiki suasana hati
Vitamin D yang terkandung dalam susu sapi A2 dipercaya mampu memperbaiki suasana hati sehingga membuat Anda merasa lebih baik.
  • Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah tinggi sering kali disebabkan oleh kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Namun, mengonsumsi lebih banyak asam omega-3 seperti terkandung pada susu sapi A2 bisa membantu menurunkannya. Ditambah lagi, kalium yang terkandung dalam susu ini juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah Anda.Jika Anda tertarik mengonsumsi susu sapi A2, Anda bisa membelinya di supermarket atau toko-toko online. Namun, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap susu sapi karena dikhawatirkan bisa menimbulkan reaksi alergi yang mungkin berbahaya.Apabila setelah minum susu Anda mengalami berbagai gejala, seperti ruam, batuk, mual, muntah, diare, hingga sesak napas, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Nah, bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
intoleransi laktosasusualergi susuhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/a1-vs-a2-milk#bottom-line
Diakses pada 18 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318577#Potentially-harmful-effects-of-A1-milk
Diakses pada 18 Februari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-a2-milk#1
Diakses pada 18 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait