Mengenal Pentingnya 5 Fungsi Rangka Manusia yang Utama

Ada 5 fungsi rangka manusia yang utama, salah satunya untuk melindungi jantung
Fungsi rangka manusia salah satunya adalah untuk melindungi organ vital seperti jantung dan paru

Pernahkah Anda terpikir, bagaimana organ-organ vital kita bisa duduk tenang dan terlindungi? Atau bagaimana kita bisa menggerakkan tangan dan kaki dengan begitu bebas? Semua itu, adalah bagian dari fungsi rangka manusia yang begitu penting untuk hidup kita.

Selain sebagai pelindung dan mendukung pergerakan tubuh, ada 3 fungsi rangka manusia lainnya yang tak kalah pentingnya. Lalu, apa itu sebenarnya rangka manusia?

Rangka manusia adalah suatu sistem di tubuh yang terdiri dari tulang, tulang rawan atau kartilago,ligamen, dan jaringan lainnya. Sistem rangka manusia, bisa dibilang merupakan pondasi dasar dari tubuh kita.

Fungsi rangka manusia yang utama

Di area rangka tempat dua tulang yang bergerak berhadapan satu sama lain, tulang rawan akan menghubungkan keduanya dan memberikan kelenturan yang diperlukan untuk pergerakan tersebut. Lalu, ligamen akan mengikat kedua tulang keras tersebut serta tulang rawan.

Kerjasama antara tulang, tulang rawan, serta ligamen inilah yang akan menjalankan berbagai fungsi rangka manusia secara sistematis. Berikut ini, fungsi utama rangka manusia.

1. Sebagai pondasi tubuh kita

Fungsi rangka manusia yang pertama adalah sebagai pondasi tubuh. Sebab, rangka manusia bisa memberikan dukungan untuk struktur tubuh secara keseluruhan dan membuat organ dalam tetap berada di tempatnya.

Sebagai contoh, tulang belakang, tulang pinggul dan tulang kaki, akan bekerja sama untuk memungkinkan seseorang bisa berdiri.

2. Sebagai pelindung organ dalam

Sebagian besar organ dalam dengan konsistens jaringan yang lunak, dikelilingi oleh tulang sebagai pelindungnya. Sebagai contoh, paru-paru dan jantung dilindungi oleh tulang rusuk, otak dilindungi oleh tulang tengkorak, dan organ reproduksi dilindungi tulang selangka.

3. Membantu pergerakan

Sistem rangka manusia, bersama dengan sistem otot, bekerja sama membentuk suatu sistem pergerakan yang dinamakan muskuloskeletal. Sistem inilah yang memungkinkan tubuh bergerak dengan leluasa.

Perbedaan bentuk tulang, serta kecocokannya dengan sendi-sendi yang ada di tubuh, memungkinkan kita untuk bergerak secara bebas. Sebagai contoh, tulang-tulang kaki, membentuk sendi dengan tulang lutut, yang memungkinkan kaki kita bergerak ke depan dan ke belakang.

4. Memproduksi sel darah

Sel darah merah, sel darah putih, dan komponen darah lainnya, diproduksi di sum-sum tulang yang terdapat di bagian dalam dari banyak jenis tulang.

5. Memberikan bentuk tubuh

Rangka manusia lah yang memberikan outline atau bentuk tubuh. Bentuk ini tentunya akan terus berubah selama masa pertumbuhan, mengikuti perubahan yang ada.

Selain memberikan tubuh karakter-karakter tertentu seperti ukuran tangan dan kaki, bentuk tubuh yang stabil juga penting untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh, tulang rusuk dan tulang belakang yang stabil, memungkinkan paru-paru mengambil udara dengan maksimal saat proses pernapasan.

Cara menjaga agar fungsi rangka manusia bisa berjalan baik

Agar fungsi rangka manusia bisa terus berjalan dengan baik, berikut ini langkah yang dapat dilakukan.

• Mengonsumsi cukup kalsium

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang serta pertumbuhannya. Kalsium bisa didapatkan secara alami dari makanan-makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti susu, tahu, sayuran hijau, dan ikan.

• Memperoleh vitamin D

Tidak banyak makanan yang secara alami mengandung vitamin D, kecuali memang makanan yang secara khusus diperkaya dengan tambahan vitamin ini. Untuk mendapatkan vitamin D secara alami dalam jumlah yang cukup, sinar mataharilah sumbernya.

Habiskan waktu beberapa menit dalam sehari untuk mendapatkan sinar matahari. Apabila kebutuhannya belum juga terpenuhi, suplemen vitamin D dapat dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter.

• Olahraga dengan memanfaatkan berat badan sendiri

Tidak hanya ke pusat kebugaran, olahraga untuk menjaga fungsi rangka manusia juga bisa dilakukan sendiri. Jenis olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang memanfaatkan berat badan sebagai “alat” olahraganya, seperti lari, jalan, atau naik-turun tangga.

• Gunakan pelindung saat beraktivitas

Saat melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda atau olahraga lainnya, sebaiknya gunakan alat pelindung untuk melindungi rangka dari cedera yang membahayakan.

Mengenal fungsi rangka manusia akan memberikan gambaran kepada Anda mengenai kecanggihan lainnya dari tubuh manusia. Sistem rangka sudah tersusun sedemikian rupa, agar fungsinya bisa berjalan secara otomatis dan teratur. Jaga terus kesehatan rangka Anda, untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.

Oregon State University. https://open.oregonstate.education/aandp/chapter/6-1-the-functions-of-the-skeletal-system/
Diakses pada 3 Desember 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/115165-functions-skeleton/
Diakses pada 3 Desember 2019

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/12254-musculoskeletal-system-normal-structure--function
Diakses pada 3 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/human-body-maps/skeletal-system
Diakses pada 3 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed