Mengenal Penyebab Sering Berkeringat di Wajah dan Cara Mengatasinya


Hiperhidrosis merupakan penyebab sering berkeringat di wajah dan hal ini terbilang sangat normal. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi akibat penyakit tertentu.

(0)
01 Apr 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Penyebab sering berkeringat di wajah adalah karena gangguan hiperhidrosisSebagian orang mengalami keringat berlebih di wajah meski tidak kepanasan dan tidak berolahraga
Berkeringat sangatlah normal. Cairan yang keluar melalui kulit ini berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh saat kepanasan. Namun, ada kalanya seseorang berkeringat pada bagian wajah tanpa berolahraga atau kepanasan. Penyebab sering berkeringat di wajah ini bisa saja karena gangguan hiperhidrosis.Kondisi hiperhidrosis atau keringat berlebihan ini bisa memiliki level yang berbeda-beda. Ada sebagian yang hanya mengalami kelembapan pada bagian wajah dan sebagian lainnya mungkin mengalami keringat yang menetes.Kabar baiknya, kondisi ini tidak selamanya berbahaya. Namun, tetap saja akan sangat mengganggu saat Anda harus bertemu dengan banyak orang.

Penyebab sering berkeringat di wajah

Secara umum, hiperhidrosis dibagi menjadi dua, yaitu hiperhidrosis primer dan hiperhidrosis sekunder. Berikut penjelasan keduanya:

1. Hiperhidrosis primer

Penyebab sering berkeringat di wajah belum dapat dipastikan
Keringat berlebih mungkin terjadi karena kelenjar keringat yang sangat aktif
Kelebihan keringat pada satu bagian tubuh tertentu dialami oleh 1-3% populasi di dunia. Kondisi ini sudah bisa terlihat saat seseorang memasuki masa remaja. Sebuah studi menyebutkan bahwa 30—50 persen orang yang mengalami hiperhidrosis terjadi karena faktor keturunan. Hiperhidrosis primer tidak menyebabkan penyakit apa pun. Malahan, orang yang memiliki kondisi ini dikatakan sehat.Pada hiperhidrosis primer, keringat berlebih yang biasa muncul terdapat di bagian tubuh tertentu seperti dahi, tangan, ketiak, dan  kaki. Meski belum dapat dipastikan penyebab munculnya keringat berlebih ini, banyak pendapat mengatakan hal ini terjadi karena sistem saraf pada kelenjar keringat bekerja sangat aktif walaupun tidak dipicu keadaan seperti kelembapan, cuaca panas, dsb.Meskipun sebenarnya tidak berbahaya, kondisi ini terbilang sangat mengganggu. Keringat berlebih dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang saat harus bertemu dengan orang lain.

2. Hiperhidrosis sekunder

Dikatakan sekunder karena hiperhidrosis ini disebabkan oleh faktor kondisi kesehatan tubuh. Keringat berlebih sering terjadi pada malam hari. Ada beberapa kondisi tubuh yang menyebabkan hal ini bisa terjadi:Kecemasan juga bisa memicu munculnya keringat pada tubuh. Para ahli menilai keringat yang muncul bukanlah hiperhidrosis. Namun, keringat yang muncul bisa saja terjadi akibat kecemasan sekaligus penyakit yang diderita yang terjadi bersamaan.

Tips mengatasi hiperhidrosis di wajah

Gunakan kipas untuk mengatasi sering berkeringat di wajah
Bawa kipas kecil untuk menjaga wajah tetap sejuk
Keringat berlebih pada bagian wajah atau anggota tubuh lainnya masih bisa diatasi dengan berbagai cara. Berikut trik untuk mengatasi keringat berlebih, khususnya pada bagian wajah:
  • Rajin mandi dua kali sehari untuk mengurangi bakteri dan kelembapan kulit
  • Menyeka dengan handuk lembut setiap kali berkeringat, jadi selalu bawa handuk ke mana pun Anda pergi
  • Minum lebih banyak agar tubuh terhidrasi dengan baik
  • Membawa kipas kecil untuk menjaga wajah tetap sejuk
Bila kondisi keringat berlebih di area wajah sangat mengganggu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Pemberian obat-obatan untuk mengurangi keringat atau menurunkan stres bisa dilakukan.

Catatan dari SehatQ

Kondisi keringat berlebih atau hiperhidrosis bisa terjadi akibat faktor keturunan. Hiperhidrosis masih dikatakan normal dan tidak berbahaya jika tidak disebabkan oleh penyakit. Namun jika sangat mengganggu, segera konsultasikan ke dokter. Anda yang mengalami hiperhidrosis disarankan membawa handuk ke mana pun agar bisa menyeka kelembapan saat keringat mengucur deras. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang hiperhidrosis serta tindakan yang tepat saat Anda mengalaminya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
keringathiperhidrosissistem saraf
Healthline https://www.healthline.com/health/how-to-stop-sweating-face
Diakses pada 17 Maret 2021
WebMD https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/is-your-excessive-sweating-caused-by-a-medical-problem
Diakses pada 17 Maret 2021
NCBI https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC543948/
Diakses pada 17 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait