Mengenal Penyebab Fraktur Colles, Patah Tulang Lengan Bawah yang Menyebabkan Nyeri

(0)
18 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Fraktur Colles yang parah membutuhkan tindakan operasi untuk memperbaiki tulang yang patahPemasangan gips dapat membantu pemulihan fraktur Colles yang ringan
Ketika mengalami fraktur Colles, pergelangan tangan Anda akan menekuk secara tidak normal. Kondisi ini tentu terasa sangat menyakitkan, bahkan Anda mungkin tak bisa memegang atau menggenggam sesuatu. Jenis cedera ini lebih sering terjadi pada orang tua dengan tulang yang rapuh dan anak-anak yang tulangnya masih cenderung lunak. Fraktur Colles sangat umum terjadi sehingga penting bagi Anda untuk mengetahuinya lebih jauh. 

Apa itu fraktur Colles?

Fraktur Colles adalah patah pada tulang radius distal yang terletak di lengan bawah. Kondisi ini juga disebut dengan fraktur radius distal atau fraktur pergelangan tangan transversal. Tulang radius memiliki ukuran yang besar dan melintang selurusan dengan ibu jari. Ujung dari tulang radius disebut distal yang terletak dekat pergelangan tangan. Ketika radius distal retak atau patah, maka terjadi kelainan bentuk pergelangan tangan yang membuatnya tampak bengkok dan terlihat seperti garpu dari samping.. Selain itu, Anda juga akan merasakan nyeri terutama saat meregangkan pergelangan tangan, bengkak, dan memar. Terdapat empat jenis fraktur Colles yang mungkin terjadi, yaitu:
  • Fraktur terbuka: Jika tulang mencuat atau menembus kulit Anda
  • Fraktur kominutif: Jika tulang remuk menjadi lebih dari dua potongan
  • Fraktur intra-artikular: Jika tulang patah hingga memengaruhi sendi pergelangan tangan
  • Fraktur ekstra-artikular: Jika tulang patah, namun tidak memengaruhi sendi pergelangan tangan
Pada kasus yang parah, ligamen mungkin sobek atau potongan tulang dapat melukai pembuluh darah maupun saraf. Oleh sebab itu, penanganan segera oleh dokter sangat diperlukan agar tidak semakin parah.

Penyebab fraktur Colles

Menyangga dengan tangan ketika terjatuh menjadi penyebab paling umum dari fraktur Colles. Akan tetapi, beberapa kondisi berikut juga membuat Anda lebih berisiko mengalami fraktur radius distal ini:
  • Menderita osteoporosis yang membuat tulang lemah karena sudah tua
  • Memiliki massa otot yang rendah, kekuatan otot yang buruk, atau kurang keseimbangan sehingga membuat Anda cenderung mudah terjatuh
  • Berjalan atau melakukan kegiatan lain di atas es atau salju
  • Pengendara motor
  • Rendahnya asupan kalsium atau vitamin D
Sulit untuk mencegah fraktur Colles karena biasanya terjadi saat jatuh secara tidak sengaja. Akan tetapi, Anda bisa menggunakan pelindung pergelangan tangan selama melakukan kegiatan atau olahraga yang berisiko. Jika Anda memiliki faktor risiko tersebut, berkonsultasilah pada dokter dan jagalah selalu kesehatan tulang.

Pengobatan fraktur Colles

Sebelum mendapat perawatan medis, terdapat beberapa perawatan di rumah yang bisa Anda lakukan. Cobalah untuk menopang pergelangan tangan Anda dan atur ketinggiannya di atas jantung untuk mencegah pembengkakan lebih lanjut. Anda juga dapat meletakkan kompres es pada area tersebut untuk mengurangi pembengkakan. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan, seperti acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu meringankan rasa nyeri. Jangan mencoba meluruskan pergelangan tangan dan hindari menggerakannya. Segera hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis yang tepat. Adapun pengobatan fraktur Colles yang dapat dilakukan oleh dokter, yaitu:
  • Perawatan non-operasi

Jika hanya patah tulang ringan, dokter akan memasang gips pada pergelangan tangan Anda dan membiarkannya pulih. Sebelumnya, tulang mungkin perlu diluruskan jika fraktur menyebabkan pergeseran. Dalam sebagian besar kasus, gips dilepas setelah beberapa minggu.
  • Operasi

Jika patah tulang terbilang parah, dokter akan merekomendasikan operasi untuk memperbaikinya.Tulang akan diluruskan dan disatukan menggunakan pin logam atau dengan menanam pelat ke dalam tulang. Kemudian, bagian atas dan bawahnya dikunci dengan sekrup agar tulang tetap berada pada tempatnya. Setelah operasi, tangan Anda akan dipasang gips agar mengurangi rasa sakit dan mempercepat pemulihan.
  • Terapi

Bergantung pada tingkat keparahan cedera, Anda mungkin memerlukan terapi fisik atau terapi okupasi. Melakukan latihan tersebut dapat membantu membangun kembali kekuatan di pergelangan tangan dan mengembalikan rentang gerak yang normal.Waktu pemulihan tentu saja berbeda-beda bergantung pada keparahan kondisi, usia, penyebab, maupun aktivitas. Akan tetapi, dokter akan terus memantau perkembangan fraktur Colles Anda melalui pemeriksaan rontgen secara rutin.
patah tulangkesehatan tulangnyeri pergelangan tanganpenyembuhan tulang
Healthline. https://www.healthline.com/health/colles-wrist-fracture#outlook
Diakses pada 05 Juni 2020
Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/colles-fracture#1
Diakses pada 05 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait