logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

8 Cara Menghilangkan Stretch Mark pada Remaja Secara Alami dan Medis

open-summary

Terdapat banyak cara menghilangkan stretch mark pada remaja yang dinilai efektif, mulai dari menggunakan lidah buaya, mengoleskan minyak kelapa, menggosokkan gula, hingga mengonsumsi vitamin A. Meski begitu, obat-obatan medis dianggap lebih ampuh untuk menghilangkan stretch mark dibandingkan bahan alami.


close-summary

3.72

(18)

29 Apr 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Fase pubertas dan kenaikan berat badan tiba-tiba bisa menyebabkan stretch mark pada remaja.

Stretch mark pada remaja biasanya datang akibat fase pubertas.

Table of Content

  • Apa itu stretch mark?
  • Apa penyebab stretch mark pada remaja?
  • Bagaimana cara menghilangkan stretch mark pada remaja?

Stretch mark memang identik dengan ibu hamil dan orang dewasa. Namun, tahukah Anda kalau kondisi ini juga bisa dialami anak remaja? Kemunculan garis atau guratan di kulit ini tentunya dapat menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengantisipasinya, simak pengertian, penyebab dan cara menghilangkan stretch mark pada remaja.

Advertisement

Apa itu stretch mark?

Sebelum membahas berbagai cara menghilangkan dan penyebab stretch mark pada remaja, ada baiknya kita memahami apa itu stretch mark.

Stretch mark adalah guratan berlekuk atau garis-garis putih yang dapat muncul di bagian perut, dada, bokong, pinggul, atau bagian area tubuh lainnya. Kondisi yang juga dikenal dengan sebutan striae ini umumnya dialami ibu hamil, terutama di trimester terakhir.

Meski tidak berbahaya atau menimbulkan rasa sakit, kepercayaan diri para penderitanya, termasuk remaja, bisa terkikis karena kemunculan masalah kulit ini.

Perlu dipahami, stretch mark sebenarnya tidak perlu diobati. Garis-garis putih atau guratan berlekuk pada kulit ini biasanya hilang dengan sendirinya seiring berjalan waktu, baik tanpa atau dengan obat. Namun, dalam beberapa kasus, kondisi ini tidak bisa hilang sepenuhnya.

Apa penyebab stretch mark pada remaja?

stretch mark pada remaja
Apa penyebab stretch mark pada remaja?

Penting bagi remaja untuk memahami bahwa kemunculan stretch mark adalah hal yang lazim terjadi. Faktanya, sebuah studi membuktikan bahwa sekitar 40 persen remaja laki-laki (terutama yang aktif berolahraga) dan 70 persen remaja perempuan yang menjadi peserta penelitian ini mengalami stretch mark.

Salah satu penyebab stretch mark pada remaja adalah fase pubertas. Pada fase ini, terjadi perubahan hormon yang dapat menyebabkan masa pertumbuhan tubuh anak remaja menjadi cepat.

Percepatan pertumbuhan tubuh ini pada akhirnya dapat memicu kemunculan stretch mark di kulit mereka.

Anak remaja biasanya memiliki stretch mark di beberapa bagian tubuh berikut:

  • Pinggul
  • Bokong
  • Paha
  • Payudara
  • Perut
  • Punggung bawah dan atas (termasuk bahu)
  • Lengan atas
  • Lutut dan kaki.

Tidak hanya itu, perubahan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat juga bisa menjadi penyebab stretch mark pada paha remaja dan di bagian tubuh lainnya.

Anak remaja yang sering mengangkat beban berat di gym juga berisiko memiliki stretch mark. Sebab, aktivitas fisik tersebut dapat membuat tubuh berubah bentuk dengan cepat sehingga memicu kemunculan masalah kulit ini.

Beberapa kondisi medis, seperti obesitas, sindrom Cushing, dan sindrom Marfan, juga berpotensi menjadi penyebab munculnya stretch mark di paha, betis, atau bagian tubuh remaja lainnya.

Bagaimana cara menghilangkan stretch mark pada remaja?