Mengenal Rumput Laut Kelp dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Kelp adalah jenis rumput laut yang menawarkan manfaat untuk kesehatan. Manfaat kelp termasuk mengandung tinggi antioksidan, bersifat antikanker, dan dapat disisipkan untuk diet penurunan berat badan

(0)
14 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kelp adalah jenis rumput laut yang tergolong sebagai alga cokelat atau PhaeophytaSalah satu varietas kelp yang sering dikonsumsi masyarakat Jepang adalah kombu
Saat berbicara rumput laut, Anda mungkin hanya akrab dengan jenis yang terkenal seperti nori. Padahal, ada beberapa jenis rumput laut lain yang juga menawarkan nutrisi dan manfaat untuk kesehatan. Salah satu jenis rumput laut yang bermanfaat untuk tubuh adalah kelp. Kenali apa itu kelp dan manfaatnya untuk kesehatan.

Mengenal apa itu kelp

Kelp adalah jenis rumput laut yang tergolong sebagai alga cokelat atau Phaeophyta. Rumput laut ini tumbuh membentuk “hutan” atau kelp forest di perairan dangkal dan cenderung tumbuh di area beriklim sedang dan kutub . Terdapat sekitar 30 varietas dari kelp. Beberapa varietas yang umum dikenal dari rumput laut ini yaitu giant kelp, bongo kelp, dan kombu. Kombu sangat umum dikonsumsi masyarakat Jepang dan dipercaya menjadi rahasia panjang umur mereka.Kelp juga memproduksi senyawa yang disebut natrium alginat. Berbagai produsen makanan olahan menggunakan natrium alginat sebagai pengental untuk produk mereka, seperti es krim dan salad dressing.Terkait sediaannya bagi masyarakat, kelp bisa dikonsumsi dalam bentuk yang masih mentah, sudah dimasak, dalam bentuk tepung, hingga suplemen.

Nutrisi dalam kelp

Karena kelp dapat menyerap nutrisi yang bertebaran di areanya tumbuh, kelp pun kaya dengan vitamin, mineral, dan elemen mikro tertentu. Salah satu nutrisi yang terkandung tinggi dalam kelp (dan rumput laut lain) adalah yodium,  mineral yang vital untuk produksi hormon tiroid. Kekurangan yodium dapat memicu pembesaran kelenjar tiroid, gangguan metabolisme, dan masalah kesehatan lain. Namun penting untuk diingat, kelebihan yodium juga dapat menimbulkan masalah.Selain yodium, kelp juga mengandung nutrisi berikut ini:Vitamin K1 dan folat menjadi nutrisi lain yang terkandung tinggi dalam kelp. Vitamin K1 berperan dalam kesehatan tulang. Sementara itu, folat terlibat dalam pembelahan sel.

Manfaat kelp untuk kesehatan

Dengan kandungan nutrisinya yang kaya, kelp menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan. Manfaat kelp, termasuk:

1. Mengandung tinggi antioksidan

Secara umum, mengonsumsi makanan kaya zat antioksidan dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Kelp pun menjadi makanan yang tinggi antioksidan yang dapat menangkal aktivitas radikal bebas. Zat antioksidan yang terkandung dalam kelp termasuk senyawa-senyawa karotenoid dan flavonoid.

2. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Rumput laut dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal dan kanker yang berkaitan dengan hormon estrogen. Dalam sebuah kajian yang dipublikasikan dalam jurnal Marine Drugs, rumput laut berpotensi untuk memperlambat penyebaran kanker kolorektal dan kanker payudara.Studi lain yang dilakukan dengan isolasi sel juga menyebutkan bahwa senyawa dalam kelp berpotensi untuk menurunkan penyebaran kanker paru-paru dan kanker prostat. Senyawa dalam kelp yang dilaporkan memiliki efek antikanker tersebut yakni fukoidan. Walau menarik, riset pada manusia tentu diperlukan untuk mengkaji efek kelp terhadap penurunan risiko kanker.

3. Membantu penurunan berat badan

Selain mengandung zat antioksidan dan antikanker, kelp pun dipercaya dapat menjadi teman diet untuk menurunkan berat badan. Kelp memang makanan yang rendah lemak dan kalori sehingga cocok untuk disisipkan dalam diet Anda. Rumput laut ini juga mengandung serat alami yang disebut alginat – yang dilaporkan dapat mencegah usus untuk menyerap lemak. Alginat disebutkan dapat memblokir aktivitas enzim lipase, enzim yang sebenarnya berfungsi dalam pencernaan lemak. 

Cara mengonsumsi kelp 

Dengan manfaatnya di atas, kelp dapat menjadi variasi makanan bernutrisi yang bisa Anda sajikan di meja makan. Kelp dapat dikonsumsi dengan cara-cara berikut ini:
  • Ditambahkan dalam sup dan sajian rebusan lain
  • Disisipkan dalam salad
  • Dikonsumsi bersama minyak dan biji wijen
  • Di-blend menjadi jus sayuran
Selain tersedia dalam berbagai bentuk makanan, kelp pun tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, seperti makanan lain, mengonsumsi kelp tentu lebih baik dari bentuknya sebagai makanan segar untuk mendapatkan khasiatnya yang optimal.

Catatan dari SehatQ

Kelp adalah jenis rumput laut yang tawarkan manfaat kesehatan. Manfaat kelp termasuk mengandung tinggi antioksidan, bersifat antikanker, dan dapat membantu diet penurunan berat badan. Jika masih memiliki pertanyaan terkait kelp dan manfaatnya, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi makanan sehat terpercaya.
makanan sehatmakanan dietmenurunkan berat badanantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-kelp
Diakses pada 30 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/ways-to-eat-kelp-or-seaweed
Diakses pada 30 November 2020
MDPI. https://www.mdpi.com/1660-3397/12/9/4898/htm
Diakses pada 30 November 2020
Two Oceans Aquarium. https://www.aquarium.co.za/blog/entry/everything-you-need-to-know-about-kelp
Diakses pada 30 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait