Pompa ASI elektrik dengan double pumps memungkinkan Anda menggunakan langsung pada kedua payudara
Menggunakan pompa ASI elektrik terbilang praktis karena Anda dapat memerah ASI sembari melakukan aktivitas lain

Ketika menjalankan peran sebagai ibu menyusui sekaligus ibu bekerja, salah satu 'perlengkapan perang' yang wajib dibawa ketika bepergian adalah pompa ASI. Benda ini memungkinkan busui memberi ASI eksklusif pada bayi meski ia tak langsung menyusu pada payudara. Salah satu jenis pompa ASI yang paling sering digunakan, yaitu pompa ASI elektrik.

Apa itu pompa ASI elektrik?

Pompa ASI elektrik adalah alat yang digunakan untuk memompa ASI dari payudara secara otomatis. Umumnya, pompa ASI ini menggunakan daya listrik sehingga Anda tak akan kesulitan untuk memompa dengan tangan

Terdapat dua bentuk pompa ASI elektrik, yaitu yang terdiri dari satu pompa (single electric pumps) untuk digunakan secara bergantian pada payudara, dan dua pompa (double electric pumps) yang dapat digunakan langsung pada kedua payudara. Penggunaan pompa ASI elektrik pun terbilang praktis bahkan Anda dapat memompa sambil melakukan aktivitas lain.

Namun, pompa ASI elektrik umumnya lebih berat daripada pompa manual. Selain itu, pompa ini juga lebih mengeluarkan suara yang berisik. Meski begitu, pompa ASI elektrik bisa sangat membantu busui dalam memenuhi kebutuhan ASI bayi.

Kelebihan dan kekurangan pompa ASI elektrik

Sama halnya dengan perlengkapan busui lain, terdapat kelebihan maupun kekurangan dari pompa ASI elektrik. Adapun beberapa kelebihan yang dapat ditawarkan oleh pompa ASI elektrik, yaitu:

  • Lebih praktis untuk digunakan daripada pompa manual
  • Lebih cepat dari metode lain dalam memerah ASI
  • Lebih nyaman digunakan karena memiliki berbagai fitur pengaturan
  • Menawarkan lebih banyak pilihan dengan model tertentu

Sementara, kekurangan dari pompa ASI elektrik di antaranya dibanderol dengan harga yang lebih mahal, mengeluarkan suara yang cukup bising, dan umumnya kurang portabel. Jika Anda tertarik menggunakan pompa ASI elektrik, Anda dapat mencarinya di toko-toko perlengkapan ibu dan bayi maupun toko-toko daring. 

Akan tetapi, sebelum memilih pompa ASI elektrik, pastikan alat yang Anda pilih memiliki kriteria, yaitu: 

  • kemampuan pompa yang dapat disesuaikan
  • kemampuan memerah lebih banyak 
  • pompa ganda untuk meningkatkan produksi ASI 
  • model yang mudah digunakan dan dibersihkan 

Pompa ASI elektrik dengan kriteria tersebut akan membuat Anda optimal dalam melakukan pumping.

Cara menggunakan pompa ASI elektrik

Sebelum menggunakan pompa ASI elektrik, bacalah petunjuk penggunaan dengan benar agar Anda tidak keliru maupun kesulitan. Selain itu, pastikan pula seluruh bagian pompa ASI bersih dan steril agar terhindar dari kuman yang menempel. 

Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memompa ASI dengan pompa elektrik ini, yaitu:

  1. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir sampai bersih.
  2. Pasang pelindung payudara, wadah untuk mengumpulkan ASI, tabung, dan pompa payudara sesuai dengan petunjuk.
  3. Posisikan pelindung payudara tersebut dengan tepat. Lalu, tekanlah dengan lembut agar membuatnya tak mudah lepas.
  4. Colokkan pompa ASI elektrik ke colokan listrik dan nyalakan dengan intensitas yang rendah. Intensitas dapat ditingkatkan secara perlahan selama Anda tak merasakan sakit. Teruslah sesuaikan hingga ASI mengalir dengan lancar.
  5. Selama proses memompa, peganglah pelindung payudara agar tidak copot.
  6. Bila Anda menggunakan pompa ASI elektrik dengan satu pompa, beralihlah pada payudara yang lain setelah payudara yang satu selesai. Ulangilah langkah di atas untuk memompa payudara yang satunya.
  7. Sementara, bila menggunakan pompa ASI elektrik dengan dua pompa, maka Anda dapat mengumpulkan ASI dari kedua payudara secara bersamaan.
  8. Setelah pompa ASI selesai digunakan, segera cuci seluruh bagian pompa yang terkena ASI. Selanjutnya, biarkan mengering sepenuhnya sebelum disimpan.

Setiap pompa ASI elektrik mungkin memiliki instruksi pembersihan yang berbeda. Jadi, kembali lihat buku petunjuk untuk memastikannya. Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan ASI bayi agar pertumbuhan dan perkembangan si Kecil dapat berjalan dengan lancar.

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/breast-pump#types
Diakses pada 30 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-use-a-breast-pump#electric-breast-pump
Diakses pada 30 April 2020

Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a568506/buying-an-electric-breast-pump
Diakses pada 30 April 2020

Artikel Terkait