Mengenal Pompa ASI Elektrik yang Penting Diketahui Busui


Pompa ASI elektrik jadi salah satu alternatif bagi ibu menyusui yang bekerja untuk tetap memastikan kebutuhan ASI si Kecil terpenuhi. Ini sejumlah pompa ASI yang bisa jadi pilihan.

(0)
16 May 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pompa ASI elektrik dengan double pumps memungkinkan Anda menggunakan langsung pada kedua payudaraMenggunakan pompa ASI elektrik terbilang praktis karena Anda dapat memerah ASI sembari melakukan aktivitas lain
Ketika menjalankan peran sebagai ibu menyusui sekaligus ibu bekerja, salah satu 'perlengkapan perang' yang wajib dibawa ketika bepergian adalah pompa ASI. Benda ini memungkinkan busui memberi ASI eksklusif pada bayi meski ia tak langsung menyusu pada payudara. Salah satu jenis pompa ASI yang paling sering digunakan, yaitu pompa ASI elektrik.

Apa itu pompa ASI elektrik?

Pompa ASI elektrik adalah alat yang digunakan untuk memompa ASI dari payudara secara otomatis. Umumnya, pompa ASI ini menggunakan daya listrik sehingga Anda tak akan kesulitan untuk memompa dengan tanganTerdapat dua bentuk pompa ASI elektrik, yaitu yang terdiri dari satu pompa (single electric pumps) untuk digunakan secara bergantian pada payudara, dan dua pompa (double electric pumps) yang dapat digunakan langsung pada kedua payudara. Penggunaan pompa elektrik pun terbilang praktis bahkan Anda dapat memompa sambil melakukan aktivitas lain.Namun, pompa ASI elektrik umumnya lebih berat daripada pompa ASI manual. Selain itu, pompa ini juga lebih mengeluarkan suara yang berisik. Meski begitu, pompa jenis ini bisa sangat membantu busui dalam memenuhi kebutuhan ASI bayi.

Kelebihan dan kekurangan pompa ASI elektrik

Sama halnya dengan perlengkapan busui lain, terdapat kelebihan maupun kekurangan dari pompa elektrik. Adapun beberapa kelebihan yang dapat ditawarkan yaitu:
  • Lebih praktis untuk digunakan daripada pompa ASI manual
  • Lebih cepat dari metode lain dalam memerah ASI
  • Lebih nyaman digunakan karena memiliki berbagai fitur pengaturan
  • Menawarkan lebih banyak pilihan dengan model tertentu
Sementara, kekurangan dari pompa ASI elektrik di antaranya dibanderol dengan harga yang lebih mahal, mengeluarkan suara yang cukup bising, dan umumnya kurang portabel.Akan tetapi, sebelum memilih pompa elektrik, pastikan alat yang Anda pilih memiliki kriteria, yaitu: 
  • kemampuan pompa yang dapat disesuaikan
  • kemampuan memerah lebih banyak 
  • pompa ganda untuk meningkatkan produksi ASI 
  • model yang mudah digunakan dan dibersihkan 
Pompa elektrik dengan kriteria tersebut akan membuat Anda optimal dalam melakukan pumping.

Cara menggunakan pompa ASI elektrik

Sebelum menggunakan pompa elektrik, bacalah petunjuk penggunaan dengan benar agar Anda tidak keliru maupun kesulitan. Selain itu, pastikan pula seluruh bagian pompa ASI bersih dan steril agar terhindar dari kuman yang menempel. Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memompa ASI dengan pompa elektrik ini, yaitu:
  1. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir sampai bersih.
  2. Pasang pelindung payudara, wadah untuk mengumpulkan ASI, tabung, dan pompa payudara sesuai dengan petunjuk.
  3. Posisikan pelindung payudara tersebut dengan tepat. Lalu, tekanlah dengan lembut agar membuatnya tak mudah lepas.
  4. Colokkan pompa ke colokan listrik dan nyalakan dengan intensitas yang rendah. Intensitas dapat ditingkatkan secara perlahan selama Anda tak merasakan sakit. Teruslah sesuaikan hingga ASI mengalir dengan lancar.
  5. Selama proses memompa, peganglah pelindung payudara agar tidak copot.
  6. Bila Anda menggunakan pompa elektrik dengan satu pompa, beralihlah pada payudara yang lain setelah payudara yang satu selesai. Ulangilah langkah di atas untuk memompa payudara yang satunya.
  7. Sementara, bila menggunakan pompa elektrik dengan dua pompa, maka Anda dapat mengumpulkan ASI dari kedua payudara secara bersamaan.
  8. Setelah pompa ASI selesai digunakan, segera cuci seluruh bagian pompa yang terkena ASI. Selanjutnya, biarkan mengering sepenuhnya sebelum disimpan.
Setiap pompa elektrik mungkin memiliki instruksi pembersihan yang berbeda. Jadi, kembali lihat buku petunjuk untuk memastikannya. Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), setelah memerah ASI, siapkan wadah penampung ASI yang sudah dicuci dengan air panas mengandung sabun terlebih dahulu. Asi perah dibagi dan disimpan dalam jumlah yang lebih sedikit (60-120 mL) pada setiap wadah. Anda dapat menyimpan ASI di lemari pendingin dengan menuliskan tanggal kapan ASI diperah. Jangan campurkan ASI yang baru diperah ke dalam wadah yang sama dengan ASI yang sudah didinginkan.

Rekomendasi pompa asi elektrik yang bagus

Ciri pompa asi yang bagus bisa dinilai dari bentuk corong hingga daya hisapnya. Dalam memilih pompa, Anda juga harus menyesuaikan harga dengan kemampuan finansial. Sebelum membeli, berikut sejumlah produk yang bisa jadi pilihan.

1. Breast Pump Electric Pro dari Pigeon

Pompa elektrik dari Pigeon ini dilengkapi dengan 2 fase unggulan yakni mode stimulasi merangsang payudara untuk menghasilkan ASI lebih banyak dan mode memerah ASI. Alat ini dilengkapi dengan comfort proper fit soft silicon cushion pada bagian corong yang membuat Anda merasa nyaman dan tidak sakit saat proses memerah ASI.

2. Forte Electric Breast Pump Unimom

Rekomendasi selanjutnya datang dari pompa elektrik Unimom. Alat pompa ini dikenal dengan keunggulan daya hisapnya yang tinggi dan dibekali pompa ganda. Keunggulan tersebut akan memudahkan Anda memerah ASI dengan menghemat waktu. Alat ini juga dilengkapi dengan closed system yang memungkinkan ASI masuk dalam wadah tanpa masuk ke motor mesin sehingga tidak cepat rusak.

3. Spectra

Pompa elektrik lainnya yang tak kalah bagus adalah Spectra 9 plus. Alat ini dilengkapi dengan dua corong yang memiliki metode pijat payudara untuk merangsang dan menstimulasi ASI. Alat ini juga dilengkapi baterai yang ringkas agar mudah dibawa berpergian. Anda bisa mencasnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya ketika berada di luar rumah.

4. Gabag Infinite Double Breast Pump

Satu lagi rekomendasi pompa elektrik dengan dua corong yang bisa jadi pilihan. Alat ini dilengkapi dengan dual pump machine yang bisa membuat Anda memompa kedua payudara sekaligus. Mode pengisapan juga dilengkapi dengan pilihan outomatic, unique suction, massage hingga expression mode yang bisa digunakan sesuai kebutuan Anda.

5. Madela Mini Electric Breastpump

Jika Anda mencari pompa elektrik yang ringkas, mungkin produk dari Madela ini bisa jadi pilihan. Desain ergonomis yang dilengkapi dengan bantalan pijat akan membuat proses memerah ASI menjadi lebih nyaman. Harga dari produk ini juga tidak terlalu mahal yakni berkisar pada satu juta rupiah.Temukan produk pompa ASI elektrik terbaik dan berbagai perlengkapan ibu bayi lainnya di Toko SehatQ. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui layanan chat dokter. Download aplikasinya sekarang!
asi eksklusifibu menyusuiasi perah
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/breast-pump#types
Diakses pada 30 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-use-a-breast-pump#electric-breast-pump
Diakses pada 30 April 2020
Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a568506/buying-an-electric-breast-pump
Diakses pada 30 April 2020
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/sukses-menyusui-saat-bekerja-2 Diakses pada 17 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait