logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

5 Manfaat Propolis, Getah Lengket Lebah yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

open-summary

Manfaat propolis sebagian besar berasal dari zat polifenol yang terkandung. Khasiat propolis mampu atasi peradangan hingga mengurangi risiko berbagai penyakit.


close-summary

3.83

(23)

19 Agt 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat propolis berasal dari nutrisi yang terkandung

Manfaat propolis adalah mengatasi peradangan dan luka di dalam mulut.

Table of Content

  • Mengenal propolis, si getah yang punya banyak manfaat
  • Senyawa penyembuhan pada propolis
  • Manfaat propolis untuk kesehatan
  • Cara pemakaian propolis
  • Efek samping propolis
  • Catatan dari SehatQ

Manfaat propolis kerap diketahui baik untuk kesehatan. Banyak produk kesehatan dengan klaim mengandung propolis, untuk menyembuhkan penyakit. Namun, tidak banyak yang tahu khasiat spesifiknya.

Advertisement

Propolis adalah getah yang diambil dari berbagai macam pohon oleh lebah. Setelah berhasil mengambilnya, propolis digunakan lebah untuk membangun sarang mereka.

Lantas, apa khasiat propolis bagi tubuh manusia jika dikonsumsi dengan benar dan sewajarnya?

Mengenal propolis, si getah yang punya banyak manfaat

Dalam sebuah studi berjudul Propolis: A Wonder Bees Products and Its Pharmacological Potentials yang dirilis dalam jurnal Advances in Pharmacological Sciences, disebutkan bahwa propolis mentah terbuat dari 50% resin, 30% lilin lebah, 10% minyak atsiri, 5% serbuk sari, dan 5% lainnya adalah berbagai senyawa organik.

Teksturnya keras, tapi ketika dipanaskan, propolis akan menjadi lembut, lentur, dan sangat lengket. Warnanya beragam, mulai dari kuning, merah, hingga cokelat tua.

Baca Juga

  • 7 Cara Menaklukkan Pasangan yang Moody
  • Manfaat Nasi Jagung, Pangan Alternatif yang Kian Populer
  • Tahukah Anda, Ternyata Warna Kotoran Telinga Ada Artinya

Semua itu tergantung dari sumber dan juga usia propolis. Baunya yang sangat harum juga menjadi salah satu daya tarik propolis.

Ribuan tahun lalu, peradaban kuno percaya bahwa propolis memiliki banyak khasiat, seperti mengobati abses, melawan infeksi pada luka dan tumor.

Perlu diingat, komposisi propolis tiap negara, tentu berbeda. Sebab, lebah di setiap negara, tidak mengambil getah dari pohon yang sama.

Senyawa penyembuhan pada propolis

Para peneliti telah menemukan bahwa propolis memiliki kandungan lebih dari 300 senyawa.

Mayoritas kandungan zat ini berbentuk polifenol, yang merupakan antioksidan, untuk melawan penyakit serta kerusakan pada tubuh.

Secara spesifik, propolis mengandung polifenol yang bernama flavonoid. Flavonoid tercipta di dalam tumbuhan, sebagai bentuk pertahanan. Mereka seringkali ditemukan di makanan, seperti buah, teh hijau, sayur dan anggur merah.

Manfaat propolis untuk kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat propolis yang sudah dibuktikan oleh para peneliti untuk mengatasi berbagai masalah.

1. Dipercaya dapat mengatasi peradangan dan luka di dalam mulut

Manfaat propolis yang pertama adalah mengobati luka dan peradangan di dalam mulut.

Sebagian besar penelitian berhasil menunjukkan bahwa khasiat propolis yang berupa larutan kumuran dapat membantu menyembuhkan luka yang disebabkan obat kanker atau gigi palsu. 

Kegunaan propolis berguna untuk membantu penyembuhan peradangan dan pembengkakan pada mulut.

Tidak hanya polifenol saja, propolis juga dilengkapi senyawa khusus bernama pinocembrin, yang merupakan flavonoid khusus antijamur. Selain itu, sifat antimikroba dan anti-inflamasinya membuat propolis mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Satu studi menemukan, khasiat propolis merangsang pertumbuhan sel baru pada luka bakar. Itulah manfaat propolis selanjutnya!

2. Mempercepat penyembuhan herpes genital

Biasanya, salep digunakan untuk membantu proses penyembuhan pada penyakit herpes genital. Penelitian menunjukkan, salep yang mengandung 3% propolis, terbukti lebih ampuh dalam mempercepat proses penyembuhan luka herpes genital.

Selain herpes genital, khasiat propolis berupa salep juga mampu menyembuhkan luka herpes labialis, yang muncul di dekat bibir.

Para peneliti menyimpulkan bahwa manfaat propolis dalam bentuk salep tidak hanya mengurangi virus herpes pada tubuh, tapi juga memproteksi tubuh dari virus herpes di waktu yang akan datang.

3. Dipercaya bisa mengobati penyakit kanker

Manfaat propolis yang mungkin sangat mengejutkan adalah mengobati penyakit kanker.

Ada sebuah studi yang menyatakan, khasiat propolis adalah antikanker sehingga dapat mencegah sel kanker untuk berlipat ganda, menurunkan risiko sel rusak menjadi kanker, hingga memblokir “jalur” yang menyebabkan sel kanker saling memberi sinyal kepada satu sama lain.

Kemudian, penelitian lainnya membuktikan, propolis yang diambil dari Tiongkok, dapat digunakan dalam terapi tepat bagi pengidap kanker payudara, karena mengandung efek antitumor bagi sel kanker payudara.

4. Menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2

Manfaat propolis selanjutnya dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2.

Di dalam sebuah studi terbitan Environmental Research and Public Health yang diikuti 250 pasien diabetes tipe 2, mengonsumsi 400-1.500 miligram propolis per hari terbukti bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan pertahanan antioksidan.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat propolis yang satu ini.

5. Menurunkan tekanan darah

Di dalam sebuah studi dari Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, manfaat propolis terbukti bisa menurunkan tekanan darah sistolik maupun diastolik saat dikonsumsi dua kali sehari dalam kurun waktu tiga bulan.

Lagi-lagi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat propolis ini.

Cara pemakaian propolis

Untuk mendapatkan manfaat propolis, ada tiga langkah yang bisa Anda lakukan saat menggunakan propolis, yakni:

  • Suplemen minum
  • Diencerkan untuk obat kumur
  • Dioles ke kulit.

Cara minum propolis biasanya dengan meneteskan 5-7 tetes dan diencerkan ke dalam seperempat gelas air matang. Lalu, minum propolis sebelum atau sesudah makan? Akan lebih baik bila pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Untuk penggunaan pada kulit, aplikasikan langsung propolis murni atau produk skincare yang menggunakan bahan aktif propolis. Selalu ikuti aturan pada label kemasan.

Efek samping propolis

Bersama dengan manfaatnya, propolis juga membawa efek samping bagi beberapa orang. Berikut ini adalah efek samping berdasarkan cara penggunaannya, agar Anda dapat menghindarinya:

1. Dikonsumsi dengan mulut

Propolis mungkin saja aman jika dikonsumsi lewat mulut, secara benar. Namun, hal ini bisa menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang yang memiliki alergi terhadap lebah atau produk lebah.

Obat pelega tenggorokan yang mengandung propolis, juga bisa menyebabkan iritasi dan sariawan.

2. Jika dioleskan ke kulit

Sama seperti ketika dikonsumsi dengan mulut, propolis juga mungkin saja aman jika dioleskan ke kulit. Namun lagi-lagi, tetap berisiko menimbulkan alergi pada orang yang alergi terhadap lebah atau produk lebah.

Perlu diingat, ibu yang sedang hamil atau menyusui, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi atau menggunakan propolis. Sebab, penelitian terhadap keamanannya, masih sangat minim. Penderita asma, maupun orang yang alergi terhadap lebah, juga disarankan tidak mengonsumsi propolis.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda sedang mengalami perdarahan, sebaiknya juga tidak menggunakan propolis, karena zat lengket ini punya bahan kimia yang berisiko memperlambat pembekuan darah.

Begitu pula dengan orang yang akan menjalani operasi. Jika mengonsumsi propolis, ada potensi perdarahan saat operasi berjalan.

Jika ingin mencari propolis, biasanya Anda bisa menemukannya di pasar, apotek, pasar swalayan, atau toko makanan sehat. Propolis dapat dibeli dalam berbagai macam bentuk; tablet, salep, tablet hingga cairan.

Untuk saat ini, tidak ada rekomendasi medis mengenai dosis aman propolis. Sebuah penelitian merekomendasikan Anda untuk tidak mengonsumsi propolis lebih dari 70 mg per harinya.

Selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter, sebelum Anda mengonsumsi propolis. Sebab, dokter bisa memberikan informasi mengenai efek samping, yang bisa Anda alami ketika menggunakan propolis.

Bila Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang khasiat propolis, madu, maupun makanan manis lainnya, Anda bisa chat gratis dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

sengatan lebahhidup sehatmadumakanan sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved