Mengenal Rampan Karies yang Mengintai Gigi Anak


Rampan karies adalah kerusakan struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara tiba-tiba, cepat, dan menyebar luas. Kondisi ini dapat terjadi jika anak sering mengonsumsi makanan tinggi gula dan tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik.

0,0
19 Aug 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Rampan karies pada anak terjadi secara tiba-tiba dan cepatRampan karies bisa menimbulkan nyeri pada gigi anak
Jika anak jarang menggosok gigi dan gemar mengonsumsi makanan manis, mereka akan lebih rentan terhadap penyakit gigi seperti rampan karies. Istilah tersebut mungkin masih terdengar asing di telinga sehingga penting bagi Anda untuk memahaminya. Karies rampan lebih sering dijumpai pada anak-anak. Kondisi ini bahkan dapat memengaruhi gigi susu ataupun gigi permanennya. Proses terbentuknya penyakit gigi ini umumnya sama dengan karies biasa, tapi berlangsung secara lebih cepat.

Apa itu rampan karies?

Rampan karies adalah kerusakan struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara tiba-tiba, cepat, dan menyebar luas. Jenis karies ini bisa langsung menjangkau pulpa (bagian tengah gigi) dan memengaruhi gigi geligi yang umumnya tahan terhadap kerusakan.Karies rampan menyebabkan gigi susu lebih cepat rusak dan lebih parah ketimbang pada gigi permanen. Kondisi ini disebabkan oleh struktur email (lapisan gigi paling luar) gigi susu yang lebih tipis dan tidak sepadat gigi tetap.Rampan karies berbeda dengan karies botol. Kerusakan gigi pada karies botol terjadi akibat kebiasaan anak minum susu ataupun cairan manis lainnya dalam botol sampai tertidur sehingga gulanya menempel pada gigi anakSelain itu, karies botol juga lebih sering dialami anak berusia 1-2 tahun. Namun, karies rampan tidak terbatas pada golongan usia tersebut karena bisa terjadi pada segala usia. 

Penyebab rampan karies pada anak

tidak menjaga kebersihan gigi
Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik memicu rampan karies
Penyebab rampan karies pada anak adalah ketidakseimbangan antara hilangnya mineral gigi (demineralisasi) dengan penggantian kembali mineral gigi (remineralisasi) yang terjadi dalam waktu lama. Kondisi ini dapat dipicu oleh konsumsi makanan tinggi gula sukrosa, serta tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Alhasil, sisa-sisa makanan yang menempel di gigi digerogoti oleh bakteri sehingga menghasilkan asam.Selanjutnya, plak akan timbul pada gigi sehingga membuat gigi anak menjadi cokelat atau hitam. Kerusakan yang berlanjut bisa menyebabkan gigi berlubang dengan cepat. Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada gigi sehingga membuat anak rewel, sulit mengunyah, dan nafsu makannya menurun.

Bisakah rampan karies dicegah?

Rampan karies dapat dicegah dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini, seperti:
  • Setelah gigi pertama anak muncul, mulailah menyikat giginya. Sikat gigi anak dua kali sehari dengan pasta gigi berukuran sebutir beras. Jika anak sudah mulai besar, ajarkan ia menyikat giginya sendiri.
  • Apabila anak sudah berusia lebih dari 2 tahun, lakukanlah flossing dengan benang gigi. Benang gigi dapat membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi anak.
  • Batasi pemberian makanan dan minuman manis pada anak.
  • Lakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Cara mengatasi rampan karies pada anak

Untuk mengatasi rampan karies pada anak, bawalah ia ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut adalah berbagai penanganan yang mungkin dilakukan oleh dokter gigi.
  • Mengedukasi seputar kesehatan gigi

Dokter gigi akan mengedukasi anak untuk menyikat gigi dua kali sehari, setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Pastikan cara menyikat gigi dilakukan dengan tepat agar gigi bersih secara menyeluruh.Selain itu, Anda harus memberikan anak makanan bergizi seimbang, terutama sayur-mayur dan buah-buahan. Kurangi pemberian makanan dan minuman yang tinggi gula pada anak, seperti permen, keripik, soda, dan lainnya.
  • Penambalan gigi

proses penambalan gigi
Penambalan dapat membantu memperbaiki kerusakan gigi akibat rampan karies
Dalam penanganan karies rampan, dokter gigi dapat mengangkat bagian gigi yang membusuk dan menggantinya dengan tambalan. Bahan tambalan, misalnya komposit resin, akan diletakkan pada area gigi yang rusak untuk memperbaikinya.
  • Pencabutan gigi

Jika kondisi gigi anak sudah sangat rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, dokter gigi dapat melakukan pencabutan gigi. Supaya anak tidak trauma saat cabut gigi, pemberian obat anestesi dapat dilakukan sesuai kondisi anak.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar rampan karies, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan gigisakit gigigigi bungsugigi berlubang
Journal of Medicine and Health. https://journal.maranatha.edu/index.php/jmh/article/view/1843/1501
Diakses pada 05 Agustus 2021
Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/tooth-decay-caries-or-cavities-in-children
Diakses pada 05 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/cavities-in-kids#treatment
Diakses pada 05 Agustus 2021
Stanford Childrens. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=nursing-bottle-caries-90-P01844
Diakses pada 05 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait