Program Hamil Anak Perempuan Berbasis Teknologi yang Bisa Dicoba


Program hamil anak perempuan banyak diinginkan para pasangan khususnya bagi para orangtua yang telah lama menantikan buah hati. Tak perlu khawatir, Anda bisa melakukannya dengan teknologi medis.

(0)
01 Feb 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Program hamil anak perempuan dengan teknologiProgram hamil anak perempuan kini bisa dilakukan dengan bantuan tekonologi
Anda mungkin pernah mendengar bahwa konsumsi makanan dan posisi hubungan seksual tertentu dipercaya akan meningkatkan peluang menghasilkan janin berjenis kelamin perempuan. Namun, tahukah Anda bahwa kini ada program hamil anak perempuan yang dapat dilakukan secara medis dengan hasil yang lebih menjanjikan?Program bayi perempuan ini dilakukan melalui metode in vitro fertilization (IVF), yang dikenal di Indonesia dengan sebutan bayi tabung. IVF biasanya dianggap sebagai salah satu opsi bagi wanita yang mengalami masalah infertilitas untuk bisa hamil dengan bantuan teknologi.Akan tetapi, bagi Anda yang tidak memiliki masalah infertilitas, Anda tetap bisa menyambangi klinik yang menawarkan program bayi tabung tersebut, tapi dengan tujuan lain, yakni memilih gender calon janin.Hal ini pernah dilakukan oleh model Chrissy Teigen, yang juga isteri dari musisi asal Amerika Serikat, John Legend. Meski mengundang kontroversi karena dianggap mendahului Tuhan, program bayi perempuan tersebut berhasil membuat pasangan itu memiliki bayi perempuan yang diberi nama Luna Simone.

Program hamil anak perempuan lewat IVF dengan PGD

Bagi Anda yang juga ingin menjalani program hamil anak perempuan dengan metode IVF, siap-siap memeras tabungan karena cara ini tidak murah. Pasalnya, Anda harus membayar ongkos IVF pada umumnya, ditambah screening jenis kelamin bayi yang Anda inginkan.Agar hamil anak perempuan dengan cara ini, pertama-tama harus dilakukan screening pada embrio yang diciptakan dalam tabung. Dokter IVF kemudian akan memilih embrio yang paling sehat untuk kemudian ditanam ke ke rahim ibu atau disebut juga Preimplantation Genetic Diagnosis (PGD).Ketika screening tersebut menunjukkan beberapa embrio yang sehat dan membawa kromosom gender tertentu (X untuk perempuan, Y untuk laki-laki), maka orangtua bisa memilih embrio yang akan ditanam. Bagi Anda yang menginginkan anak perempuan, dokter akan menanam embrio sesuai keinginan Anda.Meski demikian, tidak semua dokter IVF mau melakukan metode ini karena ada yang beranggapan bahwa metode ini tidak etis. Oleh karenanya, Ada baiknya untuk membicarakan soal pemilihan gender ini sebelum melakukan program bayi perempuan di klinik IVF tertentu.

Program hamil anak perempuan dengan seleksi sperma

Perkembangan teknologi juga memungkinkan Anda menjalani program bayi perempuan lewat alat penyeleksi sperma yang dinamakan MicroSort. Hanya saja, Anda harus terbang ke Malaysia, Meksiko, Swiss, atau Siprus Utara untuk merasakan kecanggihan alat ini.Untuk menggunakannya, pria harus menyetor sampel air mani yang kemudian dicuci untuk memisahkan antara cairan semen, sperma yang tidak bergerak, dan sperma yang masih aktif. Alat seleksi sperma ini bertugas memilah sperma yang sehat dan banyak mengandung kromosom X menggunakan bantuan pewarna khusus.Selanjutnya, sperma tersebut ditanamkan ke rahim ibu. Karena fungsi penyeleksiannya tersebut, alat ini juga kerap dikombinasikan dengan metode IVF atau IVF-PGD dengan tingkat keberhasilan program hamil anak perempuan ini mencapai 93 persen.

Program hamil anak perempuan yang dipercaya turun-temurun

Sebelum program hamil anak perempuan lewat metode IVF dikenal luas, ada cara yang diyakini dapat memperbesar peluang bagi seorang wanita untuk mengandung janin perempuan. Dalam dunia medis, beberapa langkah ini juga dikenal dalam metode Shettles.Dikutip dari Baby Centre UK, berikut beberapa cara hamil bayi perempuan secara tradisional yang dianggap dapat meningkatkan kemungkinan seorang wanita hamil janin perempuan:
  • Berhubungan seksual beberapa hari sebelum masa subur wanita. Hal ini dikarenakan sperma yang membawa kromosom X (wanita) dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh, sedangkan sperma pembawa kromosom Y (laki-laki) akan cepat mati sehingga tidak dapat bertahan saat sel telur muncul kala ovulasi.
  • Menyetop hubungan seksual tanpa pengaman lima hari sebelum ovulasi.
  • Suami Anda mencapai orgasme terlebih dahulu.
  • Berhubungan seksual lebih sering sehingga air mani menjadi encer yang artinya juga mengurangi jumlah sperma yang membawa kromosom Y.
  • Istri yang menginisiasi hubungan seksual terlebih dahulu.
  • Berhubungan seksual di sore hari dan di tanggal genap.
  • Meletakkan pita pink di bawah bantal dan sendok kayu di bawah kasur.
  • Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, misalnya susu dan produk turunannya (keju dan yogurt), nasi, pasta, bayam, tomat, cokelat, kopi, dan lain-lain.
Beberapa kepercayaan turun-temurun juga meyakini bahwa pria yang sering memakai jeans dan celana ketat lebih besar memberikan peluang kehamilan untuk anak perempuan. Meski demikian, klaim ini tidak benar dan justru dapat mengganggu fertilitas pria.Selain itu, metode Shettles secara umum juga tidak terbukti secara medis. Beberapa penelitian yang mengkaji metode ini memiliki kesimpulan yang tidak konsisten. Dengan kata lain, Anda tidak bisa menggantungkan harapan pada program hamil anak perempuan dengan cara ini.

Apa tanda tanda hamil anak perempuan?

Anda mungkin sering mendengar mitos yang menghubungkan beberapa hal sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama, seperti mual hingga munculnya jerawat.Sayangnya menurut sudut pandang ilmiah, jenis kelamin janin yang Anda kandung baru dapat diketahui secepat-cepatnya saat usia kehamilan Anda mencapai 11 minggu melalui tes darah noninvasif (NIPT) yang dilakukan saat kandungan Anda berusia 10 minggu. Tes NIPT bertujuan untuk mendeteksi potensi kelainan kromosom, misalnya Down Syndrome, tapi tes ini juga dapat melihat ada atau tidaknya kromosom Y alias laki-laki pada janin.Apabila Anda tidak ingin melakukan NIPT, jenis kelamin janin bisa terdeteksi lewat pemeriksaan ultrasonografi (USG) pada saat usia kandungan 14 minggu. Namun, hasilnya dari pemeriksaan ini baru bisa dikatakan akurat ketika kandungan Anda memasuki usia 18 minggu.Metode lain yang terbukti secara medis untuk mengetahui ciri-ciri hamil anak perempuan di trimester pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan CVS di usia kehamilan 10 minggu. Namun, ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan tes ini karena sifatnya yang sedikit invasif dan bisa mengakibatkan keguguran.Jika Anda ingin berkonsultasi seputar cara punya anak perempuan, Anda bisa bertanya langsung dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
merencanakan kehamilanbayi tabung
Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/gender/selection/ivf-and-gender-selection-what-you-need-to-know/
Diakses pada 31 Januari 2020
Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a549359/can-you-choose-to-have-a-boy-or-girl
Diakses pada 31 Januari 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/choosing-the-sex-of-your-baby-facts-and-myths-4163803
Diakses pada 31 Januari 2020
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_when-and-how-can-i-find-out-my-babys-sex_20004784.bcDiakses pada 5 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait