Mengenal Penyakit Kulit Psoriasis Vulgaris dan Jenis Psoriasis Lainnya

(0)
06 Dec 2019|Fadli Adzani
Psoriasis vulgaris menyebabkan bercak merah (dengan tekstur bersisik) dan radang yang menutupi kulit kepala, lutut, dan siku.Gejala vulgaris juga dikenal dengan sebutan psoriasis plak. Psoriasis jenis ini adalah psoriasis yang umum terjadi.
Psoriasis vulgaris adalah istilah medis dari penyakit psoriasis yang paling umum terjadi. Sekitar 80% pengidap penyakit psoriasis, mengidap psoriasis jenis ini.Biasanya, psoriasis vulgaris juga disebut sebagai psoriasis plak (plaque psoriasis), karena gejalanya bisa dilihat dari plak pada kulit, yaitu salah satu bagian kulit yang menebal. Misalnya, bercak merah yang sering “bersarang” di lutut, siku, kulit kepala, dan kuku. Biasanya kelainan kulit akan muncul di daerah yang ada penekanan
Apabila mengidap psoriasis vulgaris, ada baiknya mengenal beragam jenis psoriasis, untuk bisa membedakan gejala-gejalanya, sehingga Anda bisa memperoleh perawatan tepat.

Psoriasis vulgaris, apa bedanya dengan jenis psoriasis lainnya?

Sebelum mengenal lebih jauh psoriasis vulgaris dan beragam jenis psoriasis, ada baiknya Anda mengetahui, apa itu psoriasis.Psoriasis adalah penyakit kulit yang menyebabkan sel kulit membelah secara berlebihan (abnormal). Penumpukan sel inilah yang menyebabkan sel kulit penderitanya, tumbuh dengan cepat, sehingga kulit menumpuk dan menebal di beberapa bagian.Sisik merah yang disebabkan oleh psoriasis, biasanya muncul di beberapa bagian kulit ini:
  • Tangan
  • Kaki
  • Leher
  • Kulit kepala
  • Muka
Dalam beberapa kasus, psoriasis juga bisa muncul di kulit alat kelamin, mulut, hingga kuku penderitanya. Namun, hal ini sangat jarang terjadi. Sekarang, mari kenali beragam jenis psoriasis, termasuk psoriasis vulgaris, yang umum terjadi itu.
  • Psoriasis vulgaris

Dikenal dengan sebutan psoriasis plak, ini merupakan jenis psoriasis yang sangat umum terjadi. Menurut The American Academy of Dermatology (AAD), hampir sekitar 80% pengidap psoriasis, memiliki plak psoriasis.Psoriasis vulgaris ini menyebabkan bercak merah (dengan tekstur bersisik) dan radang yang menutupi kulit di siku, lutut, hingga kulit kepala.
  • Psoriasis gutatte

Setelah psoriasis vulgaris, kini ada psoriasis gutatte, yang lebih sering menyerang anak-anak. Jenis psoriasis ini menyebabkan munculnya bintik-bintik kecil berwarna merah muda di lengan dan kaki.
  • Psoriasis pustular

Psoriasis pustular lebih sering diderita oleh orang dewasa. Psoriasis ini menyebabkan kulit melepuh dan berisikan nanah. Biasanya, psoriasis pustular ditemukan di tangan dan kaki. Namun, mereka bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.
  • Psoriasis terbalik

Psoriasis terbalik (inverse psoriasis) menyebabkan area kulit menjadi merah dan meradang. Kebanyakan bercak psoriasis terbalik, muncul di sekitar ketiak, di bawah dada, selangkangan, atau lipatan kulit alat kelamin.
  • Psoriasis eritrodermik

Jenis inilah yang sangat parah dan ditakuti. Sebab, psoriasis ertrodermik, bisa membahayakan nyawa penderitanya.Psoriasis eritrodermik bisa “menutupi” area besar tubuh, menyebabkan kulit terlihat seperti terbakar oleh sinar matahari. Sisik-sisik yang disebabkan oleh psoriasis eritrodermik, bisa mengelupas dalam bentuk yang besar. Biasanya, penderita psoriasis jenis ini, bisa merasakan demam dan penyakit lainnya.

Gejala psoriasis

Setelah mengetahui perbedaan psoriasis vulgaris dan psoriasis lainnya, penting bagi Anda untuk memahami gejala psoriasis yang beragam itu.Perlu diingat, setiap psoriasis memiliki gejala yang berbeda. Namun, beberapa gejala di bawah inilah yang sangat umum ditemukan, pada penderita psoriasis:
  • Munculnya ruam atau bercak merah, kulit meradang, yang “diselimuti” sisik berwarna perak. Dalam kasus yang lebih parah, plak akan semakin meninggi dan gejala pun meluas ke bagian badan lainnya
  • Kulit terasa gatal dan perih, ketika digaruk, bisa mengelupas dan berdarah
  • Munculnya titik-titik kecil pendarahan dari area kulit yang terkena psoriasis
  • Perubahan warna pada kuku jari tangan dan kaki
  • Rusaknya tekstur kuku, sehingga membuatnya terlepas
  • Munculnya plak bersisik di kulit kepala
Gejala-gejala di atas, bisa muncul jika dipicu oleh berbagai macam hal. Maka dari itu, jika Anda sudah mengetahui pemicu munculnya gejala-gejala psoriasis di atas, segera lakukan pencegahan dan berobat ke dokter.

Pemicu timbulnya gejala psoriasis

Setiap orang dengan kondisi psoriasis, memiliki “pemicu” tersendiri. Pemicu gejala psoriasis yang Anda alami, belum tentu sama dengan gejala-gejala psoriasis pada orang lain.Mengetahui hal yang menjadi pemicunya, akan membantu Anda menghindari gejala psoriasis, yang memang sangat mengganggu.Beberapa hal di bawah ini, biasanya menjadi pemicu umum dari gejala psoriasis, sekaligus tips untuk mencegahnya:
  • Udara dingin

Udara dingin bisa membuat kulit Anda kering. Maka dari itu, ada baiknya Anda menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Hangatnya sinar matahari, bisa mencegah datangnya gejala psoriasis.
  • Stres

Stres juga menjadi pemicu datangnya gejala psoriasis. Cobalah untuk tenang dan rileks. Sebab, wabah psoriasis lebih mudah muncul, jika Anda sedang gelisah dan stres.
  • Pengobatan tertentu

Perawatan dengan obat tertentu seperti beta-blocker (obat untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung), lithium (pengobatan untuk bipolar), dan obat-obatan untuk mengobati penyakit malaria, bisa “mengundang” munculnya gejala-gejala psoriasis. Segera konsultasikan kondisi psoriasis ini pada dokter. Dengan demikian, Anda pun bisa mengetahui pengobatan yang diperlukan.
  • Infeksi

Radang tenggorokan dan amandel, menjadi beberapa macam infeksi yang bisa mengundang datangnya gejala psoriasis. Infeksi HIV juga bisa memperburuk gejala psoriasis.
  • Cedera kulit

Pada beberapa penderita psoriasis, sedikit luka, memar, dan luka bakar, bisa menyebabkan munculnya gejala psoriasis. Bahkan, tato dan gigitan serangga saja, bisa memicu lesi baru. Untuk menghindari adanya luka pada kulit Anda, Anda disarankan menggunakan sarung tangan atau lapisan baju ekstra.
  • Minum alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan, terutama oleh anak muda, bisa memperburuk gejala psoriasis dan mengganggu efektivitas pengobatannya.
  • Merokok

Merokok, atau berada di dekat perokok, bisa meningkatkan risiko terjangkit psoriasis, dan membuat gejalanya semakin parah.

Pengobatan psoriasis

Psoriasis tidak bisa disembuhkan. Pengobatan hanya dilakukan untuk meredakan peradangan dan sisik pada kulit, memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit, dan menghilangkan plak.Ada tiga tipe perawatan untuk mengatasi psoriasis. Ketiganya adalah obat atau produk oles (kortikosteroid topikal, retinoid topikal, anthralin, asam salisilat, pelembap kulit) , obat-obatan oral (metotreksat, cyclosporine, retinoid) , hingga terapi cahaya (menggunakan sinar ultraviolet untuk membunuh sel darah putih yang menyerang sel kulit sehat).Sebelum menjalani pengobatan psoriasis, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, untuk menghindari munculnya efek samping yang merugikan. Dokter juga akan merekomendasikan dosis yang tepat, untuk meredakan gejala-gejala psoriasis pada kulit Anda.
perawatan kulitkesehatan kulitkesehatan kulit kepalapsoriasis
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/image-collection/psoriasis_vulgaris_picture/picture.htmDiakses pada 6 Desember 2019 Healthline. https://www.healthline.com/health/psoriasisDiakses pada 6 Desember 2019 Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/psoriasis-signs-symptomsDiakses pada 6 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait