Mengenal Ramsay Hunt Syndrome, Cacar Api yang Rusak Saraf Wajah

Ramsay hunt syndrome dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan ganguan pendengaran.
Ramsay hunt syndrome bisa sebabkan kelumpuhan wajah.

Ramsay hunt syndrome atau sindrom ramsay hunt terjadi saat herpes zoster (cacar api) merusak saraf wajah di dekat telinga. Selain "mengundang" ruam yang terasa nyeri, ramsay hunt syndrome juga bisa menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan ramsay hunt syndrome sehingga bisa menimbulkan kerusakan parah pada saraf wajah dan indra pendengaran?

Ramsay hunt syndrome dan penyebabnya

Ramsay hunt syndrome disebabkan oleh virus herpes zoster oticus, yang biasanya menyebabkan cacar air. Jika seseorang pernah menderita cacar air semasa kecil, virus yang menyebabkannya bisa menetap lama di dalam saraf tubuhnya.

Beberapa tahun kemudian, virus itu bisa aktif kembali dan menyebabkan munculnya ruam yang dapat merusak saraf wajah serta gangguan pendengaran.

Siapapun dapat mengidap ramsay hunt syndrome, terutama mereka yang pernah mengalami cacar air, lanjut usia (60 tahun ke atas), dan memiliki sistem imun yang lemah.

Penanganan sedini mungkin bisa mencegah munculnya komplikasi akibat ramsay hunt syndrome. Maka dari itu, jika sudah ada gejala-gejala yang mirip dengan penyakit ini, segera berkonsultasi dengan dokter.

Gejala ramsay hunt syndrome

Kelumpuhan wajah
Ramsay Hunt Syndrome

Gejala paling terlihat dari ramsay hunt syndrome adalah ruam yang terletak di bagian wajah dekat telinga, serta kelumpuhan wajah. Di saat wajah mengalami kelumpuhan, otot-otot yang ada di dalamnya akan sulit dikendalikan. Ramsay hunt syndrome membuat otot-otot wajah seakan kehilangan kekuatannya.

Ruam yang muncul memiliki warna merah dengan bintik-bintik berisi nanah. Ruam ini juga bisa muncul di dekat atau dalam mulut, seperti di dinding mulut hingga di atas tenggorokan.

Bahkan, terkadang meski ruamnya tidak kelihatan sama sekali, kelumpuhan pada wajah tetap terlihat dengan jelas.

Beberapa gejala umum ramsay hunt syndrome lainnya meliputi:

  • Rasa nyeri di bagian telinga
  • Rasa nyeri di leher
  • Telinga berdenging (tinnitus)
  • Hilangnya pendengaran
  • Sulit menutup mata di sisi wajah yang terdampak
  • Menurunnya kemampuan indra perasa
  • Pusing berputar (vertigo)
  • Bicara cadel

Jika tidak segera ditangani, gejala-gejala ramsay hunt syndrome ini tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Itulah sebabnya, penanganan sedini mungkin sangat dibutuhkan, agar hasil penyembuhannya lebih maksimal.

Pengobatan ramsay hunt syndrome

Kelumpuhan wajah
Ramsay Hunt Syndrome

Pengobatan ramsay hunt syndrome paling umum adalah dengan mengonsumsi obat-obatan yang bisa menangani infeksi virusnya. Umumnya, dokter akan memberikan famciclovir atau acyclovir beserta prednisone atau obat kortikosteroid lainnya.

Dokter juga akan menangani ramsay hunt syndrome berdasarkan gejalanya. Untuk rasa nyeri yang timbul pada ruam, dokter akan memberikan obat Nonsteroidal anti-inflammatory (NSAID) atau obat antikejang seperti carbamazepine.

Obat-obatan antihistamin juga bisa meredakan gejala ramsay hunt syndrome seperti pusing dan vertigo. Setelah itu, obat tetes mata bisa mencegah kerusakan kornea akibat ramsay hunt syndrome.

Di rumah, penderita ramsay hunt syndrome disarankan untuk terus membersihkan ruamnya dengan kompres dingin, untuk meminimalisir rasa nyeri. Ibuprofen yang dapat dibeli di apotek juga bisa dikonsumsi untuk meredakan rasa nyerinya.

Komplikasi ramsay hunt syndrome

Jika tidak ditangani serius dan sesegera mungkin, maka mungkin saja muncul komplikasi akibat ramsay hunt syndrome.

Bahkan, beberapa komplikasi ramsay hunt syndrome bersifat permanen, dan akan menurunkan kualitas hidup Anda:

  • Gangguan pendengaran dan kelemahan wajah permanen

Bagi banyak orang, komplikasi ramsay hunt syndrome tidak akan bertahan lama, dan bisa disembuhkan. Namun, gangguan pendengaran dan kelemahan otot wajah ternyata dapat bersifat permanen jika ramsay hunt syndrome tak ditangani dengan segera.

  • Kerusakan mata

Lemahnya otot wajah akibat ramsay hunt syndrome bisa menyebabkan kerusakan mata. Bahkan, penderitanya akan merasa kesulitan dalam menutup kelopak mata. Kerusakan ini bisa memicu munculnya rasa nyeri dan penglihatan kabur.

  • Neuralgia postherpetic

Neuralgia postherpetic adalah kondisi menyakitkan akibat infeksi ruam merusak serabut saraf. “Pesan” yang dikirimkan oleh serabut serat ini menjadi berlebihan dan kebingungan, kemudian menyebabkan rasa sakit walaupun ramsay hunt syndrome telah diobati.

Anak-anak, disarankan untuk mendapatkan vaksin cacar air secara rutin. Sehingga di masa yang akan datang, nak tidak berisiko tinggi mengidap cacar air. Hasilnya, ramsay hunt syndrome pun dapat dicegah.

Untuk orang lansia 50 tahun ke atas, vaksin herpes zoster juga sangat direkomendasikan untuk mencegah datangnya ramsay hunt syndrome.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ramsay-hunt-syndrome/symptoms-causes/syc-20351783
Diakses pada 15 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/ramsay-hunt-syndrome
Diakses pada 15 April 2020

Artikel Terkait