Mengenal Segudang Manfaat Minyak Melati untuk Kesehatan Tubuh

(0)
19 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Minyak melati dianggap ampuh untuk meredakan gejala menopause.Minyak melati dipercaya bisa membawa ketenangan di pikiran.
Melati (Jasminun officinale) adalah tanaman yang memiliki bunga berwarna putih dan aroma khas yang wangi. Selain diolah menjadi teh, melati juga bisa dijadikan minyak atsiri (essential oil). Faktanya, minyak melati menawarkan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

8 manfaat minyak melati untuk kesehatan

Di balik aromanya yang wangi, minyak melati menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah sejumlah manfaat minyak melati yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Meningkatkan suasana hati

Sebuah riset yang dirilis dalam The Journal of Health Research mengungkapkan, menghirup aroma minyak melati mampu memberikan dampak baik pada sistem saraf pusat dan suasana hati.Saat terhirup, aroma minyak melati terbukti bisa memengaruhi aktivitas otak dan suasana hati. Para partisipan di dalam riset tersebut juga merasa lebih positif, penuh dengan energi, dan merasa romantis.Manfaat minyak melati ini bisa Anda rasakan hanya dengan menghirup aromanya, menggunakannya untuk memijat badan, atau melalui mesin diffuser.

2. Mencegah infeksi

Menurut para ahli di dalam The Journal of Ethnopharmacology, minyak melati memiliki potensi dalam mencegah infeksi karena dianggap memiliki sifat antivirus.Minyak melati mengandung berbagai senyawa, seperti bernzaldehida, asam benzoat, dan benzil benzoate, yang membuatnya dipercaya bisa mencegah infeksi.Saat dioleskan ke luka, minyak melati diyakini bisa mencegah infeksi. Saat dihirup aromanya, minyak melati dianggap mampu meredakan infeksi di sistem pernapasan dan meredakan batuk pilek.

3. Meningkatkan libido

Minyak melati diklaim mampu mengatasi rendahnya gairah seksual karena kandungan afrodisiak di dalamnya.Minyak melatih bahkan juga dianggap ampuh dalam mengatasi masalah seksual, seperti ejakulasi dini hingga impotensi. Namun, manfaat ini harus diteliti lebih lanjut untuk dibuktikan efektivitasnya.

4. Meredakan batuk

Minyak melati dianggap memiliki kandungan ekspektoran yang bisa meredakan batuk di malam hari. Selain itu, minyak ini dipercaya ampuh dalam membersihkan dahak di saluran pernapasan. Meski begitu, manfaat minyak melati yang satu ini harus diteliti lebih lanjut.

5. Mengatasi insomnia

Sering mengalami insomnia di malam hari? Cobalah hirup aroma wangi minyak melati. Kandungan ekspektoran, sedatif, dan antispasmodik yang dimiliki minyak ini dipercaya dapat mengatasi insomnia dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.Lagi-lagi, khasiat minyak melati yang satu ini harus ditinjau lebih lanjut untuk dibuktikan kebenarannya.

6. Meredakan gejala menopause

Rumor bahwa minyak melati dapat meredakan gejala menopause bukanlah berita baru. Selama bertahun-tahun lamanya, minyak melati telah digunakan untuk meredakan gejala menopause, seperti depresi dan hot flashes (rasa panas di badan).Meski begitu, belum banyak penelitian yang bisa membuktikan manfaat minyak melati yang satu ini.

7. Dipercaya bisa merangsang laktasi

Sejumlah ibu menyusui di bagian India Selatan memakai tali bunga melati di rambutnya karena mereka percaya bahwa menghirup aroma melati bisa meningkatkan laktasi dan menghambat ovulasi.Hal ini dilakukan karena anggapan bahwa aroma minyak melati dapat menyebabkan perubahan hormon yang akhirnya meningkatkan laktasi.Sampai saat ini, teori tersebut belum terbukti secara ilmiah ilmiah. Jika Anda termasuk ibu menyusui, sebaiknya jangan menelan informasi ini secara mentah-mentah.

8. Membawa ketenangan

Minyak melati juga diyakini memiliki efek sedatif atau menenangkan. Sebuah studi lain juga membuktikan bahwa aroma teh melati pada konsentrasi terendah saja sudah bisa memberikan ketenangan pada suasana hati dan aktivitas saraf.

Apakah minyak melati dapat timbulkan efek samping?

Jika digunakan dengan tepat dan tidak berlebihan, minyak melati dianggap aman dan jarang menimbulkan iritasi kulit.Meski begitu, minyak melati tidak boleh diminum dan tetap bisa menimbukan reaksi alergi. Minyak ini harus dicampurkan dulu dengan carrier oil sebelum dioleskan ke kulit.Untuk mencegah reaksi alergi, sebaiknya Anda oleskan dulu minyak melati ke bagian kecil kulit. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul selama 24 jam, maka Anda boleh menggunakannya di bagian kulit yang lebih besar.Jika Anda sedang hamil atau menyusui, jangan pernah mencoba minyak melati sebelum mendapatkan izin dari dokter.Bagi Anda yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
minyak atsirihidup sehataromaterapi
Healthline. https://www.healthline.com/health/jasmine-essential-oil
Diakses pada 4 April 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/health-benefits-of-jasmine-essential-oil.html
Diakses pada 4 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait