Mengenal Suduken, Nyeri Perut yang Terjadi saat Olahraga


Suduken adalah istilah dalam bahasa Jawa yang menggambarkan rasa sakit menusuk di perut. Kondisi ini umumnya terjadi saat berolaraga atau melakukan aktivitas fisik berat. Kemungkinan penyebab suduken beragam, mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga faktor fisiologis.

0,0
30 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Suduken umumnya disebabkan karena makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga hingga faktor fisiologisSuduken atau sakit perut yang rasanya seperti menusuk bisa terjadi saat berolahraga
Suduken adalah istilah dalam bahasa Jawa yang menggambarkan rasa sakit menusuk di perut. Dalam dunia medis, kondisi yang kerap terjadi saat berolahraga ini dikenal sebagai side stitch. Walaupun suduken merupakan kondisi yang bisa muncul pada kedua sisi perut, kebanyakan penderitanya mengeluhkan masalah ini terjadi pada sisi kanan atas perut.Suduken biasanya dialami selama melakukan aktivitas atletik dalam jangka waktu lama, seperti berlari atau bersepeda. Kondisi ini dapat terasa sangat menyakitkan dan mengganggu, tetapi sebetulnya tidak berbahaya. Anda tidak memerlukan tindakan medis khusus untuk menangani kondisi ini.

Penyebab suduken yang terjadi saat berolahraga

Hingga saat ini, kepastian penyebab suduken belum ada jawabannya. Meskipun demikian, ada beberapa teori dan penelitian terkait penyebab suduken yang biasanya muncul saat aktivitas fisik, khususnya ketika berlari.Berbagai penelitian menunjukkan beberapa kemungkinan penyebab suduken, di antaranya:
  • Adanya pergerakan darah ke diafragma atau otot selama aktivitas fisik yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan atas.
  • Terdapat iritasi pada lapisan rongga perut dan panggul yang terjadi selama aktivitas fisik, saat ada banyak gerakan dan gesekan di batang tubuh.
  • Menghela napas saat berlari dengan kaki kanan dapat memberikan tekanan yang lebih kuat pada hati sehingga memicu suduken.
  • Makan dalam porsi besar sebelum berolahraga dianggap merupakan penyebab paling potensial dari sakit perut sebelah kanan atas.
  • Konsumsi cairan mengandung gula juga dapat menjadi penyebab suduken.
Selain itu, beberapa hal berikut juga disebut-sebut dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami suduken.
  • Usia yang lebih muda
  • Postur tubuh yang buruk, seperti pada penderita skoliosis atau kifosis
  • Intensitas latihan yang tinggi
  • Kurang pemanasan atau berolahraga dalam kondisi dingin
  • Napas pendek.
Secara garis besar, para peneliti membagi teori penyebab suduken menjadi dua kelompok.

1. Makanan

Makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga merupakan penyebab utama suduken atau sakit perut sebelah kanan atas, khususnya terkait waktu makan dan jenis makanan yang dikonsumsi menjelang berolahraga.

2. Fisiologi

Dari sisi fisiologi, kemungkinan penyebab suduken adalah gerakan yang dilakukan berulang-ulang sehingga menyebabkan batang tubuh kerap direntangkan, misalnya saat melakukan gerakan-gerakan tertentu saat berolahraga.Struktur tubuh yang dapat terpengaruh adalah diafragma, tulang belakang, lapisan lunak perut, rongga panggul, hingga ligamen peritoneum.

Gejala suduken

Gejala suduken adalah rasa nyeri pada sisi tubuh yang terjadi saat melakukan aktivitas olahraga. Rasa nyeri ini lebih besar kemungkinannya untuk terjadi selama aktivitas fisik berkepanjangan, seperti berenang, berlari, atau bersepeda.Gejala utama suduken adalah rasa sakit yang terjadi di satu sisi perut. Rasa sakit ini dapat muncul tiba-tiba dan umumnya terasa di perut kanan, tepatnya di bawah tulang rusuk.Rasa nyeri yang dialami dapat berkisar dari kram, nyeri tumpul, rasa sakit yang tajam dan menusuk, hingga sensasi seperti ditarik. Sensasi ini dapat terasa sangat sakit sehingga bisa menghentikan kegiatan olahraga Anda.

Cara mengatasi suduken

Ada beberapa hal yang dapat Anda coba lakukan sebagai cara mengatasi suduken, di antaranya:
  • Cobalah mengubah pola pernapasan Anda. Tarik napas dalam-dalam secepat mungkin, lalu tahan napas selama beberapa detik, kemudian hembuskan dengan keras melalui bibir yang mengerucut.
  • Mengubah pola pernapasan dan langkah kaki. Buanglah napas saat kaki kiri menginjak tanah.
  • Tekan area yang mengalami sakit perut sebelah kanan atas dengan lembut menggunakan jari. Cara mengatasi suduken ini dapat membantu meringankan rasa nyeri.
  • Anda juga dapat mencoba merenggangkan area yang mengalami suduken. Jika suduken terjadi di sisi kiri, angkat lengan kiri ke atas kepala sambil mencondongkan badan ke sisi kanan.
  • Jika upaya di atas gagal, sebaiknya kurangi intensitas aktivitas Anda. Misalnya, jika Anda sedang berlari, perlambat menjadi jalan cepat sambil berkonsentrasi pada pernapasan dalam.
Untuk mencegah terjadinya suduken, sebaiknya Anda menghindari makan setidaknya 2 jam sebelum berolahraga dan hindari makanan tinggi lemak maupun serat.Minumlah air putih sedikit demi sedikit saat berolahraga dan hindari minuman manis. Anda juga tidak boleh lupa untuk melakukan pemanasan dan rajin berolahraga untuk meningkatkan kebugaran tubuh.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
olahragasakit perut
Healthline. https://www.healthline.com/health/side-stitch
Diakses 17 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/side-stitch
Diakses 17 Agustus 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/how-do-i-get-rid-of-a-side-stitch-2911699
Diakses 17 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait