Mengenal Self Image dan Cara Membangun Citra Diri yang Positif


Self image adalah gambaran yang didapat seseorang saat melihat dirinya sendiri. Setiap orang memiliki citra dirinya masing-masing dan tidak bisa dibandingkan dengan milik orang lain.

0,0
06 May 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Self image adalah gambaran yang didapat seseorang saat melihat dirinya sendiriCitra diri yang sehat harus dimulai dengan menerima segala hal yang ada dalam diri sendiri
Setiap orang pasti memiliki gambaran terhadap dirinya sendiri. Lalu, mereka pun bisa memberikan penilaian secara objektif tentang diri sendiri. Hal inilah yang disebut dengan self image atau citra diri.Konsep citra diri atau self image adalah pandangan pribadi tentang diri sendiri. Anda bisa menilai berbagai ciri fisik hingga kepribadian, seperti cantik, baik, tinggi, hingga dermawan. Penilaian yang Anda berikan ini tentunya akan sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan orang lain. Anda pun bisa membentuk citra diri sendiri dengan melakukan beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, simak caranya di bawah ini.

Mengenal self image sebagai bagian dari self concept

Citra diri bisa didapat dengan memupuk pengalaman sedikit demi sedikit. Membangun citra diri ini sudah dimulai sejak usia dini. Pada awalnya, Anda akan menemukannya secara tidak sadar dari orangtua dan pola asuh yang diterapkan.Semakin dewasa, Anda pun akan bertemu dengan banyak orang. Anda pun akan mengadopsi berbagai hal yang didapat orang interaksi dengan orang lain. Beragam informasi akan Anda serap dan seleksi untuk kemudian digunakan sebagai pengembangan diri.Seorang psikolog bernama Carl Rogers membagi konsep diri sendiri dalam tiga bagian:
  • Ideal self: seseorang yang Anda inginkan
  • Self image: cara Anda melihat diri sendiri, mulai dari kondisi fisik, kepribadian, serta peran yang dilakukan di lingkungan sosial
  • Self esteem: Cara Anda menerima dan menghargai diri sendiri. Hal ini sangat dipengaruhi oleh cara orang lain menilai atau membandingkan Anda dengan orang lain
Citra diri pun ada yang positif dan ada yang negatif. Dengan citra diri positif, Anda akan bersikap realistis tentang kewajiban dan keterbatasan yang dimiliki. Di sisi lain, citra diri negatif membuat Anda berfokus pada kelemahan dan ketidaksempurnaan.Citra diri yang sehat harus dimulai dengan menerima segala hal yang ada dalam diri sendiri. Dengan begitu, Anda pun bisa diterima oleh orang lain. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui, citra diri tidak bersifat permanen. Ada beberapa sisi citra diri yang sangat dinamis dan bisa berubah. Perubahan ini pun akan terjadi sepanjang usia hidup Anda.

Cara membangun citra diri positif

Citra diri positif akan selalu dicari oleh banyak orang. Siapa pun bisa mengembangkan self image yang positif untuk ditampilkan kepada orang lain. Begini cara membangun citra diri positif yang bisa dilakukan:
  • Ketahui citra diri yang sudah Anda miliki
  • Buatlah daftar citra yang positif
  • Mintalah bantuan kepada orang terdekat untuk memberikan penilaian tentang kualitas positif yang Anda miliki
  • Tentukan tujuan hidup yang masuk akal untuk dicapai
  • Hindari membandingkan diri dengan orang lain
  • Mulai kembangkan kelebihan yang Anda miliki
  • Lawan segala sesuatu yang mengganggu pikiran Anda
  • Belajarlah mencintai diri sendiri
  • Berikan penilaian positif
  • Berikan penghargaan atas kerja keras yang sudah Anda lakukan selama ini
  • Ingat bahwa setiap orang unik, termasuk Anda

Pentingnya citra tubuh dalam citra diri

Seperti citra diri, citra tubuh pun akan berubah seiring bertambahnya usia. Anda pun perlu mempertahankan citra tubuh positif. Namun, mengubah citra tubuh ini bukan sekadar Anda membentuk tubuh sampai enak dipandang oleh orang lain.Mengubah citra tubuh juga perlu dibarengi oleh cara berpikir dan bereaksi terhadap tubuh. Belajar untuk memiliki hubungan positif dengan tubuh pun akan membuat Anda menyayangi tubuh. Hindari beberapa pikiran buruk tentang tubuh yang mungkin akan membawa Anda pada penyakit. Dengan begitu, Anda bisa segera menyadari saat tubuh kelebihan badan atau kekurangan nutrisi penting.Melakukan eksplorasi tubuh bisa membuat Anda mulai mengubah cara pandang terhadap tubuh sendiri. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri dengan citra tubuh:
  • Eksplorasi tubuh dan pahami keterbatasan yang dimilikinya
  • Lawan segala gangguan dalam pikiran yang berhubungan dengan tubuh
  • Abaikan asumsi menyesatkan tentang penampilan tubuh
  • Cintai diri Anda apa adanya
  • Terima dan tetaplah merasa nyaman dengan tubuh yang dimiliki
  • Berikan pengalaman positif terhadap tubuh Anda
  • Berikan yang terbaik untuk tubuh

Catatan dari SehatQ

Citra diri atau self image akan terbangun dengan pengalaman dan interaksi yang dilakukan oleh seseorang. Membuat segala hal yang positif dari diri Anda dan tidak membandingkannya dengan orang lain merupakan cara membangun citra diri positif. Selain mengembangkan citra diri, Anda pun perlu melihat citra tubuh supaya lebih dekat lagi dengan segala yang dimiliki.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara membangun self image yang positif, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalberpikir positifmasalah kejiwaan
Cleveland Clinic https://my.clevelandclinic.org/health/articles/12942-fostering-a-positive-self-image
Diakses pada 27 April 2021
Very Well Mind https://www.verywellmind.com/what-is-self-concept-2795865
Diakses pada 27 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait