Mengenal Support System, Lingkaran Terdekat yang Penting Bagi Kesehatan Mental


Support system adalah lingkaran orang-orang terdekat dalam hidup Anda. Disebut demikian karena merekalah yang memberikan dukungan sosial yang begitu krusial untuk kesehatan psikologis

(0)
26 Feb 2021|Azelia Trifiana
Keberadaan sahabat bisa menjadi support system yang baik untuk kesehatan mentalKeberadaan sahabat bisa menjadi support system yang baik untuk kesehatan mental
Support system adalah lingkaran orang-orang terdekat dalam hidup Anda. Disebut demikian karena merekalah yang memberikan dukungan sosial yang begitu krusial untuk kesehatan psikologis. Itulah mengapa, penting memastikan lingkaran terdekat ini memberikan pengaruh positif bagi Anda.Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan ada individu yang terjebak dalam support system negatif. Mereka cenderung destruktif. Kerap menjatuhkan. Bahkan, tak segan melakukan hal-hal yang bisa meruntuhkan kepercayaan diri. Kenali tanda-tandanya dan bagaimana keluar dari lingkaran semacam ini.

Apa itu support system?

Komponen kunci dari hubungan dan kesehatan psikologis adalah dukungan secara sosial. Adanya support system ini datang dari lingkaran saudara dan pertemanan terdekat yang menjadi tempat Anda datang saat butuh.Dengan begitu support system artinya orang yang Anda hubungi pertama kali baik saat sedang menghadapi kesulitan maupun ketika hanya ingin bercerita saja. Jangan sepelekan peran orang-orang pemberi dukungan ini karena mereka sangatlah krusial dalam menentukan kondisi Anda dari hari ke hari.Tak jarang, berkat merekalah Anda bisa melewati waktu-waktu sulit ketika hidup berjalan tidak sesuai ekspektasi. Mereka bisa memberikan dukungan kekuatan untuk terus bertahan.

Manfaat memiliki support system

dua perempuang sedang ngobrol
Sahabat adalah salah satu support system Anda
Apabila Anda telah memiliki orang-orang yang masuk dalam kategori support system ini, jangan sia-siakan mereka. Keberadaannya sangat penting bagi kesehatan mental setiap individu.Beberapa manfaat dari memiliki support system semacam ini adalah:

1. Penting untuk kesehatan mental

Adanya dukungan dari orang-orang terdekat sangat penting untuk kesehatan mental. Ada begitu banyak penelitian yang membuktikan bahwa dukungan sosial yang buruk bisa menjadi penyebab depresi.Lebih jauh lagi, kesepian dapat mengubah fungsi otak dan meningkatkan risiko terjadinya:Dalam studi yang dilakukan pada pria paruh bayar selama periode 7 tahun, mereka yang mendapatkan dukungan emosional dan sosial lebih panjang umur ketimbang yang tidak. Temuan ini berkaitan erat dengan munculnya depresi dan kecemasan berlebih pada partisipan.

2. Mengurangi stres

Setiap aspek kehidupan bisa menjadi pemicu stres. Hal ini berlangsung konstan, tidak ada hari libur untuk stres. Terkait dengan hal ini, survei pada tahun 2015 menunjukan bahwa memiliki support system dapat mengurangi stres hingga level 5 (dari level maksimalnya 10).

3. Mengambil keputusan

Ketika dihadapkan dengan situasi sulit, adanya support system juga bisa membantu memberikan sudut pandangan berbeda dalam pengambilan keputusan. Mereka tak segan memaparkan apa yang menjadi pertimbangan baik positif maupun negatif sehingga Anda mendapatkan gambaran yang lebih jernih.Itulah mengapa, memiliki lingkaran pertemanan dan persaudaraan yang penuh dukungan dapat membantu mengatasi tantangan yang muncul. Bahkan, mengambil keputusan bisa lebih mudah meski di tengah situasi krisis sekalipun.

4. Membawa pengaruh positif

Support system yang baik tentu akan membawa pengaruh positif pada diri Anda. Misalnya, ia mendorong Anda untuk berolahraga atau berhenti merokok agar tetap sehat. Walaupun terkadang Anda mungkin merasa tidak suka dinasehati, namun tak ada salahnya mempertimbangkan saran darinya.

5. Meningkatkan harga diri

Memiliki seseorang yang bisa saling mengandalkan dapat membuat Anda merasa lebih baik dalam menilai diri sendiri. Selain itu, Anda juga merasa mendapat dukungan penuh dari support system sehingga bisa membantu meningkatkan harga diri.

6. Meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan emosional

Sistem pendukung yang baik dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan emosional, terutama seiring bertambahnya usia. Itu karena Anda merasa tidak sendirian.

Cara memiliki support system

keluarga makan malam bersama
Keluarga adalah support system pertama Anda
Nyatanya, tidak semua orang dianugerahi lingkaran orang-orang terdekat yang bisa menjadi support system. Ini tidak mengapa. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun atau memperkuat koneksi sosial, yaitu:
  • Menjalin koneksi

Sekadar bertanya kabar atau menawarkan bantuan kepada teman atau kerabat sudah menjadi satu cara membangun jembatan kedekaan dengan mereka. Jadikan ini sebagai rutinitas sehingga meski tidak bertemu langsung pun, ada koneksi yang terjalin.
  • Gunakan teknologi

Jarak dan waktu bukan alasan untuk tidak membangun koneksi dengan orang lain. Manfaatkan kemudahan teknologi dengan cara yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Mulai dari mengirim pesan teks, surat elektronik, telepon, atau video call.
  • Bergabung dalam kelompok

Alokasikan waktu untuk bergabung dalam kelompok dengan ketertarikan yang sama. Bisa klub, relawan, atau kursus sehingga dapat memperluas pertemanan. Siapa tahu, dari sana Anda akan menemukan sosok sahabat yang bisa menjadi support system inti nantinya.Inti dari mendapatkan social support yang baik adalah dengan bersikap baik kepada orang lain. Layaknya magnet, ketika Anda bersikap baik dan tak segan menolong orang lain, maka hal-hal positif serupa akan kembali kepada Anda.Tak kalah penting, jangan membandingkan bentuk support system orang lain dengan Anda. Pasti ada perbedaan. Untuk membentuknya pun perlu waktu karena mustahil terbentuk secara instan.

Terpenting, selalu prioritaskan kesehatan mental Anda selama proses menemukan support system terdekat. Berlatih menjadi pendengar yang baik juga merupakan cara tepat agar bisa menemukan sosok satu frekuensi dengan Anda.Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar pentingnya sosok terdekat dan perannya bagi kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalmenjalin hubunganpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/social-support-for-psychological-health-4119970
Diakses pada 12 Februari 2021
Wiley Online Library. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1365-2702.2011.03868.x
Diakses pada 12 Februari 2021
Mental Health First Aid. https://www.mentalhealthfirstaid.org/2020/08/the-importance-of-having-a-support-system/
Diakses pada 12 Februari 2021
Highland Springs Clinic. https://highlandspringsclinic.org/blog/the-benefits-and-importance-of-a-support-system/
Diakses pada 05 Mei 2021
Droshea. https://www.droshea.com/blog/you-are-not-an-island
Diakses pada 05 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait