Mengenal Sauerkraut, Kubis Asam Khas Jerman yang Kaya Manfaat

(0)
02 Sep 2020|Azelia Trifiana
Sauerkraut merupakan makanan fermentasi asal JermanSauerkraut adalah kubis fermentasi asal Jerman
Makanan apapun yang difermentasi bisa menghasilkan rasa yang unik serta bernutrisi. Salah satunya adalah sauerkraut. Sauerkraut adalah menu khas Jerman yang terbuat dari fermentasi kubis. Berkat pengolahannya, manfaat sauerkraut sebagai sumber probiotik menyehatkan. Untuk membuatnya, kubis diiris halus dan difermentasi berbagai jenis bakteri asam laktat.Jika Korea punya kimchi, sauerkraut adalah kol asam dari Jerman. Jenis makanan ini sudah ada sejak dulu dan telah menjadi bagian dari kebudayaan warga lokal. Mengonsumsinya bisa sebagai pendamping lauk utama dengan rasa asam yang menggugah selera.

Kandungan nutrisi sauerkraut

Berkat proses pembuatannya yang meliputi proses fermentasi, sauerkraut mengandung nutrisi melimpah. Bahkan, kandungan nutrisinya jauh lebih banyak dibandingkan dengan kubis segar, yaitu:
  • Kalori: 27 kal
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Serat: 4 gram
  • Protein: 1 gram
  • Natrium : 41% AKG
  • Vitamin C: 23% AKG
  • Vitamin K1: 15% AKG
  • Zat besi: 12% AKG
  • Mangan: 9% AKG
  • Vitamin B6: 11% AKG
  • Folat: 9% AKG
  • Tembaga: 15% AKG
  • Kalium: 5% AKG
Dalam proses fermentasi, mikroorganisme dalam kubis ini mengubah gula alami menjadi karbon dioksida dan asam organik. Tambahan bakteri asam laktat yang diberikan selama proses fermentasi membuatnya menjadi sumber probiotik yang baik untuk pencernaan.Proses fermentasi sauerkraut terjadi ketika gula alami kubis mengalami kontak dengan bakteri dan jamur yang ada di kubis itu sendiri atau dari lingkungan sekitarnya. Ketika sauerkraut difermentasi, maka probiotik yang baik untuk pencernaan terus bertumbuh.Meski demikian, perlu diingat bahwa sauerkraut mengandung sodium yang cukup tinggi. Bagi orang yang sedang menjaga asupan garam, sebaiknya memilih opsi sayuran pendamping lain.

Manfaat sauerkraut

Lalu, apa saja manfaat sauerkraut untuk kesehatan?

1. Baik untuk pencernaan

Tentu manfaat sauerkraut yang paling utama adalah baik untuk sistem pencernaan mengingat kandungannya sebagai sumber probiotik. Artinya, mengonsumsi sauerkraut sama dengan memberi makan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Tak hanya itu, makan cukup probiotik juga dapat melindungi seseorang dari bakteri berbahaya.Kandungan probiotik dalam sauerkraut juga mencegah diare yang disebabkan bakteri. Menurut penelitian, probiotik juga membantu mengurangi kembung, konstipasi, dan gejala yang berkaitan dengan Crohn’s disease.Hebatnya lagi, sauerkraut mengandung lebih dari 28 kumpulan sel bakteri yang berbeda. Seperti halnya makanan fermentasi lainnya, enzim di dalam sauerkraut membantu memecah nutrisi menjadi molekul yang lebih mudah dicerna.

2. Tingkatkan imunitas

Jika mencari makanan fermentasi yang dapat meningkatkan imunitas dan nutrisi, sauerkraut adalah jawabannya. Bakteri yang masuk dalam sistem cerna menyeimbangkan bakteri sehingga dinding lambung terlindungi. Semakin kuat dinding lambung, artinya risiko substansi mengalami kebocoran juga berkurang.Selain itu, manfaat sauerkraut lainnya adalah menurunkan risiko mengalami infeksi seperti di saluran kemih hingga common cold. Sauerkraut juga kaya vitamin C dan zat besi yang membantu memaksimalkan fungsi sistem imun.

3. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi sauerkraut juga berpotensi menurunkan berat badan. Seperti halnya sayuran lainnya, sauerkraut rendah kalori namun tinggi serat. Ketika mengonsumsi makanan tinggi serat, seseorang akan merasa kenyang lebih lama sehingga asupan kalori tetap terjaga sepanjang hari.Para peneliti juga meyakini beberapa jenis probiotik dapat menurunkan kadar lemak yang diserap tubuh dari makanan. Meski demikian, potensi manfaat sauerkraut ini masih perlu penelitian lebih jauh. Berbeda orang, bisa berbeda pula efektivitasnya dalam merespons manfaat sauerkraut.

4. Mengurangi stres dan menyehatkan otak

Sauerkraut ternyata juga bisa menjadi salah satu makanan yang menjaga kesehatan otak. Jenis bakteri yang ada di sistem pencernaan bisa mengirim pesan ke otak. Artinya, makanan seperti sauerkraut yang merangsang produksi bakteri baik dapat meredakan stres dan menjaga kesehatan otak.Lebih jauh lagi, probiotik juga baik untuk meningkatkan daya ingat dan mengurangi gejala masalah mental. Mulai dari depresi, autisme, cemas berlebih, hingga OCD.

5. Menyehatkan tulang

Di dalam sauerkraut terdapat vitamin K2 yang vital untuk menyehatkan tulang. Lebih spesifik lagi, vitamin K2 juga mengaktifkan dua protein yang dapat mengikat kalsium. Dengan demikian, mineral yang dibutuhkan tulang pun terpenuhi.Kondisi ini membantu menyehatkan dan menguatkan tulang. Mendukung fakta ini, sebuah penelitian selama 3 tahun terhadap perempuan yang sudah menopause dan mengonsumsi suplemen vitamin K2 mengalami penurunan kepadatan tulang lebih lambat dibandingkan dengan yang tidak.

Sauerkraut banyak dijual di pasaran, namun pastikan hanya membeli yang tidak mengandung tambahan pengawet dan gula. Sebelum membeli sauerkraut, periksa terlebih dahulu label kemasannya untuk tahu apa saja komposisinya.Jika tidak yakin dengan sauerkraut yang dijual di pasaran, sauerkraut juga bisa dibuat sendiri. Semakin lama proses fermentasi, akan semakin dominan rasa dari sauerkraut.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-sauerkraut#1
Diakses pada 14 Agustus 2020
NIH. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25884980/
Diakses pada 14 Agustus 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait