Mengenal Pola Tidur Bayi 3 Bulan


Pola tidur bayi 3 bulan sudah makin tertata. Orangtua mulai mengenali berapa lama waktu tidur siang, kapan mulai mengantuk di malam hari, dan bangun keesokan harinya. Dalam rentang waktu 24 jam, umumnya bayi berusia 3 bulan perlu tidur selama 14-17 jam.

0,0
25 Oct 2021|Azelia Trifiana
Bayi tertidurSaat usia 3 bulan, pola tidur bayi mulai tertata
Setelah beberapa bulan beradaptasi dengan kehadiran anggota baru termungil dalam keluarga, pola tidur bayi 3 bulan sudah makin tertata. Orangtua mulai mengenali berapa lama waktu tidur siang, kapan mulai mengantuk di malam hari, dan bangun keesokan harinya.
Dalam rentang waktu 24 jam, umumnya bayi berusia 3 bulan perlu tidur selama 14-17 jam. Bagaimana detailnya?

Pola tidur bayi 3 bulan

Rata-rata bayi tidur selama 14-17 jam dalam 24 jam. Selain tidur malam hari, ada juga tidur siang sebanyak 3-4 kali dengan durasi total antara 4-6 jam. Namun, tentu angka ini bukan patokan pasti. Selalu ada kemungkinan durasinya bertambah atau berkurang.Terkadang, pola tidur bayi 3 bulan lebih lama di malam hari. Contohnya bisa tidur selama 5 jam penuh sebelum terbangun karena ingin menyusu.Di sisi lain, ada pula bayi yang masih kerap terbangun meski sudah berusia 3 bulan. Ini juga bukan masalah karena tiap bayi unik dengan pola tidurnya masing-masing.

Tips tidur teratur bayi 3 bulan

Apabila Anda ingin memberikan sleep training bagi si kecil, para ahli merekomendasikan untuk menunggu hingga usianya sekitar 4-6 bulan. Sebab, bayi berusia 3 bulan masih terlalu kecil untuk memiliki siklus tidur teratur.Namun, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk mengajarkan tidur teratur:
  • Banyak bermain di siang hari

Makin banyak waktu terjaga bagi si kecil di siang hari, tentu berdampak pada durasi tidurnya saat malam tiba. Jadi, orangtua bisa banyak mengajak mereka bermain di siang hari. Ini juga memberikan sinyal jelas kepada mereka bahwa siang adalah waktu bermain sementara malam adalah waktu untuk beristirahat lebih panjang.
  • Buat rutinitas

Bukan hanya orang dewasa saja yang perlu rutinitas. Bayi pun demikian. Menjelang waktu tidur, buat rutinitas yang serupa. Contohnya dengan mandi air hangat, memijat tubuh, menggelapkan lampu kamar, mendengarkan musik rileks, dan banyak lagi.
  • Letakkan bayi saat mengantuk

Jika ingin melatih bayi melakukan self-soothing atau menenangkan diri sendiri, cobalah dengan meletakkan mereka di kasur atau crib saat mengantuk. Ini akan melatih bayi untuk terlelap dengan sendirinya.
  • Lokasi tidur yang sama

Selain rutinitas, lokasi tidur yang sama juga dapat membantu membentuk pola tidur bayi 3 bulan. Selain itu, ini juga memberi sinyal kepada bayi bahwa ketika berada di tempat ini, artinya waktu untuk beristirahat.

Masih menghadapi masalah?

Terkadang meski orangtua sudah mengupayakan beberapa strategi di atas, pola tidur bayi 3 bulan masih terasa “berantakan”. Apa yang salah, ya? Beberapa hal yang kerap terjadi seperti:
  • Bayi terbangun dan tidak kembali tidur

Ketika bayi terbangun di malam hari, ada kalanya mereka menjadi benar-benar terjaga 100% dan tidak lagi mengantuk. Untuk menghindari hal ini, pastikan tidak ada perubahan suasana yang signifikan. Contohnya dengan tidak menyalakan lampu atau menghindari stimulasi berlebih seperti suara dari orang-orang sekitarnya.
  • Bayi sulit terlelap sendiri

Membiasakan bayi diletakkan di kasur atau crib saat mengantuk dapat melatih mereka agar bisa tertidur dengan sendirinya. Berbeda dengan kebiasaan menggendong hingga mereka terlelap. Ini akan menyulitkan mereka belajar bagaimana cara kembali terlelap di tengah malam.
  • Bayi menangis di malam hari

Jika si kecil menangis di malam hari, coba tunggu beberapa menit sebelum memberikan respons. Siapa tahu, dia bisa kembali terlelap dengan sendirinya. Bagaimana jika tidak? Dekati namun jangan nyalakan lampu atau menggendongnya.Alternatifnya, ibu bisa menyusui sambil tidur atau ayah mengganti popok perlahan tanpa membuatnya kian terjaga.
  • Bayi enggan tidur di malam hari

Ada kalanya pula bayi seakan tidak ingin tidur atau hanya terlelap sebentar sebelum kembali menangis tak bisa tidur. Ini disebut dengan regresi tidur. Biasanya, regresi tidur pertama kali terjadi pada periode bayi berusia 3-4 bulan.Apabila mereka tampak kelelahan karena kurang tidur, pastikan waktu untuk tidur siang lebih banyak. Buat suasana temaram dan tidak bising untuk memudahkan mereka terlelap.
  • Teething

Nyeri tumbuh gigi atau teething juga bisa membuat bayi lebih sering terjaga di malam hari. Apabila ini yang terjadi, tetap jalankan rutinitas seperti biasa. Lalu, tenangkan mereka dengan menepuk perlahan punggung atau menyanyikan lagu lullaby.

Catatan dari SehatQ

Tak perlu khawatir apabila pola tidur bayi 3 bulan Anda masih belum beraturan. Itu sangat wajar. Lagipula, perlu waktu hingga Anda bisa membangun rutinitas tidur malam hari bagi si kecil.Makin terbiasa bayi dengan rutinitas dari orang-orang di sekitarnya, makin mudah pula mereka mengikuti.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara memastikan kasur bayi aman dari risiko SIDS, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayi & menyusuimenidurkan bayitumbuh kembang bayi
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/sleep/3-month-old-sleep-schedule/
Diakses pada 12 Oktober 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/sleep13m.html
Diakses pada 12 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/baby-sleep-schedule
Diakses pada 12 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait