Mengenal Penyakit Parasit Trikomoniasis, Penularan Serta Gejalanya

Keputihan berwarna hijau dengan bau merupakan salah satu gejala trikomoniasis
Ternyata penyakit parasit trikomoniasis juga bisa ditularkan melalui dudukan toilet yang lembap dan telah terkontaminasi

Trikomoniasis adalah salah satu penyakit parasit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyebabnya adalah parasit kecil bernama Trichomonas vaginalis.

Parasit berbeda dengan bakteri dan virus. Parasit menumpang hidup pada makhluk hidup lain dan mendapat makanan dari makhluk hidup yang ditumpangi. Terdapat tiga macam parasit yaitu protozoa, helminthes, dan ektoparasit.

Penyakit parasit penyebab trikomoniasis adalah jenis protozoa yang berukuran sangat kecil namun dapat memperbanyak diri dalam tubuh manusia sehingga menyebabkan infeksi serius.

Parasit tersebut bersarang di tempat tertentu dalam tubuh manusia. Pada wanita, parasit ini hidup di mulut rahim, vagina, dan saluran kencing. Sedangkan pada pria, parasit ini senang hidup di saluran kencing.

Penularan Penyakit Parasit Trikomoniasis

Penyakit parasit trikomoniasis ini umumnya ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak terproteksi dengan kondom. Namun ada beberapa kasus trikomoniasis terjadi pada orang yang tidak pernah melakukan hubungan seksual.

Pada kasus yang jarang, trikomoniasis dapat ditularkan melalui cara berikut:

  • ditularkan dari dudukan toilet yang lembap/basah bila diduduki oleh penderita trikomoniasis sebelumnya.
  • menggunakan air bak mandi bersamaan dengan penderita trikomoniasis.
  • berenang di air yang terkontaminasi parasit trikomoniasis.
  • menggunakan handuk atau baju yang basah/lembap milik penderita trikomoniasis.

Orang yang berisiko tinggi mengalami penyakit parasit trikomoniasis adalah yang sering berganti-ganti pasangan seksual, memiliki riwayat infeksi menular seksual dan trikomoniasis sebelumnya, serta tidak memakai kondom saat berhubungan seksual.

Gejala Penyakit Parasit Trikomoniasis

Kebanyakan orang yang terinfeksi penyakit parasit trikomoniasis tidak mengalami gejala khusus Namun jangan salah, walaupun tidak bergejala, penyakit parasit ini masih dapat ditularkan ke orang lain.

Sebenarnya gejalanya dapat bervariasi dari peradangan ringan sampai berat dan gejalanya dapat hilang kambuh.

Gejala penyakit parasit trikomoniasis antara lain:

  • Pada wanita gejalanya dapat berupa keputihan berwarna abu-abu/kuning/hijau yang bau, rasa gatal dan iritasi di sekitar kemaluan, dan nyeri ketika kencing atau saat berhubungan seksual.
  • Pada pria, penyakit parasit trikomoniasis jarang sekali menimbulkan gejala. Bila bergejala, gejalanya berupa iritasi sekitar kemaluan, rasa panas setelah kencing atau ejakulasi, dan keluar cairan dari kemaluan.

Komplikasi serius penyakit parasit trikomoniasis adalah dapat menyebabkan penyakit radang panggul dan gangguan kehamilan pada wanita. Wanita hamil yang terinfeksi parasit trikomoniasis berisiko tinggi melahirkan prematur.

Komplikasi lain penyakit parasit trikomoniasis pada wanita adalah menyebabkan berat badan lahir bayi rendah, menularkan infeksi parasit trikomoniasis kepada bayi ketika melahirkan secara normal, dan juga meningkatkan risiko terinfeksi virus HIV.

Oleh karena komplikasi serius yang dapat diakibatkannya, penyakit parasit trikomoniasis tidak boleh dipandang sebelah mata. Segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami gejala seperti di atas.

Semoga artikel ini dapat memberikan pengatahuan kepada Anda mengenai penyakit parasit trikomoniasis sehingga Anda dapat mengenali gejalanya dan segera mendapat penanganan yang tepat.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/trichomoniasis/symptoms-causes/syc-20378609
Diakses pada 28 April 2019

CDC https://www.cdc.gov/std/trichomonas/stdfact-trichomoniasis.html
https://www.cdc.gov/parasites/about.html
Diakses pada 28 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-can-you-get-trichomoniasis-if-no-one-cheats#transmission
Diakses pada 28 April 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3031561/
Diakses pada 28 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed