Mengenal Qi Gong dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental


Qi gong adalah meditasi yang menyelaraskan gerak tubuh, pernapasan, dan pikiran. Meditasi ini bermanfaat menurunkan stres dan mengurangi risiko penyakit kronis

(0)
19 Mar 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat meditasi qi gong yang bisa menurunkan risiko penyakit kronisMeditasi qi gong bermanfaat untuk mengatasi stres
Qi gong bisa menjadi alternatif untuk Anda yang sedang mencari aktivitas bermanfaat bagi fisik dan mental Anda. Mendengar atau membaca namanya mungkin membuat Anda bertanya-tanya gerakan seperti apa yang harus dilakukan di dalamnya. Qi gong adalah aktvivitas meditasi yang menggabungkan secara lembut gerakan tubuh dan pernapasan.

Mengenal meditasi qi gong

Meditasi qi gong (baca: Chi Kung) sudah digunakan oleh masyarakat Cina kuno untuk banyak kebutuhan. Aktivitas ini bermanfaat sebagai latihan penguatan otot, penyembuhan penyakit, hingga relaksasi untuk menjaga kesehatan mental.Meditasi ini diambil dari dua kata, yaitu “qi” yang berarti “energi yang ada di dalam tubuh” dan “gong” yang berarti “penguasaan”. Dengan kata lain, aktivitas ini membuat seseorang mengendalikan energi di dalam tubuhnya agar bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri.Perpaduan gerakan yang ada dalam qi gong memang bertujuan untuk membangkitkan energi dalam tubuh. Menurut sebuah studi, gerakan dan segala macam unsur di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mental, fisik, dan spiritual seseorang. Qi gong mengajak orang untuk melakukan gerakan berirama dan menyelaraskannya dengan pernapasan. Karena gerakan yang dilakukan sangat lambat, meditasi ini bukan bertujuan untuk membakar kalori atau meningkatkan detak jantung seperti olahraga kardio. Di sisi lain, pernapasan yang dilakukan dapat meningkatkan stamina, vitalitas, serta kekebalan tubuh.Di samping itu, gerakan yang dibuat juga mampu melancarkan kerja sistem pernapasan, aliran darah, limfa, hingga pencernaan. Intensitas dari melakukan meditasi qi gong sangatlah rendah sehingga meminimalkan timbulnya cedera pada persendian

Manfaat melakukan qi gong

meditasi qi gong
Meditasi qi gong bisa membuat tubuh seimbang
Dalam jangka panjang, melakukan qi gong bisa menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya. Simak apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari melakukan meditasi qi gong:

1. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Sebuah studi yang dilakukan pada 2020 menemukan adanya korelasi melakukan qi gong dengan keseimbangan tubuh. Dalam penelitian tersebut, sebanyak 95 orang berusia antara 51—96 tahun diminta melakukan qigong selama 12 pekan. Hasilnya, partisipan yang mengikuti penelitian tersebut memiliki keseimbangan dalam berjalan dan rasa kepercayaan diri.Studi lainnya juga memberikan manfaat yang serupa untuk mereka yang lebih muda. Partisipan dengan rentang usia 18—25 tahun mengalami peningkatan kestabilan hingga 16,3% setelah melakukan meditasi ini selama 8 minggu.Hal yang bisa diambil dari dua studi ini adalah qi gong bisa dilakukan oleh siapa saja. Melakukannya dengan rutin pun bisa menjaga tubuh Anda lebih kokoh dan tidak mudah jatuh.

2. Menurunkan kadar stres

Anda yang memiliki rutinitas dengan tekanan yang tinggi disarankan melakukan qi gong di sela-sela waktu senggang. Meditasi ini bisa membantu menurunkan kadar stres sehingga tidak menumpuk dalam tubuh.Dalam qi gong, Anda akan mengontrol pernapasan dan menggabungkannya dengan gerakan-gerakan lembut yang harmonis. Cara ini membuat tubuh lebih tenang sekaligus mengirimkan sinyal bahwa Anda sedang tidak dalam tekanan.Di samping itu, melakukan qi gong juga akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatik dan menghambat pemicu stres di dalam tubuh. Jika dilakukan dengan rutin, qi gong juga sering dikaitkan pada peningkatan kualitas fisik dan hidup seseorang.

3. Meningkatkan fokus

Kesibukan sehari-hari juga membuat banyak orang gagal fokus. Metode mengatur napas, pikiran, dan tubuh dalam qi gong juga akan meningkatkan fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari.  Karena dalam melakukannya dibutuhkan konsentrasi yang tinggi, Anda pun nantinya bisa menerapkannya dalam hal-hal lain.

4. Membuat tubuh kuat dan lentur

Qi gong akan membuat banyak bagian tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Saat melakukannya, Anda akan menggerakkan tubuh dengan cara lembut. Gerakan yang dilakukan pun akan sangat minim tekanan pada bagian otot dan persendian.Tanpa disadari, setiap keharmonisan gerakan tubuh yang Anda lakukan akan memberikan kekuatan untuk otot-otot pada bagian tangan, kaki, bokong, dan punggung.Lebih mudahnya lagi, Anda bisa melakukannya dengan biaya yang sangat minim. Cukup melakukannya dengan pakaian yang nyaman, seperti baju dan celana yang membuat Anda bebas bergerak.

5. Menurunkan risiko penyakit kronis

Secara keseluruhan, qi gong akan membuat Anda lebih tenang, menurunkan kadar stres, meningkatkan aliran darah, serta menjaga kebugaran tubuh. Jika semua itu ada dalam diri Anda, tentunya penyakit kronis pun akan jauh dari tubuh.Sebuah studi menyatakan, qi gong akan menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Ada pendapat juga yang mengatakan bahwa aktivitas meditasi ini masih tetap aman dilakukan saat pasien yang menderita penyakit tersebut menjalani perawatan. Namun, masih perlu dilakukan studi lanjutan untuk memastikan qi gong direkomendasikan dalam sebuah terapi penyembuhan.

Cara melakukan qi gong

Sebenarnya, ada banyak variasi gerakan yang ada dalam qi gong. Untuk Anda yang baru ingin memulai, melakukan gerakan dasar merupakan pilihan bijaksana. Berikut cara melakukan qi gong:
  • Qi gong pasif

Qi gong pasif sebenarnya memiliki prinsip seperti meditasi
Anda perlu melatih pernapasan dalam qi gong pasif
Gerakan dalam qi gong pasif mirip dengan meditasi pada umumnya. Anda akan memfokuskan latihan mental (ru jing) dan visualisasi (cun si). Untuk fokus latihan mental, Anda bisa duduk dalam posisi tegak dengan mata tertutup. Lakukan pernapasan diafragma dengan menggunakan perut. Idealnya, gerakan ini dilakukan selama lebih dari 10 menit. Cobalah fokus pada pengaturan napas Anda.Saat melakukannya, cobalah membayangkan sebuah tempat atau suasana yang membuat Anda rileks. Pastikan visualisasi yang dipakai mampu membantu Anda mengalirkan energi positif.Untuk metode penyembuhan, fokuskan pada organ tersebut sambil terus mengatur napas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda mungkin harus melakukannya berkali-kali secara rutin. Cobalah ikut kelas online atau menonton video tutorialnya di internet.
  • Qi gong aktif

Dalam qi gong aktif, Anda akan melakukan beberapa gerakan layaknya peregangan ringan. Gerakan yang dilakukan mungkin mirip dengan sejumlah gerakan dalam yoga. Bedanya, Anda perlu melakukan gerakan terus sambil menjaga tubuh tetap seimbang.Qi gong aktif biasanya dilakukan secara berkelompok di luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk menjalin hubungan antarmanusia dan membantu mempercepat penyembuhan masalah dalam tubuh.Mungkin gerakan yang dilakukan agak sedikit rumit, khususnya untuk Anda yang baru pertama kali melakukannya. Hal yang harus dilakukan adalah berlatih dengan sabar dan menikmati seluruh prosesnya.

Catatan dari SehatQ

Meditasi qi gong dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental karena terdapat latihan pernapasan di dalamnya. Selain itu, gerakan yang dilakukan juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jantung dan diabetes tipe 2. Karena gerakan ini terbilang sangat lembut dan lambat, diperlukan latihan rutin untuk mendapatkan manfaat yang sempurna.Meditasi ini tidak dapat menggantikan obat dokter jika Anda sudah mengalami penyakit kronis sebelumnya. Selain itu, berhati-hati jika Anda memiliki penyakit terkait tulang dan sendi jika hendak melakukan meditasi ini.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang meditasi qi gong dan manfaat yang bisa didapatkan dari melakukannya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
stresyogalatihan fisikpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/qigong-meditation
Diakses pada 8 Maret 2021
WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/tai-chi-and-chi-gong
Diakses pada 8 Maret 2021
RX List. https://www.rxlist.com/qi_gong/definition.htm
Diakses pada 8 Maret 2021
NCBI https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5750593/
Diakses pada 8 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait