Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Stretch Mark pada Remaja

(0)
29 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fase pubertas dan kenaikan berat badan tiba-tiba bisa menyebabkan stretch mark pada remaja.Stretch mark pada remaja biasanya datang akibat fase pubertas.
Stretch mark adalah jaringan parut yang muncul saat kulit meregang atau menyusut dengan cepat. Perubahan kulit ini dapat menyebabkan kolagen dan elastin pecah sehingga memicu stretch mark. Selain ibu hamil, stretch mark juga bisa terjadi pada remaja. Berikut adalah berbagai penyebab dan cara menghilangkan stretch mark pada remaja yang bisa Anda lakukan.

Penyebab stretch mark pada remaja

Penting bagi remaja untuk memahami bahwa kemunculan stretch mark adalah hal yang lazim terjadi. Faktanya, sebuah studi membuktikan bahwa sekitar 40 persen remaja laki-laki (terutama yang aktif berolahraga) dan 70 persen remaja perempuan yang menjadi peserta penellitian ini mengalami stretch mark.Salah satu penyebab stretch mark pada remaja adalah fase pubertas. Pada fase ini, terjadi perubahan hormon yang dapat menyebabkan masa pertumbuhan tubuh anak remaja menjadi cepat.Percepatan pertumbuhan tubuh ini pada akhirnya dapat memicu kemunculan stretch mark di kulit mereka.Anak remaja biasanya memiliki stretch mark di beberapa bagian tubuh berikut:
  • Pinggul
  • Bokong
  • Paha
  • Payudara
  • Perut
  • Punggung bawah dan atas (termasuk bahu)
  • Lengan atas
  • Lutut dan kaki.
Tidak hanya itu, perubahan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba dan cepat juga bisa menjadi penyebab stretch mark pada remaja.Anak remaja yang sering mengangkat beban berat di gym juga berisiko memiliki stretch mark. Sebab, aktivitas fisik tersebut dapat membuat tubuh berubah bentuk dengan cepat sehingga bisa  memicu stretch mark.Beberapa kondisi medis, seperti obesitas, sindrom Cushing, dan sindrom Marfan, juga berpotensi menjadi penyebab stretch mark pada remaja.

Cara menghilangkan stretch mark pada remaja secara alami

Anda tidak perlu khawatir, apalagi sampai tidak percaya diri dengan adanya stretch mark yang muncul di beberapa bagian tubuh. Sebab, kondisi ini dianggap sebagai bagian normal dari masa pubertas.Selain itu, ada berbagai cara menghilangkan stretch mark pada remaja secara alami yang dapat dicoba, di antaranya:

1. Vitamin A

Vitamin A atau retinoid dipercaya bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan awet muda. Tidak heran kalau vitamin ini menjadi salah satu bahan utama dari banyak produk kosmetik di pasaran.Cobalah konsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A, misalnya wortel dan ubi,untuk membantu meningkatkan kadar vitamin ini di dalam tubuh.Sebuah studi membuktikan bahwa retinoid dipercaya bisa meredakan stretch mark di kulit. Namun, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan khasiat vitamin A sebagai obat alami stretch mark.

2. Gula

Beberapa orang percaya bahwa gula dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark putih pada remaja secara alami. Gula juga dianggap sebagai metode mikrodermabrasi naturopati.Dilansir dari Healthline, mikrodermabrasi yang dilakukan oleh dokter kulit menjadi salah satu dari sedikit metode yang terbukti secara klinis mampu memudarkan stretch mark.Untuk mencobanya, berikut ini langkah-langkah yang bisa dicoba:
  • Campurkan satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir senyawa pelembut, seperti minyak almond atau minyak kelapa
  • Tambahkan perasan air lemon
  • Gosokkan campuran tersebut ke bagian stretch mark
  • Ulangi beberapa kali dalam seminggu saat mandi, pastikan menggosoknya selama 8-10 menit.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Tanaman ini juga dipercaya bisa mengobati stretch mark karena khasiatnya dalam menyembuhkan luka dan membuat kulit menjadi lebih halus.Meski begitu, belum banyak penelitian yang mampu membuktikan efektivitas lidah buaya sebagai cara menghilangkan stretch mark pada remaja secara alami.Untuk mencobanya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya secara langsung ke stretch mark setiap hari setelah mandi.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga dipercaya bisa mengobati stretch mark karena khasiatnya yang dianggap ampuh dalam mempercepat proses penyembuhan luka di kulit.Hal ini juga didukung oleh sebuah riset pada hewan uji yang mengungkapkan bahwa minyak kelapa bisa mempercepat proses penyembuhan luka di kulit.Mengoleskan minyak kelapa ke bagian stretch mark diyakini mampu melunturkan warna kemerahannya. Namun, jangan pernah menggunakannya jika Anda alergi terhadap minyak ini.Berbagai cara di atas tidak boleh dijadikan pengobatan utama strech mark. Sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mencobanya untuk mendapatkan arahan yang tepat.Strech mark juga tidak selamanya dapat dihindari. Namun, dengan menjalani gaya hidup yang sehat, Anda dapat mengurangi risiko berkembangnya masalah kulit ini.Cobalah untuk lebih sering minum air putih, mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, dan berolahraga secaara teratur. Ketiga kebiasaan ini dapat menjaga berat badan dan menyehatkan tubuh Anda sehingga stretch mark dapat dicegah.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan remaja, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingkulit dan kecantikanstretch marks
AAD. https://www.aad.org/public/cosmetic/scars-stretch-marks/stretch-marks-why-appear#:~:text=A%20stretch%20mark%20is%20a,narrow%20bands%20on%20their%20skin.
Diakses pada 14 Februari 2021
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/stretch-marks-in-teenagers/
Diakses pada 14 Februari 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/stretch-marks.html#:~:text=Stretch%20marks%20are%20a%20normal,by%20rapid%20growth%20or%20stretching.
Diakses pada 14 Februari 2021
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/simple-tips-to-treat-stretch-marks-in-teenagers_0081658/
Diakses pada 14 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-stretch-marks#vitamin-a
Diakses pada 14 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/312975#alternative_and_home_remedies_for_stretch_marks
Diakses pada 14 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait