Mengenal Pita Suara Lumpuh dari Kasus Mantan CEO Google Larry Page

Ketika pita suara lumpuh, Anda berisiko mengalami suara serak hingga kesulitan bernapas
Kelumpuhan pita suara bisa diatasi dengan prosedur operasi

Masalah pada pita suara bukan hanya dapat menimpa penyanyi, namun juga mantan CEO Google, Larry Page. Pada 2013 lalu, Larry mengakui dirinya mengalami kelumpuhan pita suara, yang merupakan puncak dari suara serak yang dialaminya selama 14 tahun belakangan.

Awalnya, penyebab suara serak yang dialaminya adalah flu berat yang berujung pada lumpuhnya pita suara bagian kiri. Pada 2012, kondisi itu kambuh lagi dan kali ini mengakibatkan kelumpuhan pada pita suara sebelah kanan sehingga kedua katup pita suara Larry tidak lagi berfungsi.

Kondisi ini membuat suara Larry lebih lembut dari jenis suara manusia pada umumnya. Selain itu, ia juga mengaku kesulitan jika harus melakukan monolog (misalnya pidato) dalam waktu yang lama. Menurut catatan Bussiness Insider Singapura pada 2018, kini Larry tidak pernah lagi terdengar bicara ke publik sejak diskusi TED 2014 lalu.

Apa saja penyebab suara serak yang mengakibatkan lumpuhnya pita suara?

Kelumpuhan pita suara terjadi ketika salah satu atau kedua lipatan pita suara tidak bergerak sebagaimana mustinya. Dalam kondisi normal, kedua lipatan pita suara ini akan merapat ketika Anda berbicara atau bernyanyi dan membuka ketika Anda bernapas.

Jika salah satu lipatan pita suara tidak berfungsi, suara Anda akan berubah menjadi serak. Sedangkan jika kedua lipatan rusak, maka itu akan jadi penyebab suara hilang sekaligus menyebabkan Anda sulit bernapas.

Banyak hal dapat menjadi penyebab suara serak atau hilang yang diakibatkan oleh lumpuhnya pita suara. Beberapa hal yang awam ditemui, di antaranya:

  • Cedera pada dada atau leher: trauma yang menyebabkan kerusakan pada saraf di pita suara maupun laring (kotak suara yang menaungi pita suara).

  • Stroke: stroke merupakan penyakit yang bisa merusak bagian dari otak yang berfungsi mengirim pesan menuju laring.

  • Tumor: terutama yang tumbuh di sekitar saraf atau otot pada laring.

  • Pembengkakan atau luka pada otot pita suara: meski saraf di sekitar pita suara berfungsi dengan baik, namun adanya pembengkakan atau luka di sekitar pita suara mungkin menyebabkan kelumpuhan pada pita suara.

Meskipun demikian, kelumpuhan pita suara juga bisa terjadi tanpa penyebab yang jelas. Jika Anda mengalami suara serak atau hilang yang tidak membaik setelah lebih dari 2 minggu, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Bagaimana cara membuat suara bagus kembali?

Cara menghilangkan suara serak biasanya sederhana, yakni istirahat dan perbanyak konsumsi cairan. Namun jika serak disebabkan oleh pita suara lumpuh, maka Anda harus menempuh cara medis.

Tidak jarang dokter akan langsung merekomendasikan Anda untuk melakukan operasi tenggorokan, terutama jika kedua lipatan pita suara sudah lumpuh seperti yang dialami oleh Larry Page. Terdapat tiga prosedur operasi yang bisa Anda pilih, yakni:

  • Injeksi pita suara: dilakukan dengan menyuntikkan zat yang dapat membuat pita suara menggelembung sehingga lebih mudah digerakkan. Operasi ini termasuk prosedur sederhana sehingga Anda boleh pulang tak lama setelah operasi selesai.

  • Phonosurgery: dilakukan jika hanya satu lipatan pita suara yang lumpuh. Caranya, lipatan yang lumpuh akan didekatkan ke lipatan yang masih aktif sehingga Anda bisa kembali berbicara, menelan, dan bernapas dengan mudah.

  • Trakeotomi: dilakukan jika kedua lipatan pita suara lumpuh dan Anda berisiko mengalami sesak napas, tersedak, maupun suara hilang. Prosedur ini dilakukan dengan menyayat leher agar dokter dapat melihat langsung kondisi trakea Anda. Dokter kemudian memasukkan semacam tabung ke tengah lipatan pita suara untuk membuka jalan napas. Tabung ini bisa bersifat sementara, bisa juga permanen berada di tenggorokan Anda.

Waspadai komplikasinya

Kelumpuhan pita suara yang tidak ditangani secara benar dapat menimbulkan komplikasi, salah satunya adalah kesulitan bernapas. Kondisi ini terjadi ketika gejala kelumpuhan pita suara sudah sangat parah dan tidak segera ditangani.

Selain itu, penderita lumpuh pita suara juga bisa mengalami aspirasi. Aspirasi adalah kondisi ketika makanan atau minuman masuk ke jalur pernapasan sehingga meningkatkan risiko Anda tersedak. Jika aspirasi sering terjadi dan tidak ditangani, masalah ini bisa makin parah sehingga mengakibatkan pneumonia.

Forbes. https://www.forbes.com/sites/robertglatter/2013/05/15/google-founder-larry-page-has-vocal-cord-paralysis-implications-and-prognosis/#2eebdfbb75c7
Diakses pada 5 September 2019

Bussiness Insider Singapore. https://www.businessinsider.sg/google-cofounder-larry-page-has-mysteriously-disappeared-from-public-life-2018-9/?r=US&IR=T
Diakses pada 5 September 2019

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17624-vocal-fold-paralysis
Diakses pada 5 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/188993.php
Diakses pada 5 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/vocal-cord-paralysis#treatment
Diakses pada 5 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed